Business System

6 Pertanyaan Evaluasi Bisnis,…

Apakah Bisnis Anda Siap Menghadapi Persaingan Bisnis Di tengah persaingan bisnis yang dihadapi pada saat ini, Bagaimana agar bisnis Anda tetap berada di dalam Kondisi Perusahaan yang tetap baik? Bagaimana agar kita dapat selalu mengevaluasi bisnis...


Apakah Bisnis Anda Siap Menghadapi Persaingan Bisnis

  • Di tengah persaingan bisnis yang dihadapi pada saat ini, Bagaimana agar bisnis Anda tetap berada di dalam Kondisi Perusahaan yang tetap baik?
  • Bagaimana agar kita dapat selalu mengevaluasi bisnis kita agar selalu On-Track kepada hal yang kita inginkan untuk memperoleh kebebasan waktu dan uang?
  • Sudah siapkah Anda para Business Owner di dalam menghadapi Persaingan Bisnis yang Anda hadapi?
  • Bagaimana caranya Anda tetap dapat membuat bisnis bersaing dengan focus di perbaikan dan pertumbuhan internal perusahaan Anda?

Banyak para pebisnis yang sangat sibuk melakukan pekerjaan dan bisnisnya sehingga mereka lupa untuk melihat bisnisnya secara “OUT OF THE BOX”, sehingga mereka bukanlah melakukan BUSINESS tetapi berada dalam situasi BUSY-NESS…

  • Ada beberapa client saya dan juga beberapa Calon Client yang menanyakan kepada saya, ….?
  • Darimana saya harus memulai untuk memperbaikinya Coach?

Mudah saja, …. Cukup lakukan pertanyaan yang bersifat meng-evaluasi bisnis Anda,… Jika banyak jawaban yang Anda sendiri tidak yakin akan akurasi jawabannya,… Saya akan memberikan Anda Business Evaluasi dalam bentuk Free Coaching… tentunya jika Anda telah menjalani Bisnis dan Anda juga seorang pebisnis…

Tapi bagaimana jika saya bukan seorang pebisnis? … Jika Anda menginginkan membuka bisnis pribadi, Anda dapat juga saya berikan FREE COACHING yang bersifat membantu untuk menemukan apa potensi Anda yang cocok untuk berbisnis?

Apakah 6 Pertanyaan yang dapat mengevaluasi bisnis saya?

Pertanyaan 1:
Apakah Bisnis Anda mempunyai Fondasi yang kuat?

Jika membangun sebuah rumah atau bangunan, maka fondasi yang kuat adalah suatu faktor yang sangat penting untuk dapat membuat bangunan yang kokoh dan kuat. Jika Fondasi tidak kuat maka bangunan tersebut akan memiliki resiko mudah ambruk atau rubuh jika terkena goncangan.

Dasar yang perlu sangat diperhatikan adalah,

  • Apakah perusahaan memiliki Arah dan Tujuan Bisnis? (Visi, Misi dan Budaya Perusahaan).
  • Mengapa Visi, Misi dan Budaya Perusahaan penting?
  • Jika Anda tidak memiliki Visi, Misi dan Budaya maka perusahaan tersebut tidaklah jelas arah tujuannya ingin kemana? dan tidak jelas apa yang dilakukannya? serta tidak memiliki Budaya Perusahaan yang menjadi Frame di lingkungan kerja.

Jika tidak memiliki arah dan tujuan maka anda akan sampai ke tempat yang tidak Anda inginkan.

Bagaimana dengan Perencanaan Usaha (Break Event Point, Margin Keuntungan, Laporan Keuangan, atau CashFlow Budget serta Key Performance Indicator)?

Hal ini juga merupakan fondasi yang perlu diketahui. Jika tidak ada ukuran yang Anda bisa pakai untuk mengetahui kondisi perusahaan, maka agak sukar untuk dikatakan bisnis tersebut menguntungkan atau rugi.

Bagaimana dengan Time Management yang Anda punya (Default Diary, Delegation, Time Planning)?

Hal  ini juga tidak kalah penting, karena jika tidak memiliki pengaturan waktu yang jelas maka pekerjaan yang dilakukan akan susah untuk diukur dan Anda juga agak sukar untuk mengukur Produktifitas diri Anda dalam bekerja.
Pertanyaan 2:
Apakah Bisnis Anda mempunyai Keunikan?

Apakah perbedaan yang sangat mencolok pada bisnis Anda dengan para pesaing lain di bisnis sejenis?

Keunikan pada bisnis Anda akan sangat membuat para pelanggan mencari bisnis Anda. Dalam hal ini para pelanggan Anda sangat mengetahui perbedaan dan keunikan dari bisnis sejenis yang lain, sehingga harga tidak akan lagi menjadi masalah. Oleh karena itu harga yang murah bukanlah suatu keunikan…

Lakukanlah Test & Measure terhadap Marketing Campaign yang dilakukan secara periodic, agar bisa diketahui bagian mana dari hasil tersebut yang harus dikembangkan atau diperbaiki untuk mendapatkan target yang diinginkan. 

Pelayanan yang berbeda dan mengutamakan kepuasan pelanggan pun dapat dijadikan suatu keunikan yang ada dan berbeda dengan competitor sejenis.
Pertanyaan 3:
Apakah System yang ada sudah dapat meng-efisiensikan dan meng-efektifkan pekerjaan di dalam bisnis Anda?

Yang dimaksud SYSTEM (Saving Your Self Time Energy and Money) adalah yang dapat membuat bisnis berjalan lebih efektif dan efisien…. Bukan orang lain dari luar perusahaan yang dapat dengan baik membuatnya, tetapi Anda dan Team Andalah yang dapat membuatnya.

Tapi saya harus memulai dari mana dan Bagaimana caranya?

Mulailah dengan membuat Visi, Misi, dan Culture perusahaan

Dan tentukan SMART (Spesific, Measureable, Achievable, Relevant, Time) GOALS yang terdiri dari Business Plan, 90 Days Plan, Monthly Target, Weekly Focus dan To do List. Yang jelas dan detil targetnya.

Berikutnya adalah Organization Structure, Job-Description, KPI (Key Performance Indicator), untuk mengetahui dengan jelas lintas tanggung jawab dan wewenang.

Yang paling akhir adalah Business Rules dan Management System,  dengan sangat memperhatikan Workflow di setiap departemen dan lini usaha Anda.

Perhatikan tahapan 6C di bawah untuk mendapat kebebasan waktu dan uang yang Anda inginkan.

  1. Controled, pastikan semua bagian di bisnis Anda terkontrol
  2. Customer & Cashflow, semua strategi sales dan marketing harus menciptakan Cashflow bagi bisnis Anda
  3. Consistency, Sistem yang dibuat harus tersistemasi dan dilakukan secara konsisten
  4. Cooperation, seluruh Team di Perusahaan haruslah dapat bersama untuk mencapai tujuan
  5. Congruent, Jika 4 bagian di atas sudah tercapai maka merupakan hal yang mudah untuk membuatnya Congruent dan Synergy antar bagian.
  6. Celebration, Tahap akhir inilah yang Anda akan dapat, jika semua tahapan berjalan dengan baik, Anda berubah menjadi seorang yang memiliki kebebasan waktu dan uang dan siap untuk menduplikasi atau menikmati bisnis yang Anda telah bangun.

 

Pertanyaan 4
Apakah Team Anda sudah Solid dan Siap untuk menjadi pemenang dalam persaingan?

Team yang solid tentu haruslah diikuti dengan support dari owner yang berada di dalam perusahaan. Apa saja yang harus benar-benar diperhatikan:

  1. Grow Your Team
  2. Strong Leadership
  3. Share Common Vision
  4. Share Values & Code of Ethics
  5. Action Plan
  6. Empowerment & Delegation
  7. Review/Reward/Promote/Demote/Mutation/Termination

Selain 7 hal di atas perlu juga diperhatikan, apa ukuran untuk pencapaian target yang harus dicapai oleh Team Anda yang harus dikontrol setiap saat. Ada beberapa tools ataupun control system yang dapat digunakan seperti BSC (Balance Score Cards), KPI (Key Performance Indicator), RBPP (Rapid Business Personal Plan) dan banyak system lain yang membantu Anda untuk dapat mengetahui ukuran pencapaian target perusahaan.
Pertanyaan 5:
Apakah Antara Departemen dan Team Anda sudah bisa ber Cooperation?

Bisa ber-cooperation sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang memiliki banyak Team kerja dan departemen dalam suatu perusahaan. Jadi perlu diperhatikan Management System dan Business Rules yang jelas dan tersistematis agar dapat dijalankan dan disepakati oleh semua orang yang ada di perusahaan Anda.
Pertanyaan 6:
Apakah Hasilnya sudah sesuai dengan yang Anda Harapkan?

Akhirnya yang tidak boleh kita pungkiri adalah:
Apakah hasil yang selama ini Anda raih sesuai dengan apa yang Anda harapkan?
Jika tidak mengapa hal tersebut selalu berulang terjadi setiap tahunnya?
Apa hal yang harus Anda lakukan, tetapi tidak dilakukan?
Apakah Anda telah mengubah cara Anda berbisnis?
Apakah Anda bisa menerima sesuatu ilmu baru yang dapat membantu Anda?
Berapa waktu yang Anda luangkan untuk evaluasi dan out of the box dari bisnis Anda?
Sampai kapan Anda merasa nyaman berada dalam kondisi seperti ini?
Berapa harga yang harus Anda siapkan untuk mendapatkan mimpi Anda?
Apakah Anda memiliki seorang COACH yang selalu membuat Anda ON TRACK terhadap Perencanaan yang Anda telah buat?

0500 Positioning Coaching Program.pptx

Jika Anda seorang pebisnis, professional yang ingin menjadi pebisnis ataupun personal yang ingin menemukan potensi terbaik yang ada dalam diri Anda, silahkan hubungi 7502788, 75816337 atau email ke margetty@gmail.com

Untuk mendapatkan sesi Business Diagnosis Gratis, dan mendapatkan info mengenai jadwal dan topic seminar kami, silahkan contact via email atau join di website saya http://www.smartbisniscoach.com

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “6 Pertanyaan Evaluasi Bisnis,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: