Coaching Personal Development

Manfaat Business Owner Memiliki Seorang Coach


By : Master Coach Margetty Herwin

V-Parekraf1 V-Parekraf3

Pada saat sekarang ini kita sering mendengar istilah Coach atau Coaching yang banyak digunakan dalam dunia bisnis dan professional. Banyak yang belum memahami atau mengetahui bagaimana fungsi seorang coach di dunia bisnis. Yang sering mereka dengar adalah manfaat seorang coach atau pelatih di dunia olahraga, yang melatih dan memaksimalkan potensi dari para pemainnya di lapangan pertandingan. Karena banyak para pebisnis yang belum mengerti bagaimana peranan seorang Coach dalam pengembangan dan peningkatan kinerja Profesional karyawan, yang akan berdampak terhadap perkembangan perusahaan mereka. Maka pada kesempatan ini saya akan menjelaskannya secara singkat dan jelas.

Secara umum, yang banyak diketahui adalah seorang Konsultan yang membantu para pebisnis dalam hal yang sangat khusus, seperti konsultan pajak, Konsultan ISO dan standarisasi, atau konsultan yang sifatnya sangat spesifik. Coach sangat berbeda dengan Konsultan, karena perannya tidak langsung turun untuk membenahi dan menangani secara langsung, tetapi melatih para Pebisnis untuk membangkitkan Potensi mereka sehingga dapat melakukan apa yang menjadi tugasnya dengan diri mereka sendiri.

Apa itu Coaching?

“Coaching adalah profesi baru yang telah disintesis yang terbaik dari psikologi, bisnis, evolusi, filsafat, spiritualitas, dan keuangan untuk menguntungkan pengusaha, profesional, dan pemilik bisnis.” (Coach Us Essential)

“Coaching adalah kemitraan dimana pelatih membantu klien untuk mencapai pribadi terbaik mereka dan untuk menghasilkan hasil yang mereka inginkan dalam kehidupan pribadi dan profesional”

Mengapa Business Owner perlu memiliki Seorang Coach?

1.     Membantu Anda menggali Potensi dan kemampuan yang tidak disadari.

Terkadang kita mempunyai kemampuan dan keahlian yang tidak kita kembangkan dan maksimalkan untuk dapat berguna bagi diri kita. Hal ini dikarenakan kita tidak yakin dan tidak merasa mampu untuk menggunakannya. Seorang coach akan menggali, bertanya dan menumbuhkan rasa keyakinan tersebut untuk seorang yang dicoaching, agar mampu untuk melakukan dan mengukur apa yang dilakukan terhadap hasil yang diperoleh.

2.     Membantu peningkatan Performance Business Owner dan Team dengan  membantu menciptakan Kondisi baru yang berbeda di lingkungan mereka.

Setiap orang di dalam perusahaan pasti memiliki Performance kerja yang mereka gunakan dalam mengerjakan setiap pekerjaannya. Namun ketika kita bertanya “Bagaimana mengukur performance tersebut?” beberapa menjawab adalah hasil yang didapat sesuai dengan target… Bagaimana jika kita tidak melihat hasilnya? Apa yang perlu kita lakukan untuk memperbaiki kinerjanya? Tentunya jika tidak mengetahui bagian-bagian mana yang perlu mendapat perhatian untuk dikembangkan maka kita akan mengajari mereka secara keseluruhan dari pekerjaannya lagi. Membuang waktu bukan? Tetapi jika kita sangat paham bagian mana yang kurang dan bagian mana yang sudah baik, maka akan sangat membantu untuk penanganan yang lebih detil untuk tujuan peningkatan Performance bagi karyawan tersebut.

Seorang Coach akan menciptakan suatu kondisi kerja yang baru yang bersifat membangun dengan menghilangkan pola-pola lama di lingkungan kerja yang menghambat. Tentu yang diubah termasuk pola dari kebiasaan di dalam menjalankan bisnis, system kerja, dan pola kerja dari karyawannya. Perubahan didasari dari kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan tersebut, dan seorang coach akan memfasilitasinya, agar semua personal dari perusahaan tersebut menyadari pentingnya perubahan dan merasa perlu untuk melakukan perubahan. Perubahan tersebut termasuk business owner dan semua orang yang berada di lingkup internal perusahaan.

3.     Menciptakan Kesadaran Pebisnis dan Team terhadap Prioritas yang dilakukan di bisnis

Seorang Coach akan membantu pebisnis untuk dapat menentukan Prioritas yang penting bagi bisnisnya saat ini, yang mereka harus lakukan secara bertahap, sampai dengan tujuan atau target mereka tercapai. Coach akan membantu dan memfasilitasi pembuatan Business Plan ke depan yang akan dibagi menjadi perencanaan yang  membuat semua “key person” dari perusahaan terlibat untuk mengetahui apa tanggung jawab dan target mereka, sehingga secara bersama dapat menetapkan ukuran dan standar kerja.

4.     Membantu menselaraskan Vision, Mision, dan Value antara Owner, Leaders dan Employee yang ada di Perusahaan

Coach akan memfasilitasi semua personal di perusahaan untuk menselaraskan Visi, Misi dan Value, karena dengan keselarasan dari hal tersebut akan mempermudah pencapaian tujuan perusahaan. Proses yang dilakukan adalah “Value Alignment”. Proses ini meliputi menghilangkan Negatif Emotion dan Limiting Decision, Value Elicit, serta membentuk Value Hierarchy  baru yang ditentukan dan disepakati oleh perusahaan. Training ini juga akan membahas efisiensi pengelolaan biaya, serta bagaimana meningkatkan produktifitas yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan profit margin bagi perusahaan.

Semua personal kunci di perusahaan yang terlibat dalam pencapaian target perusahaan harus membuat suatu ukuran yang disepakati secara bersama untuk dijalankan.

5.     Memfasilitasi pengintegrasian pembuatan GOALS, PLAN, SOP dan KPI yang diperlukan untuk mencapai Visi perusahaan

Setelah melakukan Value Alignment yang menghasilkan Goals, Plan, SOP dan KPI perusahaan, seorang coach akan membantu dan memfasilitasi agar semua yang telah disepakati bersama terintegrasi dan selalu dalam track yang benar dalam upaya pencapaian visi perusahaan.

6.     Membantu menghilangkan Negative Emotions dan Limiting Decision yang menghambat proses pekerjaan dalam mencapai Target perusahaan

Ini adalah hal penting yang dibahas di atas yang termasuk pada bagian Value Alignment di corporate training. Pada intinya teknik untuk menghilangkan Negatif Emotion dan Limiting Decision adalah Time Line Therapy. Kenapa hal ini jadi penting? Karena seseorang yang masih memiliki Negatif Emotion dan Limiting Decision akan sulit untuk menjalankan strategi yang telah ditetapkan, karena banyak pemikiran di masa lalu yang menghambatnya di masa sekarang untuk mencapai tujuan. Beberapa Coaching Firm yang ada sedikit sekali yang menggunakan metode ini, padahal ini adalah hal penting yang akan membuat seseorang keluar dari batasan dirinya untuk mencapai apapun yang mereka ingin capai dalam kehidupannya.

7.     Membuat Pebisnis Accountability terhadap implementasi dari setiap planning yang telah disepakati untuk dijalankan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal ini yang kadang sulit, karena musuh terbesar kita dalam melakukan suatu implementasi dari perencanaan yang kita buat adalah diri kita sendiri. Coach akan membuat Anda untuk Accountability terhadap setiap perencanaan Anda yang ingin diimplementasikan.

Karena Accountability dari diri Anda akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang Anda capai…..!

Apa Manfaat dari Coaching?

Manfaat 1: Business Owner Menyadari Potensi dan Kemampuan yang dimiliki:

  1. Pebisnis harus keluar dari zona nyamannya
  2. Pebinis harus memiliki tujuan yang lebih besar lagi dari apa yang selama ini diyakini
  3. Pebisnis dapat menggunakan potensi yang selama ini tidak digunakan secara maksimal untuk mencapai mimpi yang lebih besar.
  4. Semakin Banyak yang Anda tahu justru semakin Banyak yang Anda tidak ketahui…

Manfaat 2: Business Owner dapat Meningkatan Performance dengan melakukan perubahan Kondisi sekitar

  1. Pola yang sama akan menghasilkan hal yang sama pula
  2. Pebisnis di coaching untuk dapat menganalisa sumber penghambat peningkatan performance
  3. Pebisnis diarahkan agar dapat membuat kesepakatan dengan seluruh Team dalam perusahaan untuk berada dalam kondisi Performance yang baik yang mendukung pencapaian Target perusahaan

Manfaat 3: Business Owner sadar akan Kebutuhan dan Prioritas

  1. Apa yang penting di dalam perusahaan saat ini?
  2. Buat tahapan Prioritas dari Goal Perusahaan 3, 5 10 tahun ke depan
  3. Mengerti kebutuhan dari Customers

Manfaat 4: Business Owner memiliki Keselarasan Vision, Mission, and Culture dengan Value Alignment

  1. Semua Leaders dan Team menyadari Tujuan yang ingin dicapai oleh Perusahaan
  2. Membangun budaya perusahaan untuk menciptakan fondasi yang kuat dalam pencapaian tujuan
  3. Semua ide dan pemikiran dari seluruh Anggota Team terakomodasi
  4. Menimbulkan perasaan kebersamaan dan saling menghargai bagi seluruh Anggota Team
  5. Membuat kesepakatan implementasi Budaya Perusahaan di setiap lini kerja di perusahaan

Manfaat 5: Business Owner memiliki Goals, Plan, SOP dan KPI yang jelas dan terukur

  1. Menetapkan apa tahapan Goals yang akan dicapai
  2. Membuat Perencanaan yang terukur dan dapat diimplementasi secara bertahap
  3. Membuat SOP untuk setiap bagian lini kerja sehingga memiliki standard kerja yang dapat diukur
  4. Memiki KPI untuk mengukur Kinerja Personal yang melakukan Proses

Manfaat 6: Coach dapat membantu mengurangi Negatif Emotions dan Limiting Decision yang ada

  1. Kurangi dampak dari 5 Negatif Emotion (Anger, Sadness, Fear, Hurt, and Guilt)
  2. Limiting Decision, suatu keputusan yang secara tidak sadar dapat menghambat proses kerja yang dilakukan.
  3. Jika effect dari hal di atas dapat dikurangi dampaknya, maka Plan yang dibuat dapat dengan mudah untuk diimplementasikan.

 Manfaat 7: Membuat Owners, Leaders, dan Team Accountability

  1. Accountability untuk implementasi Planning yang dibuat
  2. Menjamin untuk tetap on Track dan Fokus dalam pencapaian hasil
  3. Hasil adalah Tanggung Jawab bersama dari setiap Anggota Perusahaan untuk mencapainya

Apa yang membuat Coaching itu Berhasil?

Coaching bisa berhasil karena tiga fitur unik:

1.  SYNERGY:

Coachee dan Coach menjadi sebuah tim, fokus pada tujuan dan kebutuhan Coachee untuk mencapai lebih dari yang diinginkan jika mereka jalan sendiri.

2.  STRUCTURE:

Dengan Coach, Coachee mengambil tindakan yang lebih, berpikir lebih besar, dan mendapatkan pekerjaan yang dilakukan, berkat akuntabilitas yang dilakukan oleh Coach.

3.  EXPERTISE:

Coach tahu bagaimana untuk membantu pengusaha membuat lebih banyak uang, membuat keputusan yang lebih baik, menetapkan tujuan terbaik, dan merestrukturisasi kehidupan profesional dan pribadi mereka untuk produktivitas maksimum.

Siapa yang membutuhkan Seorang Coach?

Entrepreneurs, Business owners, professionals, dan Orang yang ingin berubah, memerlukan Coach untuk membuat keputusan, menyelesaikan masalah, menciptakan ide, atau membuat perencanaan, personal atau profesional.

Apa saja yang dilakukan bersama dengan Seorang Coach?

  1. Membuat Perencanaan bisnis, membuat penganggaran, dan menentukan Tujuan dari Bisnis
  2. Mengintegrasikan dan menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan bisnis untuk membalikkan situasi yang sulit menjadi sesuatu yang mudah untuk diselesaikan.
  3. Mencapai kinerja bisnis, pekerjaandan pribadi  secara maksimum
  4. Membuat keputusan kunci dan merancang strategi
  5. Memprioritaskan implementasi dan prioritas yang penting
  6. Memahami masa depan bisnis secara terarah
  7. Meningkatkan penjualan secara substansial

Bagaimana Anda memilih Coach yang cocok bagi Anda?

Pelatih yang tepat membantu jalan keluar terbaik, secara konsisten. Untuk melakukan hal ini, pelatih yang Anda pilih harus lulus tiga tes berikut:

  1. Apakah Coach ini memiliki track record membantu seseorang seperti Anda mencapai tujuan yang Anda inginkan?
  2. Apakah Anda merasa baik dan termotivasi untuk bertindak dengan Coach ini?
  3. Apakah Coach Anda tumbuh dan berada di depan Anda karena Anda tumbuh?

Anda harus yakin dengan Coach Anda dan percaya kepadanya, bahwa Coach adalah personal yang akan membantu Anda untuk Sadar, Tahu dan selalu melihat bisnis Anda dari “Out of The Box”.

Selamat untuk menjadi personal yang mencapai semua impian Anda, karena sekarang Anda sudah tahu bagaimana mempercepat mewujudkan impian pribadi, keluarga dan bisnis Anda.

Jika Anda pebisnis yang bisnis Anda dan diri Anda ingin dibantu oleh saya melalui Metode Coaching, silahkan email saya di margetty@yahoo.com atau hubungi saya di 7502788. Anda akan diaturkan waktu untuk mendapat sesi Business Diagnostic Free dengan saya….!

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “Manfaat Business Owner Memiliki Seorang Coach

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: