Business Methodology

6 Unsur Pokok dalam Memilih Bisnis


Dikutip dari buku:
THE YOUNG ENTREPRENEUR’S GUIDE,’ STEVE MARIOTTI

Coaching of Values

Bermimpi untuk membuka bisnis sendiri dan menjadi pengusaha sukses?

Modal sudah terkumpul, tekad sudah bulat, dukungan dari keluarga pun ada. Namun, bingung harus membuka bisnis apa. Tidak ada ide dan bayangan sama sekali.

Jangan khawatir. Ide bisnis bisa diperoleh di mana dan kapan saja. Asalkan Anda bersedia mencari dan menemukan peluang dari situasi yang terjadi di sekeliling Anda. Yang pertama dalam utama dalam menentukan ide bisnis adalah, pastikan bahwa bisnis tersebut bukan musiman. Artinya, jenis bisnis yang Anda pillih harus bisa survive dan berjalan untuk jangka panjang.

Sebelum menentukan jenis bisnis yang akan dibuka, pastikan bisnis tersebut mengandung enam unsur pokok berikut ini:

1. PROBLEMS.
Berangkat dari masalah. Buatlah daftar atau list dari setiap persoalan yang terjadi di sekitar Anda. Persoalan kecil atau besar yang kira-kira dirasakan oleh sebagian besar masyarakat. Berdasarkan itu, mulailah sebuah bisnis yang sekiranya dapat menjadi solusi untuk mengatasi salah satu dari persoalan tersebut.

2. CHANGE.
Cari informasi mengenai topik hangat yang sekiranya dapat membuat perubahan secara global. Perhatikan perubahan situasi atau tren yang terjadi dan ciptakanlah bisnis yang sejalan atau dapat menunjang perubahan yang terjadi.

3. UNIQUE KNOWLEDGE.
Selidiki pasar melalui orang-orang terdekat. Tanyakan kepada teman, kerabat, atau kenalan mengenai produk yang ingin mereka beli. Apa yang dibutuhkan oleh kebanyakan orang? Gunakan keunikan pengetahuan teman di sekitar Anda untuk bertukar pikiran tentang opportunity bisnis.

4. INVENTIONS & TECHNOLOGICAL ADVANCEMENTS.
Ada masalah? Apa yang harus Anda temukan untuk menyelesaikannya? Walaupun tidak menemukan, Anda dapat mencari cara yang lebih kreatif untuk menjual atau memasarkan produk yang telah Anda miliki. Mungkin Anda dapat membawa sebuah hal baru ke komunitas Anda. Teknologi berkembang dengan cepat, bacalah majalah tentang teknologi yang membuat Anda tertarik.

5. COMPETITION.
Jika Anda menemukan cara untuk bersaing, Anda akan menciptakan bisnis yang sangat sukses dari produk dan jasa yang dimiliki. Coba perhatikan bisnis di komunitas Anda. Dapatkah Anda melakukan yang lebih baik dari yang mereka lakukan? Dapatkah lebih cepat? Dapatkah lebih bermanfaat? Dapatkah lebih berkualitas dan murah? Jika dapat, maka Anda menemukan sebuah peluang baru di bisnis Anda.

6. EXISTING PRODUCTS & SERVICES.
Anda dapat mencari ide untuk mendapatkan peluang baru dari bisnis yang sudah ada. Anda tidak boleh menciptakan sesuatu dengan nama yang sama, itu adalah illegal. Namun, Anda bisa membuat produk atau jasa yang baru dan merupakan pengembangan dari yang sudah ada. Buatlah dengan kualitas yang lebih baik, berinovasi, dan dengan harga bersaing.

 

Great Success

Untuk mendapatkan Free Business Diagnosis, silakan hubungi SBCF Office di +62217502788 atau +622175816337
Selamat beraktivitas

Margetty Herwin is a Certified Master Coach: 1. Life Coach, 2. Executive Coach, 3. Business and Money Coach, 4. NLP Coach & Time Line Therapy, 5. Green Belt Six Sigma Coach. 6. Master Trainer STRATEGYZER Business Model 7. Graphology My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Meaningful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “6 Unsur Pokok dalam Memilih Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: