Personal Development

SELF DISCIPLINE

source: www.mindtools.com Mengembangkan Kegigihan Anda dalam Mencapai Tujuan Pelajari bagaimana menjadi lebih disiplin….! “Anda tidak pernah bisa menaklukkan gunung. Anda hanya dapat menaklukkan diri sendiri.” - Jim Whittaker, pendaki gunung Ameri...


source: www.mindtools.com

 

Mengembangkan Kegigihan Anda dalam Mencapai Tujuan

Pelajari bagaimana menjadi lebih disiplin….!

 

“Anda tidak pernah bisa menaklukkan gunung. Anda hanya dapat menaklukkan diri sendiri.”

 – Jim Whittaker, pendaki gunung Amerika dan CEO.

 

Safira bangun sebelum fajar setiap pagi untuk berolahraga. Dia bekerja sangat efisien di kantor, mengabaikan gangguan, dan mencurahkan seluruh perhatiannya kepada proyek-proyek bernilai tinggi. Pada malam hari, Safira menghadiri kelas online, dia akan lulus dalam beberapa bulan dengan title MBA.

Bagaimana orang-orang seperti Safira mencapai begitu banyak hasil secara konsisten? Dan bagaimana kita bisa mencapai sebanyak mungkin hasil dalam kehidupan pribadi dan karir kita?

Sebagian dari jawabannya terletak pada disiplin diri. Inilah yang mendorong kita untuk mewujudkan niat terbaik dan tujuan, bahkan ketika kita tidak merasa suka melakukannya. Jika kita memiliki disiplin diri, kita mampu menunda kesenangan jangka pendek (atau bertahan dalam ketidaknyamanan atau rasa tidak nyamandalam jangka pendek) untuk tujuan mengejar keuntungan jangka panjang.

Singkatnya, disiplin diri memberi kita kekuatan untuk mencapai hal yang kita tetapkan untuk dilakukan. Tanpa itu, kita mungkin melayang melalui kehidupan tanpa tujuan, kadang-kadang berpikir tentang apa tujuan kita mungkin, tetapi tidak pernah cukup melakukan apa-apa tentang mereka. Atau kita mungkin menyerah setiap kali kita kehilangan minat, atau kehabisan energi.

Inilah sebabnya mengapa disiplin diri adalah sangat penting. Pada artikel ini, kita akan mempelajari apa disiplin diri sebenarnya, kita akan membahas mengapa hal itu berguna, dan kita akan melihat bagaimana untuk mengembangkannya….? 

Apakah Disiplin Diri?

Disiplin diri adalah kemampuan untuk mendorong diri sendiri ke depan, tetap termotivasi, dan mengambil tindakan, terlepas dari bagaimana Anda merasa, secara fisik atau emosional. Disiplin Anda akan muncul jika Anda sengaja memilih untuk mengejar sesuatu yang lebih baik untuk diri sendiri, dan Anda mau melakukannya meskipun faktor-faktor seperti gangguan, kerja keras, atau kemungkinan yang tidak menguntungkan menghambat.

Disiplin diri berbeda dengan motivasi diri atau niat. Motivasi dan kemauan memberikan kontribusi ke arah itu, seperti halnya ketekunan, kemampuan untuk tindak lanjut pada niat Anda, dan kerja keras.

Mengapa Anda harus memiliki Disiplin Diri?

Disiplin diri berguna dalam banyak bidang kehidupan kita.

Hal tersebut  yang mendorong Anda untuk melakukan pekerjaan yang berkualitas tinggi, bahkan ketika Anda tidak merasa seperti itu. Ini memberi Anda kekuatan untuk tetap profesional dengan klien Anda, bahkan ketika Anda tidak merasa mampu. Ini membantu Anda tetap dengan keras dan mencapai tujuan yang Anda tetapkan untuk diri sendiri. Disiplin diri juga memungkinkan Anda untuk terus menuju sukses besar, dan dapat mengatasi segala peluang yang ada.

Hal ini juga dapat meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan kinerja. Penelitian telah menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat disiplin diri yang tinggi dapat mempertahankan pengetahuan lebih dari yang tidak memiliki disiplin diri. Selain itu, peneliti menemukan bahwa siswa dengan disiplin diri yang kuat lebih berhati-hati dalam tugas-tugas mereka, yang secara langsung meningkatkan kinerja mereka.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengukur tingkat seseorang dari disiplin diri adalah prediksi yang lebih akurat daripada mengukur keberhasilan nya atau IQ-nya.

Cara Mengembangkan Disiplin Diri

Disiplin diri adalah seperti otot, semakin banyak Anda bekerja mengembangkan dan menggunakannya, semakin kuat Anda menjadi.

Namun, itu penting hanya sebagai awal untuk tidak mencapai tujuan yang terlalu ambisius. Sebaliknya, menetapkan tujuan kecil, dan meningkatkan tingkat tantangan perlahan seiring waktu. Usaha Anda yang lebih giat, akan membuat Anda semakin baik

 

Ikuti lima langkah untuk mulai mengembangkan disiplin diri Anda:

Langkah 1: Pilih sebuah Tujuan

Mulailah dengan memilih hanya satu tujuan yang Anda ingin fokus pada untuk mengembangkan disiplin diri.

Misalnya, mungkin Anda ingin mulai berolahraga setiap malam, atau Anda ingin membaca satu buku Leadership seminggu untuk meningkatkan keterampilan Anda. Anda bahkan bisa mempraktekkan disiplin diri pada tujuan yang sangat kecil seperti berkonsentrasi pada sebuah pekerjaan selama satu jam tanpa memeriksa email Anda, atau menghindari makanan yang tidak sehat untuk satu hari.

Ingat, mulai dari yang kecil adalah cara terbaik untuk mulai mengembangkan diri Anda disiplin. Setelah disiplin Anda semakin kuat, Anda dapat menyebarkan fokus ke lebih banyak wilayah di kehidupan Anda.

Pastikan bahwa tujuan Anda tetapkan SMART – Spesifik, Measurable, Attainable, Relevan, dan Time-bound – dan bagi menjadi beberapa step kecil untuk melakukannya.

Langkah 2: Cari Motivasi Anda

Setelah Anda memilih tujuan, membuat daftar alasan mengapa Anda ingin mencapainya. Cobalah untuk mengungkapkan alasan-alasan dengan cara yang positif.

Jadi, daripada mengatakan “Saya ingin berolahraga tiga kali seminggu untuk menurunkan berat badan,” mengatakan “Aku ingin berolahraga sehingga saya punya tenaga untuk bermain dengan anak-anak saya dan bekerja dengan sukses.” Atau, alih-alih mengatakan “Saya ingin mendapatkan tugas ini dari saya To-Do List,” mengatakan “Aku ingin melakukan tugas ini, sehingga saya bisa memenuhi tujuan saya, mendapatkan pujian dari bos saya, dan merasa puas dengan pekerjaan saya hari ini . “

Ketika Anda membuat daftar alasan mengapa Anda ingin mencapai sesuatu, Anda akan menemukan lebih mudah pekerjaan yang dilakukan.

Langkah 3: Identifikasi Hambatan

Sekarang Anda perlu mengidentifikasi hambatan yang dering Anda hadapi ketika bekerja menuju tujuan Anda, dan menyusun strategi untuk mengatasinya masing-masing.

Sebagai contoh, bayangkan bahwa tujuan Anda adalah untuk membaca satu buku Leadership 1 kali seminggu untuk meningkatkan keterampilan Anda. Di masa lalu, Anda telah menghadapi sejumlah hambatan dalam mencapai tujuan ini. Sebagai contoh, ketika Anda menemukan buku yang disukai, sulit untuk menemukan waktu setiap malam agar dapat membacanya. Antara kerja, makan malam, dan anak-anak, waktu anda diambil sampai larut malam. Dan, Anda juga terganggu oleh email yang masuk pada ponsel Anda saat Anda sedang membaca.

Setelah Anda mengidentifikasi hambatan, atasilah masing-masing hambatan tersebut dengan strategi yang Anda nyaman untuk melakukannya.

Dalam contoh ini, Anda bisa melakukan hal berikut:

Daripada pergi ke toko buku yang menghabiskan waktu satu jam, Anda dapat melihat buku Leadership secara online. Cari beberapa Webstore yang memiliki review buku yang akan dibeli. Anda dapa memesan semuanya sekaligus, dan mendownloadnya ke sebuah ebook reader, sehingga Anda dapat selalu memiliki buku di tangan untuk dibaca dan dapat menghemat waktu Anda.

Cari lebih banyak waktu untuk Anda fokus membaca. Mungkin Anda bisa membaca saat jam makan siang, atau saat sedang menunggu untuk menjemput anak-anak anda dari sekolah.

Matikan ponsel Anda saat Anda ingin fokus membaca.

Banyak sekali disiplin diri hancur karena kita belum mengidentifikasi hambatan yang akan kita hadapi untuk mencapai tujuan kita, dan kita tidak mengembangkan strategi untuk mengatasinya. Ketika hambatan tersebut muncul, kita tidak siap untuk berurusan dengan mereka, dan kita tidak akan pernah dapat mengatasinya….. PASTIKAN Anda tidak melewatkan langkah ini!

Langkah 4: Ganti Kebiasaan Lama

Ketika kita sedang mengembangkan disiplin diri, kita sering mencoba untuk mematahkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih produktif. Namun, jika kebiasaan yang terikat ke suatu waktu tertentu dalam sehari atau rutin, melanggar itu bisa meninggalkan lubang. Jika kita tidak mengganti kebiasaan itu dengan sesuatu yang lain, maka kebiasaan itu tidak akan pernah berubah.

Contoh yang baik adalah jika Anda mencoba untuk menghentikan diri belanja online ketika Anda mengambil istirahat di tempat kerja. Kebiasaan buruk menghancurkan fokus dan perhatian Anda, karena Anda cenderung untuk online selama 20-30 menit setiap kali.

Setelah Anda memutuskan untuk berhenti, mengidentifikasi perilaku baru yang Anda dapat terlibat dalam ketika Anda perlu istirahat sebentar. Alih-alih berselancar toko online, Anda bisa melakukan beberapa peregangan di kantor anda, ambil secangkir kopi, atau berjalan-jalan cepat di luar. Perilaku ini akan membantu mendukung tujuan Anda dan menguatkan disiplin diri Anda, bukannya meninggalkan sesuatu hal yang  tidak ada hubungannya dengan istirahat Anda.

Langkah 5: Memantau Kemajuan Anda

Ketika Anda bekerja pada disiplin diri, perhatikan bagaimana perasaan Anda dalam melakukan pengembangan diri tersebut. Anda mungkin merasa bebas, bahagia, bangga, dan berenergi.

Tulislah catatan tentang  disiplin diri Anda yang bertujuan untuk mengetahui kemajuan Anda. Ini memperkuat perubahan positif yang Anda terapkan dalam kehidupan Anda, dan memberikan catatan bahwa Anda dapat melihat kemajuan yang telah dibuat.

Seiring waktu, disiplin diri Anda akan semakin kuat, dan Anda akan dapat menerapkannya pada banyak bidang lain kehidupan Anda.


Tips

Cobalah untuk menghindari gangguan ketika Anda mulai mengembangkan disiplin diri. Cobalah untuk membuat  diri Anda tidak terlibat dalam aktivitas yang Anda coba untuk hindari. Misalnya, jika Anda perlu disiplin diri untuk fokus pada pekerjaan, bukan surfing situs jaringan sosial, kemudian gunakan blocker internet seperti Kebebasan atau Anti-Sosial sehingga situs tersebut tidak tersedia untuk Anda di kantor.

Sangat penting untuk menghargai diri sendiri ketika Anda mengalami kesuksesan. Merayakan prestasi Anda dan tetap menjaga hal-hal yang menyenangkan, dan memperkuat tekad Anda untuk terus berjalan.

Jangan biarkan rasa takut kegagalan atau kemunduran sesekali mengecilkan hati Anda. Kita semua mengalami kemunduran dan kegagalan – itu bagian dari kehidupan!

 

Poin Kunci

Disiplin diri adalah kemampuan untuk mendorong diri sendiri ke depan dan bekerja pada tujuan, bahkan ketika Anda tidak merasa seperti melakukannya secara fisik atau emosional. Orang dengan disiplin diri terus melalui rintangan dan poin rendah dalam hidup mereka, dan akhirnya mencapai tujuan mereka.

Sangat penting untuk mengembangkan disiplin diri dalam hidup. Disiplin diri adalah apa yang memungkinkan kita untuk melakukan pekerjaan yang berkualitas tinggi, bahkan ketika kita lelah. Ini membuat kita mengejar tujuan kita melalui masa sulit, dan membantu kita untuk tetap profesional, bahkan saat kita tidak merasa hebat.

 

Untuk mengembangkan disiplin diri, ikuti langkah berikut:

1.       1. Pilih tujuan.

2.       2. Temukan motivasi Anda.

3.       3. Mengidentifikasi hambatan.

4.       4. Ganti kebiasaan lama.

5.       5. Memantau kemajuan Anda.

Disiplin diri adalah kualitas penting, dan itu adalah kunci pembeda antara orang yang sukses dalam hidup dan mereka yang tidak. Pastikan bahwa Anda mengembangkannya!

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

1 comment on “SELF DISCIPLINE

  1. Hі. I was thinkiոg of adding a website link back to your Ƅlog since
    ƅoth of our websites are centered around the same niche.

    Would you prefer I link to you using your website ɑddreѕs: https://coachmargetty.com/2012/03/13/self-discipline/ or blog title: SELF DISCIPLINE | Sucсess, Meaningful, Accountable, Results Օriented, and Teаm Synergy
    through Coaching. Be sure to let me know at your
    earliest convenience. Ҭhanks alot 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: