Personal Development

Tingkatkan Performance dengan Mengubah Internal Motivation

1. Apa yang Anda ukur jika ingin mengetahui Performance Team Anda? 2. Mengapa Performance itu penting? 3. Mengapa Performance Anda dan Team Menurun? 4. Mengapa pelatihan Performance atau Training tentang pengetahuan pekerjaan yang dilakukan tidak ...


  1. Apa yang Anda ukur jika ingin mengetahui Performance Team Anda?
  2. Mengapa Performance itu penting? 
  3. Mengapa Performance Anda dan Team Menurun?
  4. Mengapa pelatihan Performance atau Training tentang pengetahuan pekerjaan yang dilakukan tidak berhasil?
  5. Apa yang terjadi jika Performance itu terus menerus turun?
  6. Apakah Anda yakin…! PENINGKATANNYA hanya dengan melakukan training keilmuan dan pengetahuan thd mereka?
  7. Apakah ada hal lain yang Anda harus lakukan yang berhubungan dengan Internal Motivation yang bisa dilakukan agar Performance meningkat?
7 Pertanyaan di atas dapat Anda analisa untuk mendapatkan suatu perubahan terhadap penanganan peningkatan performance di perusahaan Anda.
Ada beberapa hal mengenai Performance di Perusahaan yang benar-benar harus Anda perhatikan, sehingga dapat terus memantau dan meningkatkannya secara signifikan demi keberhasilan pencapaian target perusahaan.
Untuk memantau PERFORMANCE, saya membaginya dalam 5 bagian yang perlu mendapatkan perhatian pada saat Leaders atau Team melakukan pekerjaan, yaitu:
  1. MINDSET
  2. KNOWLEDGE
  3. SKILL
  4. COMMUNICATION
  5. MANAGERIAL
Dan peningkatan PERFORMANCE kerja tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor ENVIRONTMENT yang secara langsung berpengaruh terhadap Internal Motivation yang ada di dalam diri personal dari Team tersebut.
Faktor di dalam diri yang mudah untuk dipengaruhi oleh ENVIRONTMENT adalah:
  1. ATTITUDE
  2. ABILITY
  3. BELIEF
  4. VALUE
  5. IDENTITY
5 faktor di atas sangat mudah terpengaruh dan dipengaruhi , sehingga faktor tersebut sangat berhubungan langsung dengan PERFORMANCE dari personal. Jika Anda dapat mengimprovenya dan memperbaikinya secara baik maka PERFORMANCE Anda pun akan jauh lebih baik. Begitupun dengan Team Anda, jika Anda sebagai Leaders dapat mengimprove 5 faktor tersebut maka Performance Team tersebut pun dapat meningkat dengan sangat signifikan menjadi lebih baik.
Performance

 

 Apa itu PERFORMANCE?

Performance atau sering disebut Kinerja, adalah suatu hal yang dapat diukur dari setiap individu yang berhubungan dengan pencapaian hasil kerja.  Para pebisnis secara umum mengukur kinerja team mereka hanya dari pengetahuan (knowledge) dan keahlian (skill) yang dibutuhkan saja. Saya menambahkan hal lain yang juga kita bisa ukur untuk penilaian performance tersebut, yaitu pola pikir (mindset), komunikasi (communication) dan manajerial.
Pola Pikir (Mindset)
Bagaimana seseorang menggunakan pikirannya dalam menganalisa atau berpikir terhadap suatu kondisi atau keadaan. Setiap individu haruslah memiliki pola pikir yang efisien dan cepat dalam menanggapi suatu permasalahan dan berpikir secara terbuka serta inovatif dalam mengembangkan setiap pekerjaan yang dilakukannya. Pola pikir yang terbentuk adalah tergantung seberapa individu tersebut melatih kebiasaan berpikir yang dilakukan dalam menghadapi pekerjaannya, serta dapat menggunakan pola pikirnya untuk secara bersama dengan orang yang ada di teamnya efektif dalam bekerja. Pola pikir yang berbelit atau tidak teratur akan mengakibatkan hasil kerja yang tidak efisien, sehingga dapat menimbulkan banyak pemborosan.
Pengetahuan (Knowledge)
Pengetahuan sangat menunjang peningkatan performance kerja individu dalam team. Banyak pekerja takut untuk bertindak atau mengambil keputusan karena yang bersangkutan masih merasa kurang pengetahuannya. Jika kita yakin bahwa pengetahuan yang dibutuhkan oleh mereka maka ajarilah pengetahuan yang menunjang pekerjaan mereka. Tetapi banyak dari mereka yang memiliki pengetahuan yang baik tetapi tidak dapat menunjukkan performance yang baik, hal ini yang akan saya jelaskan di pembahasan mengenai Heart Spirit yang sangat mempengaruhi Performance.
Keahlian (Skill)
Skill adalah ketrampilan yang sangat dibutuhkan bagi pekerja terampil di dalam pekerjaannya. Semakin terampil dalam melakukan pekerjaan semakin baik performancenya, dan ini khusus untuk para pekerjaan yang bekerja menggunakan keahlian atau spesialisasinya. Melatih skill ini dilakukan secara konsisten, sehingga ketrampilan ini selalu terasah dan menjadi makin baik. Di Perusahaan pabrikasi biasanya individu yang sudah lama bekerja memiliki keahlian dan spesialisasi yang sangat baik, karena skill ini juga sangat berpengaruh terhadappengalaman dalam bekerja. Tapi ada beberapa kendala jika mereka merasa jenuh maka tingkat keahlian ini agak sulit untuk berkembang lebih cepat lagi.
Komunikasi (Communication)
Cara berkomunikasi yang baik juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan performance dari para pekerja. Banyak menilai komunikasi ini adalah hal yang hanya perlu dikuasai oleh para leaders atau supervisor yang bertugas dalam menyampaikan informasi. Oleh sebab itu banyak para pekerja yang tidak mengerti bagaimana komunikasi itu perlu dijaga agar tetap baik dan informatif dalam lingkup kerja. Coba bayangkan jika seorang pekerja tidak komunikatif dalam bekerja, maka banyak hal yang dilakukannya tidak dapat disinergikan dengan pekerja yang lain, dan kesalahan kerja akan banyak terjadi akibat kurangnya komunikasi.
Managerial
Kemampuan mengatur atau memanage adalah sangat diperlukan agar performance kerja dari setiap pekerja dapat menjadi lebih baik. Cara mengatur waktu, pembagian kerja, dan proses dari pekerjaan tersebut sangat menunjang pencapaian hasil kerja sesuai dengan yang diinginkan. Jika pekerja tidak memiliki kemampuan manajerial, maka akan banyak pemborosan yang akan terjadi yang secara tidak langsung akan meningkatkan biaya yang dikeluarkan.
Demikian di atas adalah 5 hal mengenai PERFORMANCE yang harus sangat diperhatikan oleh para leaders dan harus selalu diukur untuk menciptakan para pekerja dengan performance kerja yang maksimal.
Ke-5 hal tersebut diatas ada di Body (PQ=Phisical Quotient) and Mind (IQ=Inteligence Quotient)  dari setiap individu dan kita mendapatkannya dari pengalaman sekolah atau belajar.
Ke 5 hal berikut adalah yang dapat mempengaruhi individu dari pengaruh ENVIRONTMENT sehingga PERFORMANCE nya dapat terpengaruh. Bisa menjadi buruk atau menjadi lebih baik.
Dan 5 hal di bawah ini akan sangat berpengaruh terhadap Internal Motivation yang ada di dalam diri setiap individu:
Perilaku (Behaviour)
Perilaku adalah suatu karakter dari individu yang bisa kita nilai dan ketahui dari apa yang terlihat dari perlakuan individu tersebut. Namun pemicu seseorang mempunyai perilaku seperti yang diperbuatnya adalah tergantung dari banyak factor. Faktor tersebut dapat berasal dari keluarga, teman, lingkungan bahkan dari pengalaman masa lalu mereka. Oleh karena itu saya selalu mempunyai suatu gambaran bahwa Perilaku adalah bukan diri Anda, tetapi perilaku adalah karakter yang dimiliki oleh Anda berdasarkan pengalaman masa lalu. Jadi Perilaku ini akan sangat dapat diubah ataupun berubah. Tidak ada suatu akibat tanpa sebab yang jelas. Coba cari apa sebab dari perilaku yang Anda miliki saat ini yang berhubungan dengan masa lalu.
Kemampuan (Ability)
Kemampuan seseorang adalah bagaimana individu tersebut benar-benar merasa mampu untuk melakukan pekerjaan dari setiap pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki. Banyak individu yang secara pengetahuan dan keahlian mereka sangat pintar, tetapi dalam melakukan pekerjaan tidak dapat menghasilkan hasil maksimal. Hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dan pengalaman masa lalu orang tersebut. Metode Coaching dapat membantu individu yang mempunyai persoalan ini, sehingga mereka dapat dan mampu menggunakan potensi mereka secara maksimal.
Belief (Keyakinan)
Keyakinan seseorang haruslah menunjang apa yang dia yakini mampu untuk dilakukan. Hampir mirip dengan mampu, karena kemampuan akan mendukung skill yang dimiliki dilakukan, tetapi keyakinan adalah apa yang individu miliki dalam dirinya yang mendukung atau menghambat mereka untuk melakukan pekerjaan sehingga menciptakan hasil yang diinginkan. Seorang individu bukan hanya mampu tetapi mereka juga harus benar-benar yakin dengan potensi yang mereka miliki.
Values (Nilai-nilai)
Values adalah inti dari sebuah perubahan. Belief dan Ability seorang individu dipengaruhi oleh nilai-nilai yag mereka miliki dalam dirinya. Oleh karena itu dalam setiap perusahaan harus memiliki Values Perusahaan atau banyak disebut dalam Corporate Culture, adalah sekumpulan Values yang disepakati oleh semua anggota di dalam perusahaan tersebut. Jika Values dari seluruh Team di perusahaan sesuai dengan nilai-nilai yang diinginkan perusahaan, maka pencapaian Visi dan Misi perusahaan akan mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu iCOACH melakukan Values Alignment terhadap setiap perusahaan yang dilatihnya agar mereka dapat secara bersama menuju target perusahaan dengan memiliki Visi, Misi, dan Values yang selaras.
Identity (Identitas)
 Identitas pribadi dari setiap team yang ada di dalam perusahaan adalah harus menunjang fungsi dan posisi mereka di dalam menjalankan pekerjaan di perusahaan. Kenapa hal ini penting? Individu yang tidak memiliki identitas yang sesuai dengan fungsinya di perusahaan tidak akan berbuat maksimal di dalam pekerjaannya. Akibatnya mereka tidak pernah mencapai hasil dan tidak pernah mau untuk memperbaiki diri karena focus kerjanya berbeda pada saat melakukan pekerjaan.
Demikian 5 hal di atas yang berhubungan langsung dengan Heart (EQ=Emotional Quotient) dan Spirit (Spiritual Quotient). Sehingga perubahan ke-5 hal di atas sangat langsung berpengaruh terhadap PERFORMANCE kerja yang ada di Body & Mind setiap Individu. “Keberhasilan dan Kesuksesan setiap individu, 88% dipengaruhi oleh Heart & Spirit yang mereka miliki, dan 12% dipengaruhi oleh Body&Mind mereka” kutipan dari buku “The Master Key System, by Charles Haanel”
Bagaimana Coaching membantu Anda untuk meningkatkan Performance?
Coaching akan membantu Anda untuk dapat mengetahui potensi dan motivasi diri Anda. Dengan coaching seluruh individu di perusahaan akan menyadari, bagaimana potensi mereka dapat membuat mereka mencapai target kehidupan dan bisnis mereka secara selaras dalam perusahaan maupun dalam pribadi mereka sendiri. Coaching akan mengkondisikan perusahaan dan team yang ada untuk membentuk suatu pola yang baru, sehingga menciptakan habit baru yang menunjang target pencapaian perusahaan.
Coach Anda akan membantu Anda untuk menciptakan ukuran yang yang harus diketahui oleh setiap individu setiap waktu di dalam pencapaian target perusahaan. Sehingga dengan adanya ukuran, maka step by step pencapaian tujuan perusahaan dapat diketahui oleh setiap individu di dalam perusahaan secara akurat dan sama ukurannya.
Coach akan membuat seluruh Individu di perusahaan untuk memiliki Komitmen terhadap apapun kesepakatan  yang dibuat agar pencapaian tujuan perusahaan dapat dengan mudah dicapai.
“SEKARANG SAATNYA ANDA UTK MENGHUBUNGI—– COACH GETTY UNTUK MENGALAMI TRANSFORMASI”
GREAT SUCCESS …..!

Jika Anda seorang pebisnis, professional yang ingin menjadi pebisnis ataupun personal yang ingin menemukan potensi terbaik yang ada dalam diri Anda, silahkan hubungi Master Coach Margetty Herwin, di margetty@smartbisniscoach.com atau telepon +62217502788, 75816337

Untuk mendapatkan sesi Business Diagnosis Gratis, dan mendapatkan info mengenai jadwal dan topic seminar kami, silahkan contact via email Atau join di blog saya ini.

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “Tingkatkan Performance dengan Mengubah Internal Motivation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: