oleh:

MARGETTY HERWIN
Master Coach of:
Money & Life Coach
Business & Executive Coach
Time Line Therapy & Hyphnoterapist
Green Belt Six Sigma Coach
Milton Erickson Coach

Strategyzer Master BMG

Graphologyst

Menjadi Sukses mungkin bagi sebagian orang adalah tujuan dalam kehidupannya. Namun untuk bidang yang ingin dicapai dengan kesuksesan itu dapat berbeda-beda sesuai dengan apa yang menjadi motivasi atau hal yang dianggap penting bagi orang tersebut. Ada yang ingin sukses di bisnis, keluarga, hubungan, spiritual, kesehatan, karir, atau pengembangan diri. Anda dapat memperoleh salah satu, beberapa bagian atau bahkan semuanya Anda bisa dapat.

Bagaimana jika Anda bisa mendapatkan semuanya?

Apakah tertarik untuk mengetahui caranya?

Apakah Anda memiliki keyakinan bahwa Anda dapat memiliki semuanya?

Apakah Anda tertarik untuk membaca tulisan saya ini agar dapat memperoleh kesuksesan yang Anda inginkan?

 

1.Tentukanlah Tujuan Akhir Kehidupan Anda.

Pada awal saya kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta, saya masih tidak mengetahui apa karir ataupun profesi yang dapat membuat saya sukses, bahagia, kaya raya dan makmur seperti keinginan banyak orang di sekitar saya. Yang saya ketahui, orang sukses di sekitar saya adalah yang menjadi Dokter, Pengacara, Politikus, Ahli Ekonomi, Pejabat Negara, Polisi, Tentara dan Insinyur Mesin maupun Teknik.

Dari awal saya memulai karir saya di dunia kerja sampai ke bisnis, hanya satu hal yang saya masih ingat, yaitu saya ingin menjadi manfaat bagi banyak orang di sekitar saya. Hal itulah yang ternyata membawa saya sampai pada titik karir dan bisnis saya saat ini.

Memulai karir saya di umur 21 tahun sebagai seorang pekerja di bidang percetakan, dengan gaji yang hanya cukup untuk diri saya sendiri, adalah suatu kondisi yang sangat menantang bagi saya untuk menunjukkan kepada orang di sekitar saya, bahwa saya bisa SUKSES. Tantangan terberat yang saya alami di awal memulai karir kerja, yaitu dengan meninggalnya ayahanda tercinta di umur saya 23 tahun, dan harus menjadi tulang punggung keluarga untuk membiayai ibunda dan 2 adik saya yang masih di bangku sekolah.

Saya adalah seorang atlit basket junior nasional yang telah terlatih untuk tetap maju dan tegar menghadapi apapun tantangan yang diberikan. Sejak saat itu saya menambah aktifitas kerja saya untuk beberapa bidang agar saya bisa mendapatkan uang lebih. Saya bekerja sebagai seorang Designer Graphics di satu waktu, di waktu yang lain saya mengajar komputer grafis, menjadi Freelance Designer bagi pekerjaan design grafis dan juga menjadi Pelatih Basket untuk perusahaan yang memiliki tim basket. Di samping kegiatan tersebut, saya juga meneruskan kuliah saya untuk mendapatkan gelar Sarjana saya. Otomatis pada kondisi seperti itu saya hanya tidur selama 4 jam dalam 1 hari, yang telah menjadi hal biasa bagi saya sampai saat ini.

Sebagian orang mungkin akan mengatakan bahwa hal tersebut sebagai sebuah cobaan yang berat bagi kehidupan saya. Tetapi saat ini, setelah saya menjadi seorang Business Coach Profesional, saya menyadari bahwa dalam kondisi tersebut justru Tuhan sedang mengajarkan kepada saya dengan kuasanya, sebuah kesempatan untuk dapat melatih diri menuju kesempatan yang lebih besar dalam perjalanan kehidupan.

Dan dengan melihat keadaan tersebutlah saya menetapkan Visi diri pribadi saya dalam kehidupan untuk “Menciptakan Kemakmuran, Kelimpahan, dengan Nilai-nilai Kehidupan yang baik serta Kinerja yang Hebat melalui Metodologi Coaching,…”

 

 2. Ambilah Keputusan Tepat untuk Kesuksesan

Dalam menjalankan Kehidupan dengan profesi yang beragam, saya banyak mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam kehidupan. Dimulai dari sebagai pekerja percetakan yang lalu berpindah bekerja menjadi Graphic Designer sebuah Perusahaan Televisi Swasta selama 12 tahun, yang juga dalam waktu yang sama menjadi pengajar di sebuah perguruan tinggi negeri sebagai staf pengajar tetap dan menjadi pegawai negeri. Dalam kurun waktu tersebut, saya juga membangun bisnis pribadi saya menjadi Freelance Graphic Designer untuk mengerjakan pekerjaan promosi dan cetakan bagi sejumlah perusahaan, yang akhirnya saya dapat membuat sebuah perusahaan Graphic Designer dengan memiliki beberapa karyawan yang saya gaji untuk membantu saya. Semua orang yang mendengar cerita saya tersebut mengatakan LUAR BIASA. Semua hal tersebut dilakukan oleh saya dengan tekun, disiplin dan penuh tanggung jawab dengan tujuan untuk bisa terus menjalankan kehidupan dan mendapatkan impian saya.

Dalam kondisi inilah, pada tahun 2008, saya bertemu dengan sebuah Perusahaan Franchise Business Coaching International, yang pada saat itu merupakan satu-satunya Perusahaan Coaching di Indonesia yang banyak membantu pebisnis dan perusahaan korporasi bertumbuh menjadi sangat besar dan cepat, bahkan ada yang tumbuh hingga 5400 persen omsetnya dengan metodologi coaching yang diterapkannya.

Penjelasan tentang Metodologi Coaching oleh seorang Coach dalam sebuah seminar yang saya hadiri di Perusahaan Coaching tersebut, yang membuat saya tertarik dan langsung mengambil keputusan untuk menjadi seorang Business Coach Professional. Tidak gampang membuat keputusan untuk menjadi seorang Coach, dimana saya harus mempersiapkan Nilai, Mental dan Pengetahuan untuk dapat menjalankan profesi coach tersebut, disamping juga harus mempersiapkan sejumlah investasi uang yang lumayan fantastis besar untuk ambil program pelatihan dan mentoring ini.

Keputusan saya sudah bulat untuk ambil sertifikasi menjadi Business Coach, dan saya menjaminkan beberapa Asset pribadi saya untuk dapat memenuhi nilai investasi yang diperlukan. Semua orang di sekitar saya tidak ada yang setuju dengan keputusan tersebut, dimana yang paling beresiko adalah dengan berpindah profesi, yang berbeda dengan yang dilakukan selama ini dan meninggalkan semua profesi lama saya untuk dapat fokus di profesi yang baru ini..

Saya yakin dengan keputusan saya, dan istri saya mendukung untuk keputusan tersebut. Karena menurut saya, kehidupan yang saya alami di masa lalu dalam menuju cita-cita sudah cukup membuat motivasi dan pelajaran yang berharga untuk menjadi seorang Business Coach yang hebat.

Saya benar-benar mengambil kesempatan ini, karena saya yakin kesempatan tidak akan datang dua kali dalam kehidupan.

3. Buatlah Perencanaan yang Matang

Keputusan telah diambil, dan semua proses persiapan untuk memulai sebuah Identitas baru bagi saya menjadi seorang Business Coach saya lakukan.

“Mengapa menjadi seorang Business Coach bukan hanya sebuah Profesi, tetapi sebuah IDENTITAS bagi saya?”

Proses yang membawa saya sampai kepada sebuah keputusan untuk menjadi seorang Business Coach professional, memberikan pelajaran yang sangat menginspirasi bagi diri saya pribadi dan membuat keyakinan yang luar biasa untuk menjalankan profesi Coach tersebut. Proses tersebut bagi saya adalah proses pembentukan Identitas Diri untuk menjadi Coach yang Profesional.

“Jika Anda menjadikan Profesi Anda adalah Identitas bagi diri Anda, maka siapapun orang yang berhubungan dengan Anda akan merasakan manfaat dan nilai yang berbeda jika hanya ditangani oleh seorang Professional di bidang pekerjaan Anda,…!” 

Perencanaan matang yang saya buat dimulai dari pembentukan Identitas, Values, Keyakinan, Keahlian dan Pengetahuan, serta proses Pelatihan yang terencana yang saya akan lakukan dalam proses menjadi seorang Business Coach Professional sesuai keinginan saya.

4. Jalankan Rencana Anda dengan Konsisten

Catatan perencanaan sejak awal saya memulai proses belajar, magang, training dan program sertifikasi penunjang untuk menjadi Coach masih tersimpan dalam folder komputer saya sampai saat ini. Catatan tersebut merupakan sebuah bukti bahwa step by step proses dari tahapan kecil menjadi tahapan besar dapat dicapai dengan konsistensi yang disiplin dilakukan untuk sebuah harapan pencapaian cita-cita dan impian yang besar.

Mulailah untuk menuliskan tujuan besar Anda, dan turunkan menjadi tujuan-tujuan kecil, dan lengkapi dengan tahapan aktifitas kecil secara terstruktur dan terukur untuk dapat dilakukan secara bertahap.

Gambaran secara besarnya dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Tentukan IMPIAN
  2. Tetapkan TUJUAN
  3. Buat RENCANA
  4. Konsisten LAKUKAN rencana.

Dalam melakukan tahapan di atas tentunya tidak akan terlepas dari gangguan yang tiba-tiba muncul sehingga dapat menghambat semua perencanaan matang Anda. Solusinya mudah, jadikan sebuah keinginan yang besar bagi Anda untuk berubah, memiliki energi yang lebih besar dari hambatan atau tantangan yang muncul, sehingga fokus Anda hanya kepada apa yang dapat Anda lakukan untuk dapat hasil. Jauhkan pemikiran ataupun energi yang muncul yang sifatnya fokus kepada hal-hal yang tidak dapat dilakukan ataupun hambatan yang hanya terpikir saja, yang seakan-akan terjadi, padahal belum terjadi.

Demikian sedikit sharing dari pengalaman dan proses menuju kesuksesan yang terjadi dalam diri saya yang dapat dipraktekkan dan disesuaikan dengan kehidupan Anda masing-masing. Alhamdulillah beberapa keinginan saya sudah sebagian saya dapat capai sejak saya menjadi seorang Business Coach Professional. Dapatkan beberapa sharing dan cerita yang lain di blog saya www.coachmargetty.com.

Jika Anda merasa Korporasi Anda memerlukan seorang Business Coach, silakan hubungi SBCF Office di 7502788, 75816337 untuk diaturkan waktu bertemu dengan Master Coach Margetty Herwin yang telah berpengalaman dalam mendampingi UKM, Korporasi, Institusi dan Organisasi tumbuh secara lebih terstruktur dan tersistemasi .

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “COACH ADALAH SEBUAH IDENTITAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: