Management & Control

LEADERSHIP SKILLS AND STYLES


IMG_3843

Apa itu Leadership?

Pada dasarnya Leadership adalah tentang memimpin personal. Ketika masing-masing personal harus bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan, mereka membutuhkan seorang Pemimpin. Ketika personal tidak yakin apa yang harus dilakukan selanjutnya , mereka membutuhkan kepemimpinan . Ketika orang-orang yang berjuang untuk mengatasi situasi sulit , mereka membutuhkan kepemimpinan

Sukses dalam organisasi apapun itu tergantung pada orang yang memimpin yang berwawasan luas dan dapat dipercaya, dan berperilaku sesuai dengan keyakinan, bahwa sesungguhnya keberhasilan jangka panjang adalah yang terbaik dan disampaikan dengan merangkul keterampilan dan energi dari personal yang dipimpinnya.

Leadership juga tentang visi. Pemimpin perlu visi yang jelas tentang tujuan masa depan, tetapi mereka tidak akan mampu mencapai visi tersebut kecuali mereka mendapat dukungan dari para personal yang mereka pimpin.

Jadi kepemimpinan melibatkan memenangkan hati dan pikiran personal lain, membujuk mereka untuk berbagi dan merangkul visi itu dan kemudian memotivasi mereka untuk memberikan kemampuan terbaik mereka untuk membantu mencapainya . Oleh karena itu pemimpin harus memahami apa yang memotivasi orang , mengakui bahwa para personal yang berbeda dan bahwa perbedaan itu harus dirangkul .

What’s Leadership Skills?

Ketika kita berbicara tentang Leadership Skills, apa sebenarnya yang kita maksud? Leadership Skills adalah alat, perilaku, dan kemampuan yang dibutuhkan seseorang agar berhasil memotivasi dan mengarahkan orang lain. Namun keterampilan kepemimpinan sejati melibatkan sesuatu yang lebih, kemampuan untuk membantu orang bertumbuh dalam kemampuan mereka sendiri. Dapat dikatakan bahwa pemimpin yang paling sukses adalah mereka yang dapat mendorong orang lain untuk mencapai kesuksesan mereka sendiri.

Tiga Sifat Yang Harus Dimiliki Setiap Pemimpin Sukses

Tanpa kecuali, ada tiga ciri untuk setiap pemimpin yang harus dimiliki agar sukses. Jika Anda seorang Pemimpin yang tidak memperhatikan ciri tersebut maka hal umum yang sering terjadi adalah:

  • Anda akan bekerja sendiri dan Anda lah yang paling kelelahan
  • Tim Anda akan gagal dalam menyelesaikan pekerjaan mereka
  • Anggota tim Anda akan meninggalkan Anda
  • Tim Anda akan kehilangan respek terhadap Anda


Jadi apa tiga sifat yang diperlukan?

  1. Keinginan untuk memimpin.
    Tanpa itu, Anda tidak akan pernah merasa nyaman dalam berperan sebagai pemimpin. Anda harus dapat sebagai contoh dan dapat mengerti dan memahami apa yang dilakukan oleh team Anda. Hal ini sangat penting agar Anda didukung oleh team dan mereka sepenuhnya akan mendukung setiap apa yang Anda perintahkan.
  2. Komitmen terhadap visi dan misi organisasi
    Meyakinkan orang lain untuk memberikan yang terbaik untuk mencapai sesuatu yang mereka tidak yakini Itu sulit. Tapi cobalah untuk mengkonversikannya kepada kepercayaan pada visi dan misi suatu organisasi untuk menumbuhkan percaya diri dari team Anda.
    Sifat yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin yang sukses adalah Integritas. Integritas dalam pengertian ini memiliki makna sederhana, melakukan apa yang Anda katakan dan berperilaku dengan cara yang Anda harapkan tim Anda lakukan. Pada pandangan pertama, yang mungkin terdengar cukup sederhana. Tetapi jika Anda benar-benar dapat menguasai integritas, Anda akan menemukan bahwa perubahan seluruh tim dan bahkan seluruh organisasi menjadi lebih baik.
  3. Integritas
    Integritas dapat didefinisikan secara sederhana sebagai benar kata Anda, menjadi otentik dalam tindakan dan ucapan, dan menunjukkan jenis perilaku yang Anda ingin karyawan Anda miliki. Integritas, seperti keterampilan kepemimpinan, adalah sesuatu yang Anda harus latih . Dibutuhkan upaya untuk menghormati kata-kata Anda setiap waktu dan menjadi contoh bagi karyawan Anda, walaupun Anda sedang stres atau memiliki konflik kepribadian. Tapi Anda bisa mendapatkan manfaat dari pengembangan integritas sangat besar jika dibandingkan dengan kerusakan yang dapat Anda lakukan di tempat kerja jika Anda tidak memiliki sifat tersebut.

 

Beberapa sifat lain yang juga mencerminkan pemimpin yang Integritas:

1. Ketulusan
    Juga disebut keaslian, para pemimpin yang memiliki segi integritas:

  • Jangan menampilkan sikap palsu
  • Menerima tanggung jawab untuk komitmen mereka dan berusaha untuk menemui mereka
  • Apakah jujur ​​tentang keterbatasan mereka sendiri
  • Menerima tanggung jawab atas kesalahan mereja
  • Katakan kebenaran

2. Konsistensi
    Pemimpin menunjukkan segi integritas dengan:

  • Memperlakukan karyawan yang sama sebanyak mungkin
  • Setelah melalui janji-janji
  • Bekerja keras atau lebih keras daripada karyawan mereka
  • Setelah harapan yang sama atau aturan untuk diri mereka sebagai bagi karyawan mereka.

3. Substansi
    Substansi mengacu pada integritas menjadi bagian dari siapa Anda sedang dalam
semua hubungan kerja Anda dengan:

  • Menjaga informasi pegawai swasta swasta
  • Tidak bergosip atau mengeluh tentang anggota tim untuk anggota tim lainnya
  • Melakukan apa yang terbaik untuk tim dan bukan hanya diri sendiri
  • Memberikan kredit di mana kredit sudah jatuh tempo
  • Peduli tentang perkembangan karyawan Anda
  • Membuatnya menjadi prioritas untuk menjaga komunikasi yang jelas dan menyelesaikan konflik

Jika Anda telah membaca informasi ini dan menyadari bahwa Anda tidak selalu bertindak dengan integritas di tempat kerja, Anda tentu tidak sendirian. Tapi ke depan, kini Anda dapat mengenali bahwa integritas dapat dibangun satu tindakan pada suatu waktu. Ketika Anda mendapatkan lebih banyak dilakukan saat itu, Anda akan menemukan bahwa itu menjadi kebiasaan. Dan sekali Anda mulai melihat hasil yang datang dari berlatih integritas, Anda akan ingin untuk terus berjalan.

 

Great Managers vs Great Leaders?

“Bos terbaik yang pernah kumiliki.” Itu suatu ungkapan yang kita dengar, tapi apa sebenarnya artinya? Apa yang membuat Great boss berbeda dengan Average boss? Apa yang sebenarnya dilakukan oleh Great Manager?

Meskipun ada berbagai gaya manajemen karena banyaknya manajer, ada satu kualitas yang membuat Great Manager benar-benar terpisah dari yang lain: Mereka menemukan apa yang unik tentang setiap orang dan kemudian membuat sebagian besar dari itu. Secara sederhana, Average Manager bekerja hanya dengan checklist yang mereka punya, sedangkan Great Manager bekerja dengan strategi yang mereka selalu ukur dan nilai.

Perbedaannya? Average Manager, cenderung bekerja dengan cara yang sama. Anda perlu merencanakan dan mengkoordinasikan gerakan mereka, jelas, tetapi mereka semua bergerak pada kecepatan yang sama, pada jalur paralel. Great Manager, mengatur masing-masing bagian bergerak dengan cara yang berbeda, dan Anda tidak bisa bermain jika anda tidak tahu bagaimana masing-masing bagian bergerak. Lebih penting lagi, Anda tidak akan menang jika Anda tidak berpikir secara hati-hati tentang bagaimana Anda melakukan pekerjaan. Great manager mengetahui dan menilai kemampuan yang unik dan bahkan eksentrisitas karyawan mereka, dan mengusahakan cara terbaik untuk mengintegrasikan mereka ke dalam rencana yang terkoordinasi.

Ini adalah kebalikan dari apa yang dilakukan Great Leader. Great Leader menemukan apa yang universal dan memanfaatkan itu. Tugas seorang Leader adalah memicu orang menuju masa depan yang lebih baik. Dia bisa berhasil hanya ketika ia bisa menghilangkan perbedaan ras, jenis kelamin, usia, kebangsaan, dan kepribadian dan, menggunakan cerita dan menghargai pahlawan.

Tugas seorang manajer, di sisi lain, adalah untuk mengubah bakat tertentu seseorang menjadi kinerja. Seorang manajer akan berhasil hanya jika ia dapat mengidentifikasi dan menyebarkan perbedaan antara orang-orang, menantang setiap karyawan untuk unggul dengan caranya sendiri. Ini tidak berarti leaders tidak dapat menjadi manajer atau sebaliknya. Tapi untuk unggul di salah satu atau keduanya, Anda harus menyadari keterampilan untuk setiap peran yang berbeda. Kapan Anda harus menjadi Leaders Team Anda, dan kapan Anda harus menjadi manajer mereka.

Leaders memimpin dengan Heart, Spirit, Body and Mind, tetapi Manager memimpin hanya dengan Body and Mind saja.

 

Tipe Leadership yang Manakah Anda?

Kemampuan kepemimpinan sangat bisa dilatih, karena pada dasarnya kemampuan ini ada dalam diri setiap orang. Jika Anda sudah pada tahap mengenali kekuatan kepemimpinan dalam diri, selanjutnya karakter kepemimpinan seperti apa yang melekat pada diri Anda?

Terdapat dua tipe leadership yang diperkenalkan Dale Carnegie, pendiri Dale Carnegie Training, yakni INSPIRASIONAL dan ORGANISATORIS.

Dari sini Anda bisa mulai memetakan, Anda termasuk tipe pemimpin yang mana.

Tipe Inspirasional
Karakternya:

  • Kreatif
  • Komunikatif
  • Tidak suka rutinitas
  • Tidak sabar
  • Tidak pandai basa-basi
  • Selalu ingin jadi pahlawan
  • Inspiratif
  • Sangat dominan dalam tim


Tipe Organisatoris
Karakternya:

  • Agak kaku
  • Suka rutinitas
  • Lebih sabar
  • Menomorsatukan profit
  • Efisien
  • Mementingkan tim dalam bekerja

 

Setiap tipe memiliki kekuatan tersendiri. Setidaknya dengan memetakan diri Anda termasuk dalam tipe yang mana, akan membantu untuk memaksimalkan karakter leadership dalam diri Anda. Dampaknya tak hanya untuk diri sendiri, namun juga tim dalam pekerjaan Anda.

Kepemimpinan yang kuat menjadi faktor penting untuk menciptakan tim yang hebat. Artinya pencapaian dalam tim, apakah target yang tercapai, atau prestasi lain yang dihasilkan dari kerja tim, bisa terwujud dengan adanya kepemimpinan yang kuat.

Kepemimpinan perlu didukung juga oleh sejumlah faktor lain agar bisa membangun the dream team. Sebut saja kesamaan visi, menjalani rencana kerja dengan memegang kode etik, saling memberdayakan, adanya delegasi tugas, dan penghargaan atas kinerja rekan kerja. Bahkan pemutusan kerjasama dengan rekan yang tidak menunjukkan kinerja baik juga sah dilakukan.

Hanya pemimpin yang berkarakter kuat yang memiliki ketegasan dan sikap adil dalam memaksimalkan tim kerjanya.

 

Pemimpin Besar Dunia dan Kekuatan Kuncinya

Secara umum dikenal dua gaya leadership: inspirasional dan organisatoris. Jika Anda sudah mengenali karakter dari gaya kepemimpinan ini, saatnya menemukan tipe pemimpin. Anda bisa meniru tokoh yang sudah membuktikan kemampuannya dalam membangun bisnis ternama dan mendunia.

TIPE INOVATOR

Terdapat sejumlah nama yang termasuk tipe pemimpin kaya inovasi ini. Sebut saja Steve Jobs, Co-Founder, Chairman & CEO, Apple, Inc atau Mark Zuckerberg, Founder & CEO Facebook. Kedua nama ini memiliki gaya kepemimpinan yang serupa tapi tak sama. Satu-satunya kesamaan mereka adalah inovasi yang diciptakan, dan menghasilkan bisnis beraset besar.

Mark Zuckerberg,
pebisnis muda kelahiran New York, 1984
Gaya kepemimpinan: Perfeksionis, pendobrak, dan kreatif.
Kekuatan kunci: Menggabungkan kemampuan teknis yang tinggi, bidang TI, dengan komunitas sosial.
Keputusan besar: Drop out dari kampus dan menciptakan Facebook.

Steve Jobs,
lahir pada 1955 di San Fransisco
Gaya kepemimpinan: Visioner, kreatif dan mandiri, otokratik, Micromanager
Kekuatan kunci: Memiliki pemahaman naluriah terkait terhadap teknologi.
Keputusan besar: Mengembangkan iPod, iTunes dan iPad.

TIPE PIONIR

Michael Dell (CEO Dell Inc),
lahir di Houston, 1965
Gaya kepemimpinan: Tidak egois, tidak mengeksklusifkan diri, melayani.
Kekuatan kunci: Berpikir lebih jauh ke depan dan tidak konvensional.
Keputusan besar: Menjual produk Dell dari pintu ke pintu.

TIPE MOTIVATOR

James McNerney, Jr (CEO The Boeing Company)
lahir di Rhode Island, 1949
Gaya kepemimpinan: Inspirasional, penuh rasa ingin tahu, visioner, individu yang efektif.
Kekuatan kunci: Mampu maksimalkan potensi SDM-nya.
Keputusan besar: Bergabung dengan GE Asia dan menjadi mendunia karenanya.

TIPE ORGANIZER

Fred Smith (pendiri, Chairman & CEO FEDEX),
lahir di Mississippi, 1944
Gaya kepemimpinan: Visioner, berani mengambil risiko, ulet.
Kekuatan kunci: Jeli melihat peluang.
Keputusan besar: Menciptakan integrasi sistem pengiriman udara.

TIPE AHLI STRATEGI

Warren Buffet (pendiri, Chairman & CEO, Berkshire Hathaway)
lahir di Omaha, 1930
Gaya kepemimpinan: Tak pernah berasumsi.
Kekuatan kunci: Cerdas membuat perhitungan bisnis.
Keputusan besar: Sukses mengenalkan bisnis portal (dotcom).

TIPE MEMBANGUN

Carlos Ghosn (President & CEO, Nissan & Renault),
lahir di Porto Veho, Brazil, 1954
Gaya kepemimpinan: Menggunakan pendekatan langsung, mengubah masalah rumit menjadi solusi praktis.
Kekuatan kunci: Pengorganisasan, disiplin.
Keputusan besar: Melawan arus dalam merger antara Renault dengan Nissan.

TIPE PENILAI

Jack Welch (Chairman & CEO General Electric)
lahir di Massachussetts, 1935
Gaya kepemimpinan: Terus terang, tegas, fokus.
Kekuatan kunci: Lahir sebagai pemenang.
Keputusan besar: Pengurangan kerja dan divestasi.

TIPE VISIONER

Lew Frankfort (Chairman & CEO COACH Inc)
lahir di New York, 1947
Gaya kepemimpinan: Teliti, bersemangat, berorientasi pada tujuan
Kekuatan kunci: Mengenalkan dan mengadaptasi teknik operasional pemerintahan dengan SOP dari COACH.
Keputusan besar: Merekrut Tommy Hilfiger sebagai desainer

JW Marriott, Sr (pendiri & CEO Marriott Company)
lahir di Marriott, Utah, 1900
Gaya kepemimpinan: Kokoh, sistematis, perfeksionis, perhatian.
Kekuatan kunci: Mengeksplorasi cara untuk ekspansi dalam mengubah dunia.
Keputusan besar: Menciptakan bisnis katering penerbangan udara.

TIPE KONTROVERSIAL

Rupert Murdoch (Chairman & CEO News Corp)
lahir di Melbourne, Australia, 1931
Gaya kepemimpinan: Ambisius, terikat, tegas sebagai penentu.
Kekuatan kunci: Mengkombinasikan uang, relasi dan itikad untuk memberikan penentuan harga di pasar bebas.
Keputusan besar: Mempertahankan kontroling yang efektif di perusahaan media miliknya.

TIPE PENAKLUK DUNIA

Howard Schultz (Chairman & CEO Starbucks)
Gaya kepemimpinan: Inspirasional, berpegang teguh, antusias, kharismatik.
Kekuatan kunci: Bakat marketing dan wawasan tentang peluang kesempatan.
Keputusan besar: Beralih dari kebijakan konvensional dalam menciptakan kopi yang mendunia.

 

Demikian penjelasan singkat saya tentang Leadership dan apa såja Type Leadership yang sekarang dikenal secara umum.

Jika ingin mendapat sisi FREE COACHING dengan Coach Margetty silakan hubungi 7502788 tau 75816337.

 

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “LEADERSHIP SKILLS AND STYLES

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: