Management & Control

SUCCESS STEPS to GET CORPORATE TARGET


Salam sukses untuk para Leaders dan TOP Executive yang saat ini sedang membuat Strategy jitu untuk mem-booster Korporasinya agar jauh lebih sukses,…!

  • Bagaimana Anda mensosialisasikan Improvement Culture dalam sebuah perusahaan korporasi?
  • Apa yang harus Anda lakukan agar target korporasi dapat diimplementasi dengan mudah sampai ke level staf pelaksana?
  • Bagaimana fungsi departemen HRD/SDM Anda berperan dalam melakukan pengembangan kemampuan karyawan agar dapat mencapai target unit bisnis maupun korporasi?
  • Apakah “Vision, Mission, & Company Value” yang dimiliki hanya sebagai slogan dan pelengkap korporasi tempat Anda bekerja, tanpa dapat menjadi alat perekat seluruh Leaders di korporasi agar dapat bekerja secara terintegrasi?
  • Siapakah yang saat ini memiliki fungsi khusus untuk memantau semua proses pengembangan pencapaian target dan pengembangan korporasi selain Unit HRD/SDM Anda yang saat ini terlihat sibuk dengan pekerjaan administrasi mereka?

Banyak sekali pertanyaan lain yang sejenis dengan pertanyaan di atas, yang sering Anda temui dalam sebuah perusahaan korporasi yang sangat peduli terhadap pertumbuhan seluruh bagian dalam perusahaannya.

Jika ada sebuah Metodologi yang mudah dan dapat diterapkan, dengan melibatkan seluruh unsur di perusahaan agar sukses yang dicapai adalah peran semua personal di dalam perusahaan,…

Apakah Anda tertarik untuk melakukannya?

Pertanyaan tersebut akan menimbulkan pertanyaan berikut:

  • Apakah metode yang mau dilakukan sudah terbukti?
  • Siapa orang yang akan melakukan? Apa title dan Jabatannya? Dimana sekolah dan belajarnya? Apakah tersertifikasi lembaga terkenal?
  • Apa jaminan jika tidak berhasil?
  • Apakah bisa menyatukan setiap kelompok yang bertentangan dalam perusahaan?
  • Berapa lama programnya? Mengapa begitu lama waktunya?

LUAR BIASA,…! Satu pertanyaan yang saya lontarkan akan menimbulkan pertanyaan awal yang sangat men-challenge untuk dapat terjawab,…! Sedangkan cerita tentang inti Program yang akan disharing dapat membantu korporasi SUKSES belum sempat diketahui,…!

Saya akan sharing tentang bagaimana Program Internal Executive Coach dalam perusahaan dapat membantu para eksekutif di dalam perusahaan untuk meningkatkan potensi internalnya dalam mencapai target perusahaan.

1. Pastikan Target Korporasi dapat di Jabarkan dari Top Level sampai ke Pelaksana.

Tahap ini dalam sebuah perusahaan korporasi dapat diketahui pada saat CEO dari korporasi tersebut melakukan Pidato awal tahun atau lebih umum disebut “CEO Letter”. Dalam  pidato awal tahun tersebut biasanya juga disampaikan pencapaian target tahun sebelumnya, di samping Big Goal dan Strategy yang akan dilakukan di satu tahun ke depan. Para TOP Level sampai dengan Manager Level di korporasi tersebut harus dapat menurunkan target dan strategy tersebut sampai dengan tingkat pelaksana atau bagian di bawahnya. Menurunkan sebuah tujuan besar ke tujuan-tujuan kecil mungkin mudah, namun pada saat pelaksanaannya perlu dilengkapi dengan strategi pembagian kerja, strategi pelaksanaan, dan strategi pengawasan yang menyertainya. Dimana semua itu harus terintegrasi antar bagian dan benar-benar teratur dalam skala prioritas yang terukur dan tersistem secara menyeluruh.

Selain POAC System (Planning, Organizing, Actuating, Controling) yang telah tersusun dan terstruktur, juga perlu diperhatikan bagaimana strategi pendampingan agar semua perencanaan tersebut dapat berjalan dengan lancar.
Siapa yang akan mengawal dan memantau terhadap KPI yang telah disepakati dan ditetapkan?
Pertanyaan terakhir ini yang akan terjawab di akhir tulisan saya, setelah beberapa step dibawah ini dilakukan.

IMG_3085  IMG_3039

2. Melakukan Team Leaders Alignment

Tahapan ini akan membantu para Leaders dari masing-masing Unit Bisnis bersinergi dan saling berdiskusi untuk dapat menentukan Business Model Unit Bisnis mereka dengan Team Kerja sampai ke level Manager agar Target Korporasi dapat diturunkan ke 90 Hari Action Plan yang akan dilakukan oleh masing-masing pelaksana kerja.

Pada proses ini dapat juga dilakukan Synergy antar Unit Bisnis yang saling berhubungan agar dapat menentukan prioritas kerja yang akan dilakukan bertahap yang saling diperlukan antar Unit Bisnis.

Secara umum aktifitas ini juga sering disebut sebagai Rapat Kerja di dalam perusahaan korporasi Anda. Namun dalam Team Leaders Alignment ini ada hal berbeda yaitu bukan dalam PROSES nya saja yang diselaraskan tetapi tidak terlepas juga untuk VALUE dan PEOPLE juga dilakukan synergy-nya.

 

3. Selaraskan VALUES & PEOPLE agar PROCESS dapat berjalan sesuai rencana.

Sebagian leaders merasa, bahwa Proses yang dapat terpantau dengan Action Plan dan KPI yang jelas sudah cukup untuk menjaga agar Target dapat dicapai. Ternyata pada perjalanannya tidak semudah pada saat merencanakannya, ada beberapa hal yang jelas terhadap ukuran “Process”, namun agak sulit untuk memantau “Values of Peoples” yang melaksanakannya.

Aktifitas yang berfungsi dalam mensosialisasikan “Vision & Mission” korporasi harus selalu rutin dilakukan. Dan di setiap kegiatan sosialisasi yang sifatnya non-formil yang dilakukan oleh perusahaan-lah, Values perusahaan dapat terjaga dalam aktifitas yang membuat team selalu kompak dan solid. Contoh kegiatannya adalah Employee/Family Gathering, Acara olahraga bersama, Fun Activities, atau kegiatan spiritual.

Untuk membuat People terus tumbuh dan selalu berada dalam kinerja terbaik dalam melakukan pekerjaan, perusahaan haruslah dibuatkan sebuah program yang dapat membantu mereka untuk berdiskusi dan brainstorming yang sifatnya untuk meningkatkan Potensi Internal secara terstruktur dan tersistem.

Di beberapa perusahaan Korporasi besar di Amerika maupun Eropa, sudah sejak lama mereka membuat sebuah kebijakan, bahwa seorang Leaders pada posisi jabatan tertentu harus didampingi oleh seorang MENTOR dan seorang COACH di dalam mereka melakukan tugas & pekerjaannya.
Tugas MENTOR adalah membantu para Leaders tersebut untuk dapat mengerjakan tugas teknis dengan metode pengajaran dan pelatihan. Dan Mentor adalah dapat juga atasan langsung dari leaders tersebut.
Dan tugas COACH adalah membantu memberi motivasi atau empowering untuk para leaders agar mereka dapat meningkatkan potensi internal mereka dari diri mereka sendiri. Metode yang dilakukan adalah dengan teknik Coaching yang dapat dipelajari oleh para leaders terpilih yang akan mendampingi para leaders lainnya dalam korporasi.

 

4. Bentuklah Internal Executive Coach di dalam Perusahaan Korporasi Anda.

Apakah pembentukan Internal Coach ini perlu?
Apakah para Leaders akan serius dalam melakukan tugas sebagai Coach?
Apakah tidak merasa diberikan pekerjaan tambahan?
Bagaimana dengan Leaders yang tidak mau berubah secara kinerja dan semangat?
Siapa yang akan bertanggung jawab dalam memantau Kinerja Coach?
Bagaimana metodologi Internal Coach yang cocok bagi korporasi kami?

Jika pertanyaan di atas Anda temukan jawabannya dan sangat mudah untuk melaksanakan dan mewujudkannya, maka Anda akan mengatakan, menapa kita tidak melakukannya dari sejak waktu lalu.

Pembentukan Internal Coach dalam sebuah korporasi dapat dilakukan dengan beberapa tahapan:

  1. Lakukan Personal Character Test bagi para Leaders kunci dalam korporasi.
  2. Pilihlah sekitar 20-30 persen dari Leaders yang cocok untuk menjadi Coach
  3. Carilah Certified Professional Mentor Coach yang memiliki Metode Mentoring yang terstruktur untuk pembentukan Internal Coach.
  4. Lakukan Induction Training bagi Calon Coach agar dapat memahami Metodologi Coaching dengan benar.
  5. Buatlah Action Plan untuk para Internal Coach dengan para TOP Leaders dan Key Leaders yang sejalan dengan Business Plan yang sudah ada dan terintegrasi dengan baik.
  6. Pantau dan awasi secara periodik semua implementasi dari Coaching Plan dan Action Plan unit bisnis di dalam korporasi agar dapat berjalan dan sesuai dengan target.

Top Leaders dalam hal ini adalah Board of Director korporasi harus terus mendukung dan membangun komitmen bersama antara Leaders dan Internal Coaches untuk dapat sejalan dalam pencapaian target perusahaan.

Jika strategi ini bisa berjalan, maka setiap personal di dalam korporasi akan mengikuti program training dan program coaching yang terjadwal dan mereka sangat paham tentang pentingnya program-program tersebut untuk pertumbuhan kinerja mereka.
Training untuk membuat mereka tahu apa yang selama ini mereka tidak tahu.
Coaching untuk membuat mereka sadar tentang apa yang mereka tahu, dan terus tumbuh untuk mengembangkan pengetahuan mereka.
Sehingga semua leaders dan Team akan menuju kepada personal yang Sadar dan Tahu.
Tetapi jika ada personal yang telah di training dan coaching tetap dalam kondisi tidak sadar dan tidak tahu, maka perusahaan tidak dapat memaksakan personal tersebut untuk tetap di dalam korporasi.

Internal Coach ini secara kordinasi langsung berada di bawah TOP Leaders dalam fungsi kerjanya. Dan bersama dengan Departemen HRD/SDM merencanakan proses People Development untuk dijadikan sebagai proses berkesinambungan dalam pembentukan calon-calon pemimpin masa depan dalam korporasi.

Demikian 4 tahapan sukses yang dapat dilakukan bagi perusahaan korporasi untuk pembentukan Internal Executive Coach di dalam perusahaan, agar dapat membantu dan mendampingi fungsi kerja struktural di unit bisnis dapat meningkat.

Jika Anda merasa Korporasi Anda memerlukan pembentukan Internal Executive Coach, silakan hubungi SBCF Office di 7502788, 7581337 untuk diaturkan waktu bertemu dengan Master Coach Margetty Herwin yang telah berpengalaman dalam mendampingi perusahaan korporasi tumbuh secara lebih terstruktur dan tersistemasi dengan bantuan Internal Coach Team dalam perusahaannya.

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “SUCCESS STEPS to GET CORPORATE TARGET

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: