IMG_3613

Tanpa terasa kita sudah sampai di penghujung akhir tahun. Banyak dari para pebisnis yang di Bulan November dan Desember ini sudah melewati target bisnis yang direncanakan dari awal tahun kemaren.

  • Bagaimana dengan Target Bisnis tahun depan?
  • Apakah Anda telah membuat angka targetnya?
  • Apakah Anda yakin, team bisnis Anda dapat mencapainya?
    atau
  • Apakah mereka sudah dapat menurunkannya menjadi satuan aktifitas terkecil di unit mereka?
  • Apa yang menjadi KPI (Key Performance Indicator) yang mereka harus perhatikan dalam Harian/Mingguan/Bulanan?

Di bawah ini akan saya berikan konten dari Business Plan, yang secara umum harus diperhatikan jika Anda ingin membuatnya untuk bisnis Anda:

1. Executive Summary

Adalah sebuah highlight dari kesimpulan perencanaan bisnis dari semua bagian penting dalam perusahaan. Hal ini akan menjadi kunci utama bisnis Anda ataupun peluang bisnis yang akan dilakukan. Executive Summary tidak lebih dari 1-2 halaman dan penjelasan ini tidak perlu menunggu sampai Business Plan selesai dibuat.

2. Mission Statement

Kesimpulan dari misi perusahaan yang juga menjelaskan nilai-nilai bisnis yang akan dijunjung oleh semua personal yang ada di bisnis Anda. Bagian ini juga menjelaskan tentang aktifitas bisnis dan juga pasar yang dituju untuk produk dan jasa yang akan ditawarkan. Penjelasan ini untuk dapat dipahami tentang apa yang Anda lakukan dalam bisnis untuk memberikan manfaat kepada pelanggan Anda. Penjelasan Misi ini haruslah jelas, informatif, dan berisi sesuatu yang menarik yang dilakukan dalam bisnis Anda.

3. Kualifikasi Bisnis Anda

Bagian ini berisi tentang kualifikasi bisnis yang akan membantu Team Bisnis Anda untuk memahami seberapa besar cakupan dan besar segmen pasar yang dituju yang akan mempengaruhi seberapa besar implementasi strategi bisnis yang akan dilakukan. Jika Anda memiliki tahapan target bisnis yang secara bertahap akan dikembangkan, dapat juga dijelaskan dalam bagian ini.

4. Competition Analysis

Analisa kompetisi terhadap perusahaan sejenis yang bergerak di bidang yang sama dan juga saling berbagi pasar dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Berikan data secara akurat dan tervisualisasi dengan jelas agar semua bagian yang berpengaruh terhadap penjualan dapat merencanakan strategi yag tepat untuk berkompetisi di pasar yang ditentukan.

5. Unique Selling Propositions (Products or Services)

6. SMART Goals

7. Business Challenge

8. Marketing Plan

9. Sales Methodology

10. Financial Information & Operation (P/L, B/S, CF Statements)

11. Ratio Analysis

Perencanaan bisnis yang lengkap akan sangat membantu semua personal di bisnis Anda untuk dapat mengantisipasi, mengeksekusi bahkan dalam mengawasi setiap pelaksanaan pencapaian target bisnis yang ditetapkan di setiap awal tahun.

Great Success

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “Your Business Plan Contents

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: