Business Tips

Perception is Projection

Persepsi adalah pandangan seseorang terhadap suatu situasi, kondisi atau pemikiran berdasarkan pandangan orang itu sendiri. Persepsi timbul dikarenakan pengambilan kesimpulan dari pemikiran yang tanpa didasari oleh konfirmasi si pemberi pesan. Per...


daysinoffice-Indo

Persepsi adalah pandangan seseorang terhadap suatu situasi, kondisi atau pemikiran berdasarkan pandangan orang itu sendiri. Persepsi timbul dikarenakan pengambilan kesimpulan dari pemikiran yang tanpa didasari oleh konfirmasi si pemberi pesan. Persepsi dapat berakibat berbedanya makna penyampaian pesan yang dimaksud kepada si penerima pesan, sehingga pesan tersebut dapat berbeda makna dan artinya.

 

Persepsi sering terjadi dikarenakan si penerima pesan tidak benar-benar mendengarkan si pemberi pesan ketika sedang berbicara. Jika di dalam perusahaan Komunikasi yang terjadi selalu menimbulkan perbedaan persepsi, maka hal tersebut tidak dapat dianggap sepele, karena dapat mengganggu proses alur kerja yang berjalan.

 

Mengapa timbul Persepsi?

Pesan akan masuk ke dalam Nervous Syastem – The Mind (Neuro) via VAKOG (Visual, Auditory, Kinesthetic, Olfactory, Gustatory) dan akan menimbulkan Bahasa dan komunikasi non verbal (Linguistic) yang akan membuat: Pictures, Sounds, Feelings, Tastes, Smells and Words/Self Talk, yang akan berbeda-beda dan membentuk Programming dalam diri seseorang yang menghasilkan Specific and Desired Outcome.

Jika Anda sering mendengar NLP (Neuro Linguistic Programming), proses di atas tersebut menjelaskan bagaimana persepsi terjadi dan juga terkondisikan.

 

Contoh:

Mengapa Anda takut terhadap Hantu?

Karena selama ini program yang masuk ke diri Anda adalah hantu tersebut sangat jelek dan menakutkan, sehingga Anda tidak mau bertemu hantu, dan selalu takut dalam kondisi-kondisi yang memungkinkan ketemu hantu, padahal Anda belum pernah sama sekali ketemu Hantu. Programing kondisi  tersebut sangat mengganggu diri Anda dan membuat takut.

Jika semua orang diprogram atau diberitahu bahwa Hantu itu Cantik dan dapat memberi rezeki kaya raya kepada Anda atau akan beruntung, maka Anda tidak akan takut untuk bertemu, bahkan cenderung mencarinya.

Coba bayangkan jika program yang tidak menguntungkan bagi kita mempengaruhi seluruh kehidupan kita, maka kita akan merasa bahwa hal tersebut akan terjadi, padahal belum tentu terjadi.

 

PERCEPTION = GOAL + BELIEF

 

Persepsi akan bisa disamakan jika Tujuan yang dimiliki dan Keyakina yang ada adalah sama, karena jika tidak sama jangan mencoba untuk menyamakan persepsi, hal tersebut tidak akan pernah terjadi.

 

Jika Anda seorang Leaders atau Pimpinan dalam sebuah team, persepsi Anda akan membuat team sulit untuk berkembang, dikarenakan Anda cenderung tidak mendengar secara jelas apa yang sedang terjadi, semua hanya berdasarkan pandangan Anda. Jika terjadi hal tersebut di diri Anda, maka cobalah untuk Bertanya dan Mendengar dengar seksama.

 

Persepsi adalah Projeksi

Persepsi Anda akan membuat projeksi kepada kondisi dan situasi  terhdap orang yang Anda tuju. Hati-hati terhadap persepsi yang sifatnya Negatif, akan sangat merugikan dan membuat kondisinya jadi merugikan Anda sendiri.

Persepsi tersebut juga akan terprojeksi kepada Anda sebagai leaders, sehingga sangat sulit bagi Anda untuk keluar dari kondisi tersebut jika tidak menyadarinya.

 

Misalnya: “Team saya lemah, dan tidak punya semangat…” atau “Team tidak dapat diandalkan karena tidak ada yang peduli dengan kondisi yang terjadi…”

 

LAW OF ATTRACTION

Hukum tarik menarik akan sangat berpengaruh dalam kondisi ini. Ingat apa yang menjadi fokus pikiran Anda, maka hal tersebutlah yang akan cenderung tertarik ke diri Anda. Aturlah apa yang menjadi keinginan Anda dan berpikirlah selalu yang Anda inginkan, jangan dibalik berpikir apa yang tidak ingin Anda lakukan.

Anda bisa melatihnya dalam hal-hal kecil di lingkungan kehidupan Anda.

 

Hindarilah Berpersepsi…! Karena hal tersebut akan terprojeksi kepada kondisi yang Anda alami dan hadapi….!

 

Berpikirlah tentang Apa yang bisa Anda lakukan…!

Jangan Berpikir Apa yang tidak bisa Anda lakukan…!

 

Great Success

Jika Anda seorang pebisnis, professional yang ingin menjadi pebisnis ataupun personal yang ingin menemukan potensi terbaik yang ada dalam diri Anda, silahkan hubungi Master Coach Margetty Herwin, di margetty@yahoo.com atau HP +628161173036

Untuk mendapatkan sesi Business Diagnosis Gratis, dan mendapatkan info mengenai jadwal dan topic seminar kami di 2012, silahkan contact via emailmargetty@yahoo.com atau telpon +6221 7502788, SMART Business Coaching Firm. Atau join di website saya www.coachgetty.com

 

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

3 comments on “Perception is Projection

  1. Pingback: 7 PRINCIPLES TO BE THE GREAT COACH | Coaching for Success in Life, Career and Business

  2. Oktoberini Soekotjo Cook

    Congratulation on your book. Mr . Getty it sound very interesting . I’m happy to have a friend who can help other people, Achieve there dream ..
    All the best for the future
    Cheers xoxo
    Rini Cook

    • Thx Mrs. Rini Cook for your comment,… Share to everybody is an Abundance value that I have,…!

      Great success for your best future of life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: