Menciptakan sebuah bisnis baru adalah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, tetapi untuk dapat menjalankan bisnis tersebut dalam jangka waktu lama, haruslah dilengkapi dengan Sistem Manajemen yang handal dan terus berkembang dalam penerapannya. Dalam system manajemen yang handal haruslah juga didukung dengan keahlian staf yang handal pula dan juga dapat berkordinasi dengan sumber penunjang bisnis yang lain.

Sumber penunjang untuk dapat membuat system manajemen berjalan dengan baik adalah:

  1. Sumber Permodalan
  2. Fasilitas dan Peralatan
  3. Dukungan Teknologi
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Sumber Bahan Baku.

Dengan pertumbuhan bisnis yang semakin besar dan cepat, maka Anda harus mengatur 5 hal penting di atas sesuai perencanaan untuk dapat tetap efektif dan efisien.

 

4 Area Fungsi Management yang harus diperhatikan oleh Leaders:

  1. Planning
  2. Organizing
  3. Directing
  4. Controling

management-process

PLANNING

Perencanaan adalah hal yang sangat penting untuk dijadikan patokan dalam menjalankan bisnis, yaitu:

  1. Strategic Plan, perencanaan perusahaan dalam jangka waktu 3-5 tahun ke depan. (Business Plan)
  2. Tactical Plan, gambaran step pelaksanaan perencanaan dari strategic plan secara detil dan spesifik. Plan ini dilengkapi dengan periode waktu dalam 1 tahun dan dilengkapi target waktu pencapaian dari setiap goal yang ingin dicapai. (90 Days Activity Plan)
  3. Operational Plan, detil aktifitas harian yang harus dilakukan untuk mencapai goal dari Tactical Plan, dalam target bulanan, mingguan dan harian. (Monthly Activity Plan)

 

ORGANIZING

Adalah fungsi pengaturan dan pengkordinasian tugas dan sumber daya untuk pencapaian Goals spesifik yang diinginkan. Dalam mengorganisasikan pekerjaan diperlukan sebuah Struktur Organisasi yang jelas, yang otomatis dapat memaksimalkan profit yang ingin dicapai.

Dalam organizing perlu diperhatikan bagaimana dapat bekerja dengan kelompok atau tipikal karakter orang yang berbeda. Sumber Daya pun perlu di-organize, seperti: Bahan baku, permesinan, perlengkapan dan inventori.

 

DIRECTING

Fungsi manajemen ini adalah tentang bagaimana metode kepemimpinan, cara mempengaruhi, dan motivasi tim kerja untuk bekerja secara bersama mencapai goal dalam mengimplementasikan strategic plan, tactical plan dan operational plan.

Seorang effective leaders haruslah memiliki “Interpersonal Skills”, yang terdiri dari kemampuan komunikasi yang jelas, cara mendengar yang baik, dan memiliki perilaku positif. Interpersonal Skills tersebutlah yang dapat digunakan untuk membentuk tim yang akan dapat bekerja dengan visi yang sama untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

Selain Interpersonal Skills seorang leaders juga harus memiliki “Leadership Styles” dalam memimpin team. Type kepemimpinan yang umum saat ini adalah:

  1. Authoritarian, leaders memberi tahu tim kerja apa yang harus diselesaikan dan bagaimana cara mengerjakannya tanpa meminta masukkan ke tim tentang feedback pelaksanaannya. Cara ini terkadang meninggalkan kesan yang tidak baik, karena leaders bersifat otoriter dan tegas dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai perintahnya. Cara ini tidak sepenuhnya efektif, tetapi akan lebih baik jika digunakan dalam keadaan darurat untuk mengerjakan pekerjaan dalam waktu yang sempit dan terbatas.
  2. Democratic, type dari seorang leader yang meminta pandangan dan pendapat dari Tim-nya dalam melakukan pekerjaan dan bagaimana melakukannya, dan sebagai keputusannya, tetap dalam kapasitas leaders tersebut yang menentukan. Type ini tingkat keberhasilannya tergantung dari keahlian dan pengetahuan leaders terhadap pekerjaan yang ingin dilakukan. Input dari tim kerja tetap dibutuhkan dan hasil akhir tetap ditentukan oleh keputusan leader dalam pelaksanaannya.
  3. Delegating, tipikal leaders dengan type seperti ini adalah memberikan kebebasan kepada timnya untuk bekerja dan mengambil keputusan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh para timnya tersebut. Dalam pengaturan time management kerja mungkin ini hal yang efektif, namun perlu diperhatikan, apakah keahlian dan pengetahuan tim kerja tersebut sudah sesuai dengan kapasitas kerja yang didelegasikan. Tarining, Coaching dan Mentoring para tim kerja menjadi hal yang penting untuk terus dilakukan, sehingga mereka dapat bertanggung jawab secara professional terhadap pekerjaan yang diberikan.

 

CONTROLING

Pengawasan kerja yang meliputi kontrol terhadap goals, budgeting, planning, performance kerja dan kualitas dari produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan Anda. Perhatikan apa alat control yang saat ini dimiliki oleh perusahaan Anda?

Jika alat kontrolnya sudah ada, perhatikan bagaimana secara periodic dan konsisten hal tersebut diperhatikan untuk selalu diperbaiki sesuai target dan rencana yang telah dibuat.

Demikian 4 Management System yang harus diperhatikan oleh perusahaan Anda, jika ingin pencapaian target perusahaan Anda tumbuh sangat luar biasa.

Silakan hubungi SMART Business Coaching Firm di 021-7502788, 75816337 untuk Anda dapat free session dengan Master Coach Margetty Herwin untuk Business Diagnosis tentang bisnis Anda, dan apa manfaat Coaching Program bagi Anda,….

 

Great Success

 

 

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “Management System of Your Business

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: