Business Tips Coaching Stories Management & Control

SFA Steak & Resto Transformasi Visi Bisnis dengan Coaching


(Coach Getty Client Story)

Salam Sukses Luar Biasa para SMART Preneur,…!

Pada sharing pengalaman klien saya kali ini, ada beberapa hal penting yang akan saya sampaikan tentang sebuah Makna dari Tujuan besar sebuah Usaha dan Bisnis yang dijalankan.

Proses Transformasi Visi Bisnis ini dimulai dari sebuah keinginan untuk Sukses dan Maju seorang ibu pebisnis pemilik SFA Toserba dan Restoran dari Workshop bisnis yang saya lakukan pada tahun 2011 di SOLO.

Workshop Bisnis tentang “Mastering Your Life & Mastering Your Business” yang saya adakan di Solo dengan target 30-50 peserta hanya dihadiri oleh tidak lebih hanya 10-15 peserta saja. Karena memang training atau workshop yang saya lakukan tergolong Mahal Investasinya bagi warga Solo dan sekitarnya, yang untuk 2 hari Workshop adalah sekitar Rp 1,5-2 Juta. Banyak pebinis yang berpikir terhadap Mahal dan Murah sebuah Seminar & Training, tetapi sedikit yang menilai dari manfaat ataupun hasil yang akan mereka miliki setelah ikut seminar atau training tersebut.

Walaupun workshop yang saya lakukan ini tidak memberi keuntungan bagi saya dan penyelenggara, tetapi saya tetap melakukannya dengan semangat ingin berbagi untuk para pebisnis di sekitar SOLO. Proses pembelajaran dan pelatihan yang penuh dengan praktek dan diskusi, serta pemanfaatan metode bisnis yang Fun dan Inspiratif, ternyata dapat dengan mudah dipahami.

Saya mengatakan kepada para peserta bahwa:
“Hasil itu akan didapat dan terus akan berkembang, jika kita sukses untuk mengimplementasikan setiap rencana aksi yang akan kita lakukan secara konsisten dan disiplin,…!”

Seorang Pemilik Bisnis Toserba dan Restoran yang hadir pada saat itu sangat tertarik dengan metode pendampingan Coaching yang saya share, dan Seorang Ibu pemiliknya memutuskan untuk mengikuti program coaching yang secara sadar dia yakini tidak murah untuk investasinya.

Saya kutip percakapan awal yang terjadi antara Bu Tatik dengan Saya pada saat awal proses untuk menjadi Klien SBCF Business Coaching Program, sebagai berikut:

Bu Client:
“Coach Getty saya mau tahu,… Bagaimana caranya supaya usaha Toserba dan Restoran saya dapat ikut Program Business Coaching yang Coach Getty lakukan?”

Coach Getty:
“Kenapa ibu merasa Program Business Coaching yang saya lakukan sangat dibutuhkan oleh bisnis dan usaha ibu?”

Bu Client:
“Karena dengan metode Pendampingan dan klien itu sebagai subjek utama untuk proses Transformasi dan Perubahan di bisnisnya, yang saya dan team butuhkan saat ini Coach untuk tumbuh dan berkembang,…”

Coach Getty:
“Good bu,…! Apa sebenarnya Tantangan dan Masalah yang ibu hadapi saat ini?”

Bu Client:
“Saya memiliki Toserba 3 cabang dan Restoran 2 cabang di beberapa desa di Solo dan sekitarnya Coach,….”
“Keseluruhannya berjalan biasa saja, bahkan saya hampir tidak tahu bagaimana cara untuk mengembangkannya lebih besar lagi Coach,…?”
“Tantangan tentang Cashflow, Rasa Memiliki Karyawan yang kurang, Keuntungan sulit untuk dihitung, dan pelanggan kami seakan hanya rutin saja membeli dan berbelanja di toko dan restoran saya, tanpa punya hasrat untuk menjadi loyal dan pelanggan tetap di usaha kami,…”

(ini adalah foto SFA Toserba dan Steak pada tahun 2011, awal Coaching dimulai)

Coach Getty:
“Baik bu,… Boleh nggak saya tahu apa tujuan besar ibu dalam melakukan usaha dan bisnis?”

Bu Client:
“Ya untuk mendapatkan keuntungan dan hasil yang besar Coach,…”

Coach Getty:
“Apakah cukup dengan tujuan tersebut dan dapat menginspirasi serta membuat Team ibu bersemangat dan mau untuk lebih cepat lagi dalam tumbuh dan berkembang dengan SFA Toserba dan Restoran?”

Bu Client:
“Saya nggak paham Coach apa maksudnya,…?”

Coach Getty:
“Baik bu,…. Begini,… Apakah untuk maju dan berkembang menurut ibu harus secara bersama menyepakati Tujuan Besar dan menselaraskan semua Nilai-Nilai yang ada dalam Internal Karyawan dengan pemilik bisnis,…?”

Bu Client:
“Oh jelas Coach,… Hal itu menurut saya penting,… Tapi saya tidak tahu dari mana saya akan memulai,….?”

Coach Getty:
“OK,…! Di dalam Coaching Program hal itu akan dilakukan terlebih dahulu, dimana ibu dan team akan bersama-sama menentukan Visi, Misi dan Values dalam bisnis, yang selanjutnya akan dapat diturunkan dalam bentuk Strategi, Action Plan, dan Implementasi yang terstruktur”
“Dan semua itu akan dilakukan oleh Ibu dan Team dengan terus mengembangkan dari Protensi Internal yang dimiliki, dan didampingi dengan Metodologi Coaching untuk bisnis oleh Saya sebagai Business Coach ibu,…!”
” Jadi apa Tujuan besar ibu, yang akan menjadi Visi di bisnis ibu,…?”

Bu Client:
“Saya ingin menciptakan Kesejahteraan bersama, yang dapat dinikmati oleh Saya, Karyawan saya dan Semua orang di Lingkungan sekitar saya Coach,…!”

Coach Getty:
“Luar Biasa bu,…! Itu hal yang sangat mulia dan Insya Allah ibu akan mewujudkannya,…!”
“Kita akan memulai program Coaching bulan depan, saya akan ke Solo 1 kali dalam 1 bulan, dan 1 kali dengan Skype secara online dalam mendampingi ibu dan team,…”
“Apakah ibu siap untuk memulainya,..?

Bu Client:
“Siap Coach,…! Terima kasih telah mau mendampingi kami,…!”

Kutipan di atas adalah kejadian 5 tahun lalu, yang saya akhirnya mendampingi Pebisnis dan Team Usahanya selama 2 tahun,…. Sang Pemiliki Bisnis dan Team SFA nya bekerja sangat Disiplin, Tekun, Amanah, dan Konsisten dalam melaksanakan Implementasi dari Coaching Program yang dilakukan. Mereka tidak pernah memasalahkan keterbatasan mereka yang hanya rata-rata tamat Sekolah Dasar saja, untuk tetap belajar dan berlatih untuk mencapai kesuksesan.

Mentransformasi Tujuan bisnis yang hanya sekedar mencari pendapatan Uang, menjadi sebuah usaha yang memiliki Misi menciptakan Kesejahteraan bagi Lingkungan sekitar ternyata jauh lebih bermakna dan menginspirasi,…!

Foto di bawah ini adalah kondisi dari bisnis Restoran tersebut yang telah dapat diteruskan oleh Anak-anaknya sehingga menjadi bisnis yang sangat besar dan tumbuh Ribuan Persen dari sebelumnya.

Saat ini bisnis Restoran ini telah tumbuh Luar biasa bukan hanya dari jumlah Omset/Revenue yang diperoleh, tetapi telah banyak membuka cabang Restoran “SFA STEAK & RESTO” di beberapa kota di sekitar Solo, dan hampir seluruhnya ramai dengan pengunjung.

Investasi yang dikeluarkannya pada saat memulai Coaching Program, saat ini telah membuahkan hasil yang luar biasa,…!

Saya sebagai Coach sangat bangga dan bersyukur, bahwa Pebisnis dan Team telah mendapatkan hasil bagi kehidupan, keluarga dan seluruh teamnya untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Ada beberapa tips di bawah ini yang dapat Anda implementasikan agar Anda dapat mencapai kesuksesan Anda:

  1. Ciptakanlah Visi, Misi dan Values di binis yang menginspirasi Anda dan Team.
  2. Tentukanlah SMART Goals yang terstruktur untuk Anda dapat mencapainya.
  3. Buatlah Struktur Organisasi Bisnis, dengan pembagian Tugas Kerja dan Ukuran yang jelas dalam setiap fungsi kerja.
  4. Aturlah Manajemen Sistem kerja dan proses pelaksanaannya dengan jelas dan mudah dipahami.
  5. Carilah Seorang Business Coach yang telah terbukti memiliki Metode Implementasi dalam mendampingi Pebisnis dan tersertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Coaching Internasional yang jelas.

Demikian sharing dari pengalaman pertumbuhan klien saya yang mudah-mudahan dapat  diambil pelajarannya untuk bisnis Anda.

Silakan hubungi 7502788, atau 75816337 untuk dapat diatur pertemuan dalam sebuah Free Coaching Session dengan Coach Margetty, agar bisnis Anda dapat tumbuh dengan Luar Biasa.

Great Success

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

1 comment on “SFA Steak & Resto Transformasi Visi Bisnis dengan Coaching

  1. Pingback: Siapa Client Ideal Seorang Business Coach? – Smart Business Coaching Firm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: