Personal Development

The DISC Model

Meningkatkan hubungan dengan memahami gaya pribadi orang. Apakah ada personal di tempat kerja yang tidak cocok atau tidak sepaham dengan Anda? Atau seseorang yang berbeda dari Anda dan Anda merasa sulit untuk berhubungan dengan mereka? Hal seperti...


Meningkatkan hubungan dengan memahami gaya pribadi orang.

Apakah ada personal di tempat kerja yang tidak cocok atau tidak sepaham dengan Anda? Atau seseorang yang berbeda dari Anda dan Anda merasa sulit untuk berhubungan dengan mereka?

Hal seperti ini sering di dengar, dan Anda tidak sendirian. Kita semua memiliki orang yang kita temukan sulit untuk berkomunikasi, atau bekerja sama. Namun demi tim kita atau organisasi, kita perlu untuk membuat hubungan kerja. Kabar baiknya adalah bahwa ada cara untuk melakukan hal ini. Sebuah titik awal yang baik adalah untuk memahami lebih lanjut tentang kepribadian Anda sendiri, dan orang lain.

Kepribadian telah dipelajari selama berabad-abad, dan penelitian ini telah menyebabkan berbagai cara, gaya atau perilaku manusia dapat dikategorikan. Dengan memahami pola perilaku dan preferensi dalam abstrak, Anda dapat belajar untuk memahami orang lain, dan diri sendiri, dalam hal apa yang mendorong orang-orang dan bagaimana mereka cenderung bereaksi.

Model DISC, berdasarkan psikolog William Moulton Marston dari tahun 1920, adalah salah satu pendekatan dan cara yang sederhana, untuk menilai gaya perilaku dari personal

Perilaku personal dibagi menjadi empat type(Dominance, Influence, Steadiness and Conscientiousness) dengan melihat preferensi personal terhadap dua dimensi:

PEOPLE dan TASK:

ASERTIF dibandingkan RESERVED

Dua dimensi ini merupakan matriks dari model DISC, dan empat jenis perilaku ditunjukkan dalam empat kuadran dari gambar 1, di bawah ini.

Disc-1

Disc

Tes  penilaian DISC menggunakan data standar yang berasal dari populasi besar orang yang pernah melakukan tes sebelumnya. Dengan demikian skor penilaian individu memberikan indikasi preferensi mereka relatif terhadap orang lain. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa belajar, misalnya, bahwa Anda sangat berorientasi pada orang dibandingkan dengan orang lain. Hal ini dapat menyebabkan Anda dapat menggunakan pendekatan yang lebih berorientasi tugas dalam situasi di mana Anda ingin membangun hubungan lebih baik dengan anggota tim Anda.

Model perilaku seperti ini dapat membantu Anda menghadapi orang yang berbeda dengan  Anda di kehidupan profesional dan pribadi. Dengan memahami bahwa orang yang berbeda memiliki cara berbeda dalam melakukan sesuatu, Anda dapat meningkatkan hubungan interpersonal dan mengelola anggota tim dengan cara yang disukai berdasarkan kekuatan mereka.

Model ini dapat digunakan sebagai bantuan untuk membangun tim, perekrutan, peningkatan kinerja, resolusi konflik dan banyak lagi.  Berikut beberapa cara yang dapat membantu:

1.       Kelebihan Waktu dan Energi untuk Kegiatan Produktif

Ketika tim tidak bekerja dengan baik, sejumlah besar waktu dan energi dapat diambil dengan menyelesaikan konflik, berurusan dengan masalah performa, dan mengatasinya dengan memperbaiki cara berkomunikasi. Jika anda dapat membantu anggota tim untuk menjadi lebih toleran satu sama lain, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan produktif.

2.       Dapat menemukan Personal yang cocok dengan pekerjaannya

Ketika pekerjaan dan orang yang tidak serasi, hasilnya adalah ketidakpuasan. Dengan memahami preferensi alami seseorang, lebih mudah untuk menempatkan mereka dengan pekerjaan yang mereka sukai dan akan menjadi baik. Hal ini membantu untuk meningkatkan kinerja.

3.       Meningkatkan Pemahaman Pelanggan dan Stakeholder lainnya

Ketika pelanggan berhubungan langsung dengan personal di perusahaan atau stakeholder eksternal akan memiliki potensi konflik dan miskomunikasi dalam penanganannya. Dengan membantu orang memahami profil mereka sendiri, akan dapat membantu mereka untuk memahami bagaimana memberikan berbagai kelompok pelanggan dengan layanan yang mereka inginkan.

 

PENJELASAN DISC KUADRAN

Seperti diagram yang ditampilkan di atas, menunjukkan ada empat kuadran, masing-masing dijelaskan satu jenis perilaku. Orang yang masuk dalam kuadran yang sama cenderung untuk memecahkan masalah, berkomunikasi, dan membuat keputusan dengan cara yang sama. Berikut adalah ringkasan singkat tentang perilaku karakteristik dari setiap jenis perilaku:

HIGH D  (Dominasi)

HIGH I (Influence)

HIGH S (Steadyness)

HIGH C (Conscientiousness)

·         Egosentris  

·         Banyak bicara dari mendengarkan

·         Dogmatis

·         Berkemauan keras

·         Kuat

·         Menghormati

·         Cocok untuk memimpin

·         Mandiri

·         Power dan Kewenangan

·         Gengsi

 

·         Pembicaraan lebih dari mendengarkan

·         Dapat emosional

·         Meyakinkan

·         Politik

·         Sangat animasi

·         Persuasif

·         Keramahan

·         Kejujuran

·         Humor

·         Diizinkan untuk memberitahu mereka bagaimana perasaan Anda

·         Terlihat pahala

·         dan pengakuan

·         Persetujuan

·         Popularitas

 

·         Banyak bertanya

·         Sedikit bicara

·         Loyal

·         Konsultatif

·         Khawatir

·         Monoton

·         Santai

·         Keramahan

·         Apresiasi

·         Lambat Berubah

·         Follow standard

·         Ingin aman

·         Lingkungan damai

·         Status Quo

 

·         Patuhi aturan

·         Tersusun

·         Hati-hati

·         Sensitif

·         Diplomatis

·         Minim Sosialisasi

·         Akurat rinci

·         Keteguhan

·         Standard Tinggi

·         Otonomi

·         Profesionalisme

 

 

PENGGUNAAN DISC MODEL

Jadi bagaimana Anda mengetahui di kuadran mana Anda? Dan bagaimana Anda menemukan di mana anggota tim Anda cocok?

 

TIPS

Bila menggunakan hasil tes ini, harus diperhatikan:

DISC membagi personal menjadi empat tipe kepribadian yang berbeda, yang disesuaikan dengan  kebutuhan dan dan sangat disederhanakan. Perilaku personal jauh lebih kompleks dan canggih dari yang dijelaskan dalam DISC. Jadi sebaiknya juga dilengkapai dengan test untuk personal karakter yang lain juga.

Gunakan profil DISC sebagai panduan, jangan terlalu bergantung untuk tes ini saja.

Perilaku Anda cenderung menunjukkan dalam peran apa Anda saat ini; Dan Perilaku Anda adalah bukan siapa Anda, perilaku adalah apa yang anda punya saat ini tergantung apa yang didapatkan di masa lalu Anda dan hal tersebut dapat berubah.

Perilaku menjelaskan, bagaimana Anda berkomunikasi.

Apa yang memotivasi Anda;

Gaya pengambilan keputusan Anda, dan

Bagaimana Anda lebih memilih untuk dikelola.

 

KEY POINT

Model DISC membantu Anda menganalisis gaya perilaku pilihan Anda, dan orang-individu anggota tim Anda.

Dengan memahami profil Anda sendiri, Anda dapat mengatur segala hal, dan Anda dapat melakukan pekerjaan yang cocok untuk anda. Dan dengan berbagi profil DISC dalam tim, Anda dapat membantu orang memahami perbedaan antara mereka sehingga mereka dapat bekerja lebih efektif bersama-sama.

Ini berarti bahwa profil DISC dapat menjadi alat yang berguna untuk membantu Anda meningkatkan kerja tim, rekrutmen dan retensi, layanan pelanggan, dan masalah interpersonal lainnya.

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

3 comments on “The DISC Model

  1. Diah Suryandari

    Dear Coach Getty,It was nice to meet you and learn a lots of things from you.Thank you for share with us..:) Hope can see u again in Bali 🙂 We will try to implemented DISC model for our recruitment system in Aston Denpasar.

  2. Margetty Herwin

    Thx Diah, Great Success for you and your company,….!i hope you can learn so much from my blog for your life and business…

  3. Margetty Herwin

    Thx Diah, Great Success for you and your company,….!i hope you can learn so much from my blog for your life and business…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: