Business Tips Management & Control Personal Development

Bagaimana Anda mengatur Waktu Anda secara Efisien dan Efektif?

Apakah Anda selalu merasa waktu yang digunakan dalam bekerja dan beraktifitas selalu kurang? Apakah Anda sudah sangat memprihatinkan dan bingung dalam mengatur prioritas? Apakah Anda sudah tidak bisa mengingat lagi semua janji yang diatur dan dija...


Selamat Sukses dan berkarya dengan Efisien dan Efektif,….!

  • Apakah Anda selalu merasa waktu yang digunakan dalam bekerja dan beraktifitas selalu kurang?
    Apakah Anda sudah sangat memprihatinkan dan bingung dalam mengatur prioritas?
  • Apakah Anda sudah tidak bisa mengingat lagi semua janji yang diatur dan dijadwalkan?
  • Apakah Anda selalu memberikan alasan mengenai waktu jika terjadi hambatan dan kendala?
  • Apakah Anda bingung dalam pengaturan waktu di pribadi dan pekerjaan Anda?
  • Apakah Anda sudah tidak punya waktu untuk keluarga?
  • Apakah penggunaan waktu Anda selama ini banyak untuk administratif dibanding revenue?

Jika lebih dari 4 pertanyaan di atas, Anda jawab dengan YA, berarti Anda sedang dalam keadaan yang mengkhawatirkan soal pengaturan waktu. Apakah hal itu Anda pikir biasa? Coba Anda review, berapa banyak kerugian yang terjadi terhadap diri Anda akibat masalah pengaturan waktu yang tidak efisien.

Berbeda kondisi, maka berbeda pula tindakan yang harus dilakukan mengenai masalah pengaturan waktu tersebut. Banyak tools yang bisa digunakan untuk pengaturan waktu ini, dimulai dari GOOGLE CALENDAR yang ada di internet, sampai dengan perangkat Handphone yang umum kita gunakan pun memiliki DEFAULT DIARY, yang dapat digunakan untuk pengaturan waktu kita sehari-hari dan dilengkapi dengan reminder yang selalu mengingatkan penggunanya.

Penggunaan Waktu secara efisien adalah masalah pengaturan prioritas terhadap apapun yang Anda lakukan. Jika prioritas terhadap kerja dapat Anda tentukan, maka dengan mudah penggunaan terhadap waktu akan efisien.

4d-job_priorities-scaled500

Ada 4 langkah (4D) untuk menentukan Prioritas terhadap semua aktifitas kita:

  1. Do, Tuliskan semua aktifitas yang kita lakukan sehari-hari maupun untuk satu bulan ke depan
  1. Delegation, Setelah tulis semua aktifitas, kita dapat pilih aktifitas mana yang dapat kita delegasikan ke staf kita atau orang lain sehingga semua pekerjaan tersebut juga dapat diselesaikan tepat waktu.
  1. Delay, Pilih dari beberapa aktifitas lagi, yang dapat ditunda dulu, karena belum menjadi prioritas saat ini.
  1. Dump, Hilangkan pekerjaan yang kita tidak perlu lakukan lagi.

Pertanyaan apa yang harus kita lakukan untuk menemukan cara untuk mengatasi 4D Priority Job tersebut:

  1. When, untuk Do
    Gunakan pertanyaan When, untuk kita membagi pekerjaan yang harus kita lakukan seluruhnya dari pembagian waktu yang kita punya. Setelah tertulis dan terlihat hasilnya kita akan sadar ada beberapa pekerjaan yang harus didelegasikan ke orang lain.
  2. Who, untuk Delegation
    Gunakan pertanyaan Who, untuk kita mengetahui kepada siapa kita harus mendelegasikan pekerjaan kita. Sehingga orang tersebut adalah orang yang tepat yang kita yakin mereka bisa mengerjakannya. Dan pastikan penanggung jawab terhadap penyelesaian pekerjaan tersebut adalah tetap kita. Dan kita punya kewajiban tetap mengontrolnya.
  3. Why, untuk Delay
    Gunakan Why, jika kita harus menunda pekerjaan tersebut, sehingga kita tahu dengan pasti bahwa pekerjaan tersebut memang belum menjadi prioritas saat ini.
  4. Whatuntuk Dump
    Gunakan pertanyaan What, untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang benar-benar harus dihilangkan dari aktifitas kita, atau harus kita berikan ke orang lain beserta tanggung jawabnya pula ke orang tersebut.
  5. How,
    Pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana kita melakukan prioritas kerja di atas? Apa yang harus kita lakukan untuk dapat meprioritaskan pekerjaan-pekerjaan yang kita miliki tersebut?

Di bawah ini adalah cara bagaimana kita mengatur waktu kita secara efisien:

 date-scaled500

Cara mengatur TIME adalah dengan DATE….

Default Diary,

Gunakan Default Diary untuk dapat mengatur seluruh penggunaan waktu Anda setiap minggu dan sudah juga diatur per jamnya. Jika Anda memiliki HandPhone jenis terbaru, fasilitas Default Diary ini sudah ada di dalamnya. Yang terpenting adalah semua pekerjaan kita minimal dalam 1 minggu ke depan sudah sudah terjadwal dalam setiap jamnya per hari yang direncanakan. Jika Anda sudah terbiasa untuk mengaturnya maka tidak sulit mengaturnya untuk 1 bulan ke depan.

Activity List,

Tulis semua aktifitas anda dalam 1 bulan ke depan dan atur di tanggal berapa kita akan melakukannya. Tambahkan aktifitas baru yang akan dilakukan jika di pertengahan bulan ada tambahan aktifitas baru yang harus diselesaikan di bulan tersebut. Disiplinlah dalam melakukannya, dan selalu perhatikan agar tidak ada yang terlewat untuk dilakukan.

To Do List,

Ini adalah catatan harian kita dari setiap aktifitas yang ada di Activity List, yang kita selalu catat di buku harian setiap Hari untuk benar-benar disiplin untuk dilakukan. Tambahkan To Do List yang belum terselesaikan di hari yang lalu untuk kembali diselesaikan.

Evaluation,

Evaluasi lah setiap aktifitas kita setiap minggu, dan disiplinm untuk menyelesaikan yang belum terselesaikan dan selalu analisa masalah untuk mendapatkan solusi.

Jack Canfield, pengarang buku terkenal “CHICKEN SOUP” memaparkan suatu formula Pro-Active, yaitu:

EVENT + RESPOND = OUTCOME

 Jadi apapun EVENT yang terjadi, OUTCOME nya adalah tergantung RESPOND. Respond adalah tindakan pro aktif yang harus kita miliki untuk mengantisipasi sebelum kejadian terjadi. Dan efisien terhadap penggunaan WAKTU adalah tindakan yang Pro-Active yang harus dilakukan agar semua aktifitas yang dilakukan menghasilkan Outcome atau hasil yang diinginkan.

GREAT SUCCESS, dengan beberapa gambaran dan Tools yang saya sharing dengan Anda, saya mengharapkan Kesuksesan akan datang.

Selamat Melakukan….!

Jika Anda seorang pebisnis, professional yang ingin menjadi pebisnis ataupun personal yang ingin menemukan potensi terbaik yang ada dalam diri Anda, silahkan hubungi Master Coach Margetty Herwin, di margetty@yahoo.com atau 7502788, 75816337.

Untuk mendapatkan sesi Business Diagnosis Gratis, dan mendapatkan info mengenai jadwal dan topic seminar kami, silahkan contact via email margetty@yahoo.com Atau join di website saya www.smartbusinesscoach.co.id

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “Bagaimana Anda mengatur Waktu Anda secara Efisien dan Efektif?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: