Coaching Personal Development

Bagaimana Menghilangkan Mental Blok dalam diri kita?

Kadang2 Mental Block yang ada tersebut seakan-akan tidak kita sadari dan dia ada di dalam diri kita …. Hal ini tentu akan sangat merugikan, dimana harusnya kita dapat cepat berkembang menjadi lambat berkembang….. “Coach apa bedanya ya Mental Block...


 Kadang2 Mental Block yang ada tersebut seakan-akan tidak kita sadari dan dia ada di dalam diri kita …. Hal ini tentu akan sangat merugikan, dimana harusnya kita dapat cepat berkembang menjadi lambat berkembang…..

 

“Coach apa bedanya ya Mental Block dengan Self Sabotage seperti yang sering kita dengar?” 

Self Sabotage, atau yang sering kita pahami adalah mensabotage diri sendiri, adalah menghambat Potensi yang dimiliki yang harusnya dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan hal yang lebih baik, di bisnis maupun di kehidupan kita….

Sedangkan Mental Block adalah bagian dari Self Sabotage, yang juga memblock Mentality atau kondisi yang diragukan oleh orang tersebut untuk melakukan Perubahan.

Namun untuk Self Sabotage kita akan bicara lebih banyak hal lagi yang menyebabkannya dan salah satu bagiannya adalah Mental Block

“Kalau begitu apa Mental Block itu?” 

Mental Blok adalah Program Pikiran yang menghambat kita dalam mencapai impian atau tujuan kita. Sebaliknya program pikiran akan menjadi Steping Blok, batu lompatan, bila bersifat mendukung kita.

Program Pikiran telah terbentuk di diri kita sejak kita dalam kandungan ibu kita yang berumur 3 bulan, dan Selama kita hidup di dunia ini Program Pikiran tersebut tidak bisa kita hindari dan selalu dapat masuk ke pikiran kita tanpa ada batasnya.

Sumbernya bisa dari pengalaman ataupun orang2 di sekitar kita…. Atau tanpa disadari orang tersebutlah yang membuat Mental Block yang dia miliki dari Persepsinya sendiri terhadap situasi dan kondisi yang terjadi atau dialami….

 

“Bagaimana kita mengetahui Apakah diri kita memiliki Mental Blok atau tidak?”

Untuk mengetahui secara pasti memang tidak mudah, karena ada hubungannya apakah hal tersebut kita sadari sudah menghambat atau kita merasa itu tidak menghambat….

Hal tersebut akan terlihat muncul pada saat kita merasa ada sesuatu kondisi yang tidak berubah2 menjadi lebih baik, padahal kita menginginkan hal yang lebih baik… dan di Coaching seorang Coach akan menggali dengan pertanyaan sehingga dapat ditemukan berdasarkan jawaban orang tersebut pikiran apa yang memblok atau mensabotasenya….

Contohnya adalah seorang Anak yang berjanji pada dirinya utk menjaga keluarganya, sehingga tanpa sadar dia selalu mengalami kendala pada saat akan melakukan pernikahan karena ada kekhawatiran setelah menikah tidak dapat menjaga keluarganya…

Contoh lainnya, Mental block ada juga yang baik. Misalnya anda telah berkeluarga. Dan ada kesempatan untuk selingkuh namun anda tidak mau. Alasannya bisa macam-macam. Bisa takut dosa, takut masuk neraka, takut malu, takut ketahuan, bisa karena anda tidak ingin melukai hati pasangan anda, atau anda setia pada janji pernikahan anda, atau alasan apapun. Yang pasti, ada satu program pikiran yang menghambat anda melakukan sesuatu. Mental block ini tentunya perlu dipertahankan.

 

“Apakah hanya seorang Coach yang dapat mencari Mental Blok tersebut?”

Pertanyaan Menarik, …. Memang dalam hal memahami mental blok yang ada pada seseorang adalah perlu keahlian tersendiri untuk menggali dengan pertanyaan yang secara mendalam menggali orang tersebut. Dan seorang Coach adalah orang yang telah terlatih, peduli dan netral serta tidak ada Judgment….  untuk melakukan hal tersebut.

Pada intinya jika orang tersebut membuka diri dan bersedia untuk menghilangkan mental blok mereka, maka akar permasalahan yang menyebabkan Mental Blok tersebut dapat diketahui dan diperbaiki cara penerapannya.

“Apakah seseorang dengan bantuan Coach dapat dengan mudah menghilangkan Mental Blok tersebut?”

Tergantung Orang yang di Coaching,….  Seseorang yang terbuka dan periang biasanya lebih mampu mengembangkan dirinya atau menghilangkan Mental Bloknya. Sedangkan seseorang yang pendiam, introvert, pendendam, menyimpan masalah lama yang sudah lewat, cenderung memiliki mental block yang banyak dan harus satu persatu dibereskan,….

Kita memiliki beberapa teknik untuk melakukan hal tersebut…

Mental block harus diperangi dalam diri orang itu sendiri. Artinya, betapa pun Anda dibantu oleh orang lain, namun bila tidak ada kesadaran dalam diri untuk menghancurkan mental block, rasanya akan percuma.

 

“Apakah ada trik yang bisa dilakukan untuk lebih mudah menghilangkan Mental Blok tersebut?”

Oh ada beberapa teknik yang harus memang dilakukan untuk lebih mudah dalam menghilangkan Mental Blok tersebut.

Buatlah diri Anda sendiri lebih terbuka dan berani berkembang dengan beberapa cara:

Kenalilah diri Anda
Kenalilah diri Anda , agar dapat memahami apa yang Anda sukai dan tidak anda sukai sehingga bisa dipahami pikiran2 mana yang menghambat dan juga menimbulkan perilaku yang mensabotage… Tidak ada orang lain yang dapat mengetahui diri Anda selain diri Anda sendiri…

2. Kurangilah beban masa lalu
Memfokuskan perhatian pada apa yang sudah terjadi di masa lalu hanya akan membuat energi terkuras. Karena, seseorang cenderung dikuasai rasa khawatir akan pengalaman tak menyenangkan di masa lalu. Ketidakmampuan melepas masa lalu kemudian menghambat seseorang untuk membangun dirinya. Akibatnya, seseorang menjadi pendendam dari pengalaman pahit yang pernah dialaminya.

 

3. Penerimaan atas diri dan orang lain
Kemampuan untuk menerima orang lain membantu seseorang untuk lebih terbuka. Kesulitan komunikasi juga dipengaruhi faktor ini. Seseorang akan sulit melatih komunikasi jika tidak terbuka dengan orang lain. Dengan mengakui adanya karakter yang berbeda, seseorang bisa melepaskan mental block dan membangun keberanian untuk menghadapi masalah.

 

4. Jujur dengan siapa pun yang dipercaya
Jika kembali kepada kemampuan komunikasi, kejujuran menjadi faktor penting. Mengakui dengan jujur apa yang tidak disenangi dan atau apa yang paling diinginkan dalam karier dan kehidupan, bisa membantu mengatasi masalah. Tentu saja, sikap jujur tidak serta-merta diobral kepada siapa saja. Menjadi jujur kepada orang yang dipercaya, mampu membantu seseorang melepas mental block dalam diri.

 

“Bagaimana mengetahui Mental Blok tersebut telah hilang dalam diri kita?”

Kita akan menyadari jika sudah merasakan bahwa pola yang dilakukan dalam konsep berpikir dan berperilaku sudah berbeda sekali dengan sebelumnya dan sudah tidak memiliki lagi pikiran-pikiran ataupun perilaku hasil dari pikiran tersebut yang menghambat pertumbuhan di kehidupan dan bisnis mereka….

Yang perlu dipertahankan adalah bagaimana kondisi tersebut dapat dipertahankan dan konsisten dijalankan agar dapat dicapai tujuan dan tidak mengalami Stagnan lagi….

Orang tersebut pun secara sadar telah menyadari adanya pertumbuhan dari kondisi sebelumnya dan sangat bersemangat dengan tanpa hambatan untuk meraih masa depannya….

So… bersikaplah netral… jadilah orang yang penuh semangat untuk mencapai tujuan. Artinya anda tidak neko-neko atau aneh-aneh. Cari mental block sesuai kebutuhan. Mental Blok tidak perlu dicari-cari jika tidak ada, karena akan menghabiskan waktu, energy dan pikiran…

Jika Anda mengalami kondisi Stagnan yang sangat lama, disitulah Anda perlu menghilangkan Mental Blok

 

Great Success untuk Anda…..

 

“SEKARANG SAATNYA ANDA UTK MENGHUBUNGI—– Coach Getty —–

AGAR KEHIDUPAN DAN BISNIS ANDA DPT TERBANTU DAN MENGALAMI TRANSFORMASI”

 

 

Jika Anda seorang pebisnis, professional yang ingin menjadi pebisnis ataupun personal yang ingin menemukan potensi terbaik yang ada dalam diri Anda, silahkan hubungi Master Coach Margetty Herwin, di SBCF Office, +6221 7502788, 75816337

 

Untuk mendapatkan sesi Business Diagnosis Gratis, dan mendapatkan info mengenai jadwal dan topic seminar kami, silahkan contact via email info.sbcf@gmail.com Atau join di website saya www.smartbisniscoach.com 

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “Bagaimana Menghilangkan Mental Blok dalam diri kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: