Coaching

3 Formula untuk Meningkatkan Potensi Internal Menuju Kesuksesan


cropped-cropped-coachgetty-sragen1.jpg

Panduan ini dibuat untuk membantu para Personal atau Business Owner di dalam memperbaiki cara dan perilakunya di dalam bekerja dan berbisnis , untuk mencapai tingkat yang lebih baik dari sebelumnya dan dapat mencapai semua hal yang mereka impikan tentang kehidupan dan bisnis mereka.

3 Formula yang disampaikan ini adalah beberapa bagian dari formula yang digunakan oleh SMART Business Coaching dalam membantu para pebisnis untuk mudah dalam mecapai kesuksesan yang diinginkan oleh mereka.

Semoga Formula yang diberikan ini dapat digunakan untuk kepentingan yang positif dalam upaya meningkatkan hasil yang maksimal bagi bisnis Anda.

FORMULA 1

(Formula untuk berubah menjadi Lebih baik)

D x V x F > R

(David Gleicher Concept)
  • D = Dissatisfaction – Ketidakpuasan
  • V = Vision – Visi
  • F = First Step – Langkah Pertama
  • R = Resistance – Hambatan

DISSATISFACTION

Jika kita ingin berubah kepada sesuatu hal yang lebih baik, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang menjadi DISSATISFACTION kita dalam hidup dan berbisnis. Ketidakpuasan tersebut haruslah diketahui dengan jelas dan harus kita ubah menjadi lebih baik agar ketidakpuasan tersebut semakin lama akan menghilang dari kehidupan dan bisnis kita.

Banyak Business Owner yang tidak puas terhadap penghasilan, kondisi kerja maupun kinerja dari TEAM yang mereka miliki. Mereka ingin berubah tapi tidak tahu harus bagaimana mengubahnya dan apa langkah utamanya.

Tuliskanlah setiap ketidakpuasan yang dimiliki oleh personal maupun terhadap bisnis yang dijalani. Hal tersebut perlu diketahui dengan jelas agar kita dapat berubah kepada hal yang lebih baik. Yang jelas carilah secara tepat apakah faktor-faktor utama yang membuat kita tidak puas dalam kehidupan dan bisnis yang sedang dilakukan.

VISION

VISION adalah tujuan kita di dalam mencapai apa yang kita inginkan terhadap setiap ketidakpuasan yang kita miliki. Visi ini haruslah kita capai agar setiap ketidakpuasan dalam hidup dan bisnis yang kita jalani dapat hilang dari dalam kehidupan kita.

Bagaimana visi dibuat dan dapat dicapai? Adalah tergantung terhadap diri kita masing-masing, yaitu seberapa kita yakin bahwa visi yang kita tetapkan tersebut dapat menghilangkan ketidakpuasan yang terjadi dalam kehidupan kita. Pencapaian terhadap visi tersebut adalah tergantung terhadap usaha dan keyakinan kita kapan akan dicapainya, bisa cepat ataupun lambat.

FIRST STEP

FIRST STEP adalah langkah awal yang harus dilakukan setelah kita mengetahui DISSATISFACTION dan VISION yang kita inginkan, agar dapat dengan cepat untuk berubah kepada hal yang lebih baik

Banyak Business Owner yang memiliki ketidakpuasan di dalam kehidupan dan bisnis mereka, dan juga tidak mengetahui bagaimana seharusnya  yang mereka inginkan untuk ketidakpuasan tersebut hilang dengan pencapaian Visi mereka. Mereka memiliki kebingungan terhadap langkah apa yang harus dilakukan untuk mengubahnya dan cenderung tidak melakukan apa-apa.

Kebingungan dan kenyamanan untuk mereka tetap berada pada kondisi sekarang-lah yang mengakibatkan mereka tidak akan pernah berubah, atau takut jika berubah segala sesuatu akan menjadi lebih buruk.

Hal ini akan sangat membantu jika mereka mempunyai seorang  pendamping yang dapat melihat kehidupan dan bisnis mereka dari luar kotak. Fungs pendamping tersebut-lah yang dilakukan oleh seorang Business Coach di dalam membantu setiap Business Owner untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

RESISTANCE

RESISTANCE adalah hambatan atau beban yang sering selalu membayangi para Business Owner untuk mengambil keputusan dari setiap aksi yang harus dilakukan, cenderung hambatan ini lebih berat dipikirkan dibandingkan dengan apa yang harus diubah untuk menjadi lebih baik.

Inilah yang harus dikurangi atau dihilangkan sama sekali dari pikiran para Business Owner. Karena segala ketakutan yang dihadapi sebenarnya belum-lah terjadi, tetapi seakan-akan telah terjadi dan mengakibatkan seorang Business Owner tidak mau bertindak.

Setiap yang dilakukan haruslah ditest dan diukur agar kita tahu tingkat keberhasilannya, karena lebih baik kita lakukan dari pada hanya kita pikirkan saja tanpa melakukan apapun.

 

FORMULA 2

(Formula untuk kehidupan dan bisnis lebih sukses)

THINKING x BEING x DOING = RESULTS

Apa itu THINKING x BEING x DOING = RESULTS ?

THINKING – BEING – DOING adalah suatu proses yang sederhana, dan merupakan sebuah metode yang sangat berharga untuk meningkatkan hasrat, keinginan dan hubungan Business Owner secara individual terhadap pencapaian kesuksesan jangka pendek dan jangka panjang.

Kekuatan dari kejujuran dan komitmen secara individu untuk mencapai apa yang mereka inginkan adalah modal yang paling penting. Dan hal tersebut adalah jaminan bagi mereka untuk dapat mencapai tujuan dan aspirasi mereka terhadap bisnis.

Ada 3 aturan yang sederhana:

  1. Anda harus jujur terhadap diri Anda sendiri.
  2. Anda harus yakin dapat mencapai tujuan tersebut
  3. Tujuan Anda harus memenuhi criteria SMART

(Specific, Measureable, Achievable, Results, Timeframe)

BAGAIMANA MELAKUKANNYA?

Sekali lagi, ini sangat mudah

Ikuti 4 langkah di bawah ini, dan Anda akan mulai untuk mencapai Goal Anda dengan cepat.

Langkah Pertama, Identifikasi semua yang ingin Anda capai “RESULTS” di masa mendatang. Mulai dari yang paling dekat akan dicapai dan dalam jangka panjang, misalnya dalam 12, 24, 36 sampai 60 bulan dari sekarang. “RESULTS” termasuk segala sesuatu yang diinginkan dalam kehidupan Anda dan benar-benar sangat diinginkan secara Spesifik bukan yang merupakan hanya angan-angan.

Sebagai contoh …

  1. Bisnis yang memberikan saya kebebasan waktu, sehingga dapat bekerja hanya 30 jam per minggu.
  2. Saya dapat bermain Golf setiap hari dan bisnis saya tetap berjalan tanpa saya.
  3. Saya dapat mengajak keluarga saya berlibur selama 3 minggu ke Hawaii pada bulan Juni 2011. Saya akan terbang dengan kelas bisnis dan tinggal di Hotel Bintang 5 dan tidak kuatir terhadap bisnis saya.
  4. Saya akan mempunyai uang yang cukup untuk menyekolahkan Anak ke Universitas terkemuka yang dapat membuat dia menjadi sukses.
  5. Saya menginginkan sebuah Mobil Mercedez seri terbaru berwarna hitam pada Januari 2010.

Langkah kedua, adalah apa pola berpikir yang kita butuhkan, yang dinamakan strategi “THINKING” untuk mengetahui apa pola berpikir yang harus diubah ataupun strategi yang perlu dijalankan untuk mencapai hasil. Jika kita mengubah pola berpikir dalam menghadapi persoalan yang sama, maka otomatis solusi dan hasil yang akan didapat pun akan menjadi berbeda.

Langkah ketiga, definisikan secara lengkap “DOING” yang diperlukan untuk mencapai semua “RESULTS” yang diinginkan dan bedakan secara spesifik, apa yang diperlukan untuk mencapai “RESULTS”. Hal tersebut harus spesifik, bisa dilakukan dan terdefinisi.

Sebagai contoh…

  1. Saya bangga melakukan … gunakan kata2 tersebut di dalam setiap kegiatan bisnis yang direncanakan walaupun Anda tidak terlibat didalamnya. Pekerjaan tersebut haruslah tepat dan mudah dimengerti oleh TEAM yang akan melakukan dan mereka dapat melakukannya.
  2. Kita mampu meningkatkan … penjualan dan proses marketing untuk mencapai 800 klien baru dalam bisnis selama 6 bulan ke depan.
  3. Kita bisa menciptakan … TEAM yang solid dan kuat yang dapat melakukan setiap pekerjaan secara baik dan benar, serta ahli di bidangnya masing-masing.

Langkah Keempat, langkah yang terakhir adalah melengkapi daftar “BEING”. Langkah ini adalah definisi apa yang dibutuhkan dan harus seperti apa kita di dalam melakukan “DOING” yang kita harus lakukan, untuk mendapatkan “RESULTS” yang diinginkan.

Sebagai contoh…

  1. Saya mempunyai Komitmen … terhadap apa yang diusahakan dan dilakukan untuk mencapai implementasi dari system yang diinginkan agar bisnis dapat berjalan dengan sendirinya.
  2. Saya berusaha maksimal … agar anak saya dapat bersekolah pada Universitas terkemuka yang diinginkannya.
  3. Saya jujur terhadap orang lain … bahwa setiap perkataan saya adalah benar dan didukung oleh setiap perbuatan yang saya lakukan dan taat terhadap setiap peraturan yang dibuat.
  4. Saya mendukung 100% … setiap pelajaran dan pelatihan untuk pengembangan skill para karyawan.

Demikianlah sedikit mengenai pemanfaatan Formula THINKING – BEING – DOING di dalam untuk mencapai setiap kesuksesan yang diinginkan.

Anda dapat membuat kolom untuk menuliskan THINKING – BEING – DOING – RESILTS yang ingin dicapai dan dilakukan. Jika Anda memiliki BUSINESS COACH maka merekalah yang akan membantu setiap ACTION yang dilakukan agar dapat cepat tercapai yang diinginkan.

FORMULA 3

ICEBERG IDENTITYIdentitas Gunung Es

wq-iceberg-underwater-1

Pandangan dari sebagian Business Owner terhadap para Karyawan ataupun Team yang mereka miliki kadangkala hanya berdasarkan pada Perilaku yang terlihat saja dan kurang melihat lebih dalam lagi mengenai apa yang sebenarnya ada dalam diri Team yang mereka miliki.

Coba kita lihat dan pikirkan sebuah Gunung Es yang ada di Benua Antartika, sebuah kapal TITANIC tenggelam bukan karena gunung es yang terlihat di permukaan, melainkan akibat Gunung Es yang lebih besar yang tidak terlihat yang berada di bawah permukaan laut.

Coba kita renungi lagi hal tersebut di atas, bahwa di dalam diri manusia pun kadangkala kita hanya menilai bagian atas-nya saja yaitu hanya perilakunya saja yang baik, kita sudah menganggap orang tersebut baik segala hal tentang dirinya. Padahal kalau kita lebih teliti untuk melihat lebih dalam lagi banyak hal yang kita tidak ketahui mengenai SKILL – BELIEFS (Keyakinan) – VALUES (Nilai-nilai) – IDENTITY (Identitas) bahkan ENVIRONTMENT (Lingkungan) yang berada di belakang Karyawan ataupun Team kita tersebut.

Jika kita dapat mengetahui dan mengarahkan hal tersebut maka akan sangat membantu dan membuat kita lebih kuat dan lebih sukses dalam menghasilkan perilaku yang sangat cakap, untuk mengambil keputusan dan melakukan setiap keputusan itu dengan Aksi yang fantastis.

Seorang Business Owner dapat meningkatkan SKILL dari Teamnya agar mereka memiliki BELIEF (keyakinan) akan kemampuan mereka, akibat keyakinan tersebut mereka memiliki VALUES (nilai-nilai) yang lebih bagus dan mengakibatkan mereka bangga akan IDENTITY mereka sebagai Team di Perusahaan tempat mereka bekerja. Jika setiap karyawan maupun orang di dalam TEAM merasakan hal ini maka ENVIRONTMENT perusahaan akan sangat berubah ke arah yang lebih baik di dalam menghasilkan suatu hasil yang maksimal bagi Perusahaan.

Untuk dapat mengubah apa yang ada di bawl Gunung Es tersebut adalah dengan membuat sebuah CONDITIONING, yaitu bisa sebuah aturan yang jales, Reward & Punishment, kesepakatan dan komitmen kerb yang diselaraskan dengan semua bagian yang ada di dalam perusahaan.

CONDITIONING tersebut akan membuat sebuah PATTERN (pola) yang baru, yang jika dapat terus dijalankan dan dilakukan akan membentuk sebuah HABBIT yang secara langsung akan menjadi ENVIRONTMENT bagi perubahan internal yang mau dilakukan.

Tingkatkanlah bagian yang ada di bawah permukaan Gunung Es ini karena akan mempengaruhi Perilaku di dalam mengambil keputusan dan aksi yang dilakukan oleh setiap orang yang berada di dalam perusahaan, sehingga RESULTS yang direncanakan dapat dicapai.

Demikian penjelasan dari saya tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan Potensi Internal diri Anda untuk meraih KESUKSESAN.

Jika Anda membutuhkan Free Business Diagnostic bagi Kehidupan dan Bisnis, silakan menghubungi SBCF Office di 7502788, 75816337 untuk diaturkan waktu bertemu dengan Coach Margetty Herwin.

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “3 Formula untuk Meningkatkan Potensi Internal Menuju Kesuksesan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: