Marketing Sales

Your Marketing Mix – The Five Ps of Marketing

Source:www.mindtools.com Memahami Bagaimana Posisi Penawaran Pasar Anda Produk dengan harga yang tepat di tempat yang tepat! Apakah pemasaran? Definisi yang banyak Marketing pelajari saat mereka memulai dalam industri adalah: Menempatkan produk ya...


kTKRdLd8c

Apakah Anda Paham Bagaimana Posisi Penawaran Pasar Anda?

Apakah Produk Anda mempunyai harga yang tepat di tempat yang tepat?

Apakah Marketing Mix itu?

Definisi yang banyak Marketing pelajari saat mereka memulai industri adalah:

Menempatkan produk yang tepat di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat, pada waktu yang tepat.

Sederhana! Anda hanya perlu menciptakan produk dalam kelompok kebutuhan dari konsumen, meletakkannya di tempat yang memiliki pembeli sama dan dibeli secara teratur, dan harga pada tingkat yang sesuai dengan nilai yang mereka inginkan, dan melakukan semua itu pada suatu waktu disaat mereka ingin membeli.  Sehingga penjualan terjadi.

Ada banyak kebenaran dalam ide ini. Namun, perlu kerja keras untuk mencari tahu apa yang pelanggan inginkan, dan mengidentifikasi di mana mereka akan belanja. Kemudian Anda juga perlu mencari cara untuk menghasilkan item dengan harga yang mewakili nilai yang pas buat mereka, dan dapat memastikan semua datang bersama-sama pada saat yang tepat.

Tapi jika Anda mendapatkan salah satu elemen salah diprediksi, bisa membuat strategi yang dibuat tidak berjalan. Anda tidak dapat mempromosikan mobil dengan bahan bakar yang ekonomis di negara yang memiliki bahan bakar sangat murah, atau menerbitkan buku teks setelah dimulainya tahun ajaran baru, atau menjual item dengan harga yang terlalu tinggi – atau terlalu rendah – untuk menarik orang-orang yang Anda targetkan.

Bauran pemasaran adalah tempat yang baik untuk memulai ketika Anda memikirkan rencana Anda untuk produk atau layanan, dan membantu Anda menghindari jenis kesalahan.

Memahami Tools

Marketing Mix (Bauran pemasaran) dan 5 Ps pemasaran sering digunakan sebagai sinonim satu sama lain. Bahkan, mereka belum tentu hal yang sama.

“Bauran Pemasaran” adalah ungkapan umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis pilihan organisasi di dalam membuat seluruh proses untuk membawa produk atau layanan ke pasar.

5P tersebut adalah:

People (Pembeli), Siapa target konsumen Anda? Dimana mereka tinggal? Dimana mereka membeli? Apa yang mereka inginkan?

Product (Produk), Apa produk dan jasa yang Anda jual? Bagaimana agar cocok dan pas dengan kebutuhan konsumen?

Place (Tempat), Bagaimana dan dimana konsumen akan membeli atau menerima produk dan jasa Anda? Lokasi sangatlah penting,…

Price (Harga), Berapa harga yang dirasakan oleh pelanggan Anda layak? Bagaimana agar pelanggan dapat merasakan nilai yang didapat lebih besar dari harga yang harus mereka bayar?

Promotions (Promosi), Bagaimana Anda secara konsisten memasarkan dan mengiklankan produk dan jasa Anda?

IMG_7942 IMG_6706

Cara yang baik untuk memahami 4P adalah dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan untuk menentukan bauran pemasaran Anda. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang akan membantu Anda memahami dan mendefinisikan setiap dari empat elemen:

People (Pelanggan)

Siapa target market Anda?

Apa hal yang mereka merasa terbantu dengan mengunakan produk atau jasa Anda?

Product (Produk/Layanan)

Apa yang pelanggan inginkan dari produk / jasa? Apa yang perlu apakah itu memuaskan?

Fitur apa yang harus dipenuhi untuk kebutuhan tersebut?

Apakah ada fitur yang Anda lupakan?

Apakah fitur Anda mahal dan pelanggan tidak perlu untuk penggunaannya?

Bagaimana dan di mana pelanggan akan menggunakannya?

Bagaimana kelihatannya? Bagaimana pengalaman pelanggan?

Apa ukuran (s), warna (s), dan sebagainya, seharusnya?

Apa sebutan yang diberikan oleh mereka?

Bagaimana Brand produk tersebut?

Bagaimana perbedaannya dibandingkan dengan pesaing Anda?

Apa biaya yang terjadi masih signifikan untuk dijual dengan cukup menguntungkan? (Lihat juga Price di bawah).

Place (Tempat)

Di mana pembeli mencari produk atau jasa Anda?

Jika mereka melihat di toko, seperti apa? Sebuah butik spesialis atau di supermarket, atau keduanya? Atau online? Atau langsung, melalui katalog?

Bagaimana Anda dapat mengakses saluran distribusi yang tepat?

Apakah Anda perlu menggunakan tenaga penjualan? Atau menghadiri pameran perdagangan? Atau memberikan masukan secara online? Atau mengirim sampel untuk dalam bentuk katalog?

Apa yang pesaing lakukan, dan bagaimana Anda bisa belajar dan bedakan?

Price (Harga)

Berapa nilai dari produk atau layanan kepada pembeli?

Apakah ada harga tertentu untuk produk atau jasa di daerah ini?

Apakah harga sensitive terhadap pelanggan? Apakah sedikit penurunan harga akan membuat pangsa pasar Anda meningkat? Atau dengan meningkatkan margin profit sedikit tidak berpengaruh, dan Anda akan mendapatkan margin keuntungan ekstra?

Apa diskon harus ditawarkan kepada pelanggan, atau untuk segmen tertentu yang lain dari pasar Anda?

Bagaimana harga Anda dibandingkan dengan pesaing Anda?

Promotion (Promosi)

Di mana dan kapan Anda bisa mendapatkan seluruh pesan pemasaran Anda untuk target pasar Anda?

Apakah Anda akan menjangkau audiens Anda dengan beriklan di media, atau di TV, atau radio, atau di billboard? Dengan menggunakan mailshot pemasaran langsung? Melalui PR? Atau Internet?

Kapan waktu terbaik untuk mempromosikan? Apakah ada periode musiman di pasar? Apakah ada masalah lingkungan yang lebih luas yang menyarankan atau menentukan waktu peluncuran pasar Anda, atau waktu promosi berikutnya?

Bagaimana pesaing Anda melakukan promosi mereka? Dan bagaimana yang mempengaruhi pilihan Anda dari kegiatan promosi?

Model 5P hanyalah salah satu dari daftar bauran pemasaran banyak yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Dan, sementara pertanyaan yang telah tercantum di atas adalah kunci, mereka hanya contoh dari data akurat yang mungkin diperlukan untuk mengoptimalkan bauran pemasaran Anda.

Di antara model pemasaran lainnya campuran telah dikembangkan selama ini adalah Boom dan 7Ps Bitner, kadang-kadang disebut bauran pemasaran yang diperluas, yang meliputi 4P pertama, ditambah, people, processes and physical layout decisions.

Pendekatan lain bauran pemasaran adalah 4Cs Lauterborn, yang menyajikan unsur-unsur dari bauran pemasaran dari pembeli, bukan penjual dan perspektif. Hal ini terdiri dari kebutuhan dan keinginan pelanggan (setara dengan produk), Biaya (harga), Kenyamanan (tempat) dan Komunikasi (promosi). Pada artikel ini, kita fokus pada model 4P karena merupakan yang paling baik yang diakui, dan mengandung unsur inti dari bauran pemasaran yang baik.

Menggunakan Model Bauran Pemasaran 5P

Model bauran pemasaran dapat digunakan untuk membantu Anda memutuskan cara untuk melakukan Penawaran baru ke pasar. Hal ini juga dapat digunakan untuk menguji strategi pemasaran yang ada. Apakah Anda mempertimbangkan tawaran baru atau yang sudah ada, ikuti langkah di bawah ini membantu Anda menentukan dan meningkatkan bauran pemasaran Anda.

  1. Mulailah dengan mengidentifikasi produk atau layanan yang Anda ingin analisa.
  2. Sekarang lakukan dan jawab pertanyaan-pertanyaan 4P – seperti yang didefinisikan secara rinci di atas.
  3. Coba tanyakan “mengapa” dan “bagaimana jika”, untuk menantang penawaran Anda. Misalnya, tanyakan mengapa audiens target Anda membutuhkan fitur tertentu. Bagaimana jika Anda menurunkan harga sebesar 5%? Bagaimana jika Anda menawarkan warna yang lebih? Mengapa harus menjual melalui pedagang besar daripada saluran langsung? Bagaimana jika Anda meningkatkan PR bukan mengandalkan iklan TV?

Tip:

Periksa melalui jawaban Anda untuk memastikan data didasarkan pada pengetahuan dan fakta. Jika ada keraguan tentang asumsi Anda, identifikasi dan riset pasar, atau fakta dan angka yang mungkin perlu untuk Anda kumpulkan.

Setelah Anda memiliki bauran pemasaran yang jelas, coba “Uji” tawaran secara keseluruhan dari perspektif pelanggan, dengan mengajukan pertanyaan fokus pelanggan:

Apakah memenuhi kebutuhan mereka? (Produk)

Apakah mereka akan menemukannya di mana mereka berbelanja? (Tempat)

Apakah mereka akan menganggap harganya cocok? (Harga)

Dan apakah komunikasi pemasaran yang dilakukan dapat menjangkau mereka? (Promosi)

Terus bertanya dan buat perubahan pada Marketing Mix sampai Anda puas bahwa Anda telah mengoptimalkan bauran pemasaran Anda, ingat informasi, fakta dan angka yang telah tersedia.

Tinjau  bauran pemasaran Anda secara teratur, karena beberapa elemen akan perlu disesuaikan yaitu produk atau layanan, dan pasar, tumbuh, matang dan beradaptasi di lingkungan yang selalu berubah kompetitif.

Poin Kunci:

Bauran pemasaran membantu Anda menentukan elemen pemasaran untuk berhasil memposisikan penawaran pasar Anda.

Salah satu model yang paling terkenal adalah 4Ps, yang membantu Anda menentukan pilihan pemasaran Anda dalam hal produk, harga, tempat, dan promosi. Gunakan model bila Anda sedang merencanakan usaha baru, atau mengevaluasi tawaran yang ada, untuk mengoptimalkan dampak dengan target pasar Anda.

Jika Anda seorang pebisnis, professional yang ingin menjadi pebisnis ataupun personal yang ingin menemukan potensi terbaik yang ada dalam diri Anda, silahkan hubungi Master Coach Margetty Herwin, di SBCF Office, 7502788, 75816337
Untuk mendapatkan sesi Business Diagnosis Gratis, dan mendapatkan info mengenai jadwal dan topic seminar kami, silahkan contact via email info.sbcf@gmail.com Atau join di website saya www.smartbisniscoach.com

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

1 comment on “Your Marketing Mix – The Five Ps of Marketing

  1. There iss certainly a great deal to learn abolut this issue.
    I love all the points you’ve made.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: