Business Tips Personal Development

6 Tahapan Penting untuk Kehidupan dan Bisnis yang Lebih Baik

Siapa yang tidak menginginkan kehidupan lebih baik? Jawabannya pasti, tidak ada. Hampir semua orang menginginkan kehidupan yang lebih baik dan selalu berusaha untuk dengan cepat meraihnya. Tapi tidak semua orang dapat dengan mudah meraih kesuksesa...


Siapa yang tidak menginginkan kehidupan lebih baik? Jawabannya pasti, tidak ada.  Hampir semua orang menginginkan kehidupan yang lebih baik dan selalu berusaha untuk dengan cepat meraihnya. Tapi tidak semua orang dapat dengan mudah meraih kesuksesan yang diinginkannya.

Banyak dari Anda yang sudah berusaha melakukan perubahan tetapi hasil yang di dapat tetap tidak seperti yang diinginkan.

Saya akan bahas tahapannya secara simple dan bagaimana melakukannya dengan senang hati dan ikhlas agar perubahan dapat segera terjadi di kehidupan Anda….

Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan beberapa tahapan penting yang sebenarnya sudah Anda ketahui dan bagaimana mengaktifasinya dan cepat mendapatkan perubahan.

Tahapan-tahapan di bawah dapat dilakukan untuk kehidupan pribadi Anda dan juga di Bisnis Anda. 

Tahapan 1: A

Tetapkan ASPIRASI atau GOAL Anda…..

Apakah ASPIRASI yang Anda punya adalah benar2 yang Anda inginkan saat ini dan dijabarkan secara SMART (Spesifik, Measureable, Achievable, Relevant, Time frame). Kenapa perlu SMART?  Agar apa yang ingin Anda tuju terarah, relevant dan terukur serta memiliki tenggat waktu untuk pencapaiannya.

Jika apapun yang Anda lakukan saat ini tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil yang dicapai.

Aspirasi atau Goal tersebut haruslah SYNERGY dengan Body, Mind, Heart and Spirit yang dimiliki oleh kita. Karena jika tidak selaras maka akan terjadi konflik pada saat melakukan pencapaiannya. Perasaan dan emosi juga sangat menunjang pencapaian Goal tersebut….

Aspirasi atau Goal yang Anda miliki haruslah menginspirasi diri Anda dan merupakan sesuatu yang saat ini memang menjadi target paling dekat bagi Anda.

Buatlah Aspirasi dan Goal yang secara bertahap menuju kepada Goal yang besar yang ingin Anda capai.

Tahapan 2: B

BUILDING BLOCKS atau Buatlah Tahapan pencapaian,

Mulailah dari Step yang mudah dan gampang diwujudkan bertahap kepada step yang dibagi secara bertahap agar pencapaiannya mudah diwujudkan.  Penentuan tahapan-tahapan yang jelas dan terukur untuk mencapai tujuan yang diinginkan sangat berpengaruh terhadap keakuratan pencapaian GOAL.

Jika Anda tidak memiliki tahapan yang jelas terhadap implementasi yang akan dilakukan maka Team Anda pun akan melakukannya dengan tahapan yang mungkin tidak diinginkan oleh Anda. Pembuatan Tahapan adalah sangat perlu untuk dibuat dan dikomunikasikan kepada semua Team yang terlibat dalam pencapaiannya.

Contoh:

Mencapai Kehidupan yang lebih Baik,

Coba buat kehidupan yang lebih baik itu apa saja ukuran pastinya, sehingga kita dapat mengetahui jika sudah mencapainya….. Misalnya: Tahapan pertama adalah mendapatkan penghasilan setiap bulan 5 juta rupiah,… Tahapan berikutnya berusaha menabung 1 juta setiap bulan,… untuk setiap tahapan ini saja harus dilakukan bbrp usaha agar bisa diwujudkan dan bukan hanya sekedar dibicarakan,… Coba untuk melihat dan menjabarkan apa usaha dan tindakan yang akan dilakukan shg hal tsb dapat segera terjadi….

Meningkatkan Peningkatan Penjualan 300%,

Perhatikan apa saja bagian yang mengakibatkan peningkatan Penjualan 300%

1.       Berapa jumlah Prospect yang harus dihubungi per bulan?

2.       Apa saja strategi yang akan dijalankan untuk dapatkan prospect?

3.       Berapa target Customer atau Pelanggan dalam 1 bulan yang harus didapat?

4.       Berapa yang mereka harus belanjakan dalam setiap transaksi?

5.       Bagaimana cara membuat pembiayaan yang mengikuti proses menjadi effisien?

6.       Bagaimana dengan Bisnis Proses harus dilakukan agar efektif?

7.       Bagaimana meng-edukasi dan melatih Team agar dapat menggunakan performance yang dimiliki secara maksimal

Tahapan 3: C

CURRENT, dimana Keadaan dan Kondisi kita saat ini?

Mengapa penting mengetahui Kondisi Anda saat ini atau keadaan Perusahaan Anda saat ini?

Sebuah perubahan dapat dirasakan terjadi jika Anda sangat memahami ukuran dari perubahan yang diinginkan. Jika kita tidak mengetahui dimana posisi kita saat ini, maka akan sulit bagi kita untuk melihat dan mengukur perubahan yang akan dilakukan. Apalagi jika kita merasa saat ini tidak ada masalah apapun dan Anda merasa perusahaan tetap mengalami suatu profit yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin berubah kea rah yang lebih baik atau ingin mencapai dengan cepat Goal anda selanjutnya, pahamilah bagaimana kondisi Anda dan perusahaan Anda saat ini.

Memahaminya pun haruslah sangat akurat, sehingga perubahan yang dinginkan dapat dibuat dalam daftar yang terperinci untuk capai hasil yang diinginkan.

Ada beberapa pertanyaan untuk mengetahui kondisi Anda saat ini:

          Bagaimana tingkat semangat Anda dalam kehidupan saat ini?

          Apakah usaha Anda saat ini merupakan hal yang sangat diinginkan?

          Apa saja hambatan Anda saat ini yang menjadi prioritas harus segera diselesaikan?

          Bagaimana keadaan Financial Anda saat ini?

          Bagaimana Sales dan Marketing aktifitas perusahaan Anda saat ini?

          Apakah yang harus diperbaiki di operasional perusahaan Anda saat ini?

          Apakah Team Anda saat ini sangat mendukung pencapaian Target dan Goal Perusahaan?

          Apakah Perilaku bisnis yang saya miliki saat ini akan sangat membantu saya mencapai tujuan bisnis saya?

Dahsyat….! Gunakan pertanyaan untuk mengetahui beberapa kondisi yang harus diketahui saat ini untuk menuju ke tingkatan Anda selanjutnya….

Coba lihat dari Helikopter View atau dari pandangan orang lain tentang kondisi saat ini….!

Minta Feedback dari luar agar Kesadaran diri kita terbangun…!

Tahapan 4: D

DEVELOPMENT, Ketahui apa yang harus dikembangkan setelah tahu kondisi saat ini…

Tuliskan semua bagian di dalam diri Anda atau di Perusahaan Anda yang harus dikembangkan… untuk pencapaian ASPIRASI ataupun GOAL yang diinginkan.

Jika menutup untuk melakukan pengembangan diri atau pengembangan perusahaan maka Anda menutup kemungkinan untuk maju… Dan perlakuan Anda di bisnis dan kehidupan yang tidak berubah maka akan selalu menghasilkan hasil yang sama.

Temukan GAP antara perencanaan dan hasil sehingga dapat ditemukan DEVELOPMENT yang dibutuhkan.

Tidak ada yang mubazir untuk melakukan pengembangan diri Anda, walaupun harus membayar sejumlah harga yang sangat besar. Tetapi jika Anda merasa manfaat yang akan didapat itu sangat besar, mengapa Anda selalu berpikir untuk memutuskannya. “Keputusan Anda sangat berpengaruh terhadap apapun yang Anda dapat di masa mendatang….”

Segera putuskan saat ini apa yang harus Anda lakukan perkembangan di diri Anda…?

 Tahapan 5: E

ENERGIZE, Motivasi seperti apa yang Anda inginkan?

Ada beberapa orang yang agak susah untuk menggali dan menemukan apa yang memotivasi diri mereka. Carilah orang lain di sekitar Anda atau seorang Coach yang telah terbukti berpengalaman, untuk menemukan Motivasi yang selama ini tidak diketahui oleh Anda, sehingga Potensi Anda untuk mencapai ASPIRASI atau GOAL muncul dan bersifat permanen di diri Anda.

Motivasi yang berasal dari orang lain atau yang berasal dari luar diri Anda akan bersifat sementara, tetapi jika Anda dapat mengetahui Motivasi yang berasal dari diri Anda, hal tersebut akan sangat bersifat permanen.

Pertahankan Motivasi yang berasal dari diri Anda….!

Buatlah Komitmen yang membuat Anda Disiplin dan tetap on-track dalam Action Plan untuk mencapai GOALS….!

Berpikiranlah MOVING TOWARDS dibandingkan MOVING AWAY… (Saya akan bicara hal ini dalam kesempatan lain untuk menjelaskan lebih jelas apa pengaruhnya bagi diri Anda….)

Tahapan 6: F

FOLLOW UP dan EVALUATION

Selalu Evaluasi setiap implementasi dan selalu perhatikan setiap step, jika sudah tercapai tahapan pertama lalu mulailah untuk menjalankan tahapan kedua.

Monitor Check dan Self Evaluation sangat penting untuk Anda selalu lakukan secara berkala atau periodik. Sehingga pencapaian yang tercapai dapat diukur dan diketahui dengan pasti.

Perhatikan ukuran yang disepakati utk mengetahui tahapan pencapaian, sehingga evaluasi mengacu kepada ukuran yang telah disepakati sebelumnya.

Jika Anda memiliki seorang Coach, maka akan diminta untuk Accountability dari setiap apa yang Anda rencanakan terhadap hasil yang dicapai.

Lanjutkanlah ke Step berikutnya berdasarkan BUILDING BLOCKS yang dibuat dan lakukanlah GOAL Kedua setelah GOAL Pertama tercapai.

 

Jika 6 Tahapan Penting tersebut dapat Anda lakukan secara benar, maka akan hal tersebut akan dapat membantu Anda berkembang menjadi lebih baik setiap waktu.

Great Success, dan Kesuksesan Anda akan dapat cepat diraih……

Jika Anda seorang pebisnis, professional yang ingin menjadi pebisnis ataupun personal yang ingin menemukan potensi terbaik yang ada dalam diri Anda, silahkan hubungi Master Coach Margetty Herwin, di margetty@yahoo.com atau HP +628161173036

Untuk mendapatkan sesi Business Diagnosis Gratis, dan mendapatkan info mengenai jadwal dan topic seminar kami di 2012, silahkan contact via email margetty@yahoo.com Atau join di website saya www.coachgetty.com

 

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “6 Tahapan Penting untuk Kehidupan dan Bisnis yang Lebih Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: