Selamat untuk Tumbuh dan Berkembang para SMARTpreneur,…!

Mengapa Motivasi itu penting dan perlu bagi Anda?
Apakah Anda perlu Motivasi dari Internal atau Eksternal diri Anda? Mana yang lebih efektif?
Apakah Anda saat ini mengetahui hal yang membuat Motivasi tumbuh dalam diri?
Apa yang Anda lakukan saat ini untuk memiliki Motivasi yang besar?

Menarik memang kalau kita bicara tentang Motivasi diri,…!

Sebagian dari Anda mencarinya dengan datang ke acara-acara atau seminar Motivasi yang sering dilakukan oleh motivator-motivator top dunia atau di Indonesia. Sebagian lagi sangat merasa cukup punya motivasi dalam diri, sehingga tidak pernah mau hadir dalam seminar, training atau workshop yang berhubungan dengan motivasi, tetapi tetap tidak mendapat pertumbuhan dari segi karir, bisnis dan hasil yang didapat.

Darimana sebenarnya muncul Motivasi diri dan kemauan untuk tumbuh dan berkembang?

Saya pernah menulis dalam artikel sebelumnya tentang Formula untuk berubah menjadi yang lebih baik. Personal yang ingin berubah dan penuh Motivasi untuk menjadi lebih baik  adalah mereka yang memiliki KETIDAKPUASAN dalam kehidupan, baik dalam keluarga, karir dan bisnis yang mereka miliki saat ini. Jika Anda tidak memahami apa ketidakpuasan  yang Anda miliki dalam kehidupan, maka akan timbul kondisi nyaman yang secara tidak sadar membuat Anda tidak melakukan apa-apa untuk tumbuh dan berkembang.

Sebagian yang memiliki KETIDAKPUASAN, lebih berbahaya lagi jika mereka tidak paham atau tidak tahu apa hal yang membuat mereka menjadi PUAS.

“COMFORT ZONE” adalah istilah yang umum sering digunakan bagi orang yang tidak memerlukan MOTIVASI.

Bagaimana agar MOTIVASI tersebut timbul dari dalam diri Anda?

John M. Keller dalam bukunya “Motivational Design for Learning and Performance” menjelaskan tentang “Teori ARCS Model” yang dapat digunakan untuk membuat personal memiliki Motivasi yang kuat dalam dirinya.

Jika Anda adalah seorang Coach, Leader, atau seorang Motivator, model ini akan sangat membantu untuk membantu personal memiliki Motivasi diri dan tetap terjaga dalam mencapai target dan impiannya.

Apa dan bagaimana penerapan ARCS Model dalam kehidupan dan aktifitas Anda sehari-hari?

ARCS adalah sebuah singkatan dari Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction yang dapat dijadikan sebuah tahapan dalam membuat Motivasi tumbuh dalam hal Pertumbuhan dan Pembelajaran.

arcs-concepts

ATTENTION
Apakah Anda merasa hal yang Anda akan lakukan untuk tumbuh dan berkembang penting dan sangat dibutuhkan?
Apakah Anda merasa ilmu dan pengetahuan yang dipelajari sangat membantu Anda untuk tumbuh?
Jika Anda adalah seorang Coach, Trainer ataupun Motivator yang mendampingi personal untuk tumbuh, maka pastikan personal tersebut memiliki Attention yang kuat terhadap hal yang mereka ingin pelajari dan kembangkan dalam dirinya.
Anda dapat gunakan pertanyaan yang dapat menggali kebutuhan dan kepentingan personal untuk tumbuh an berkembang, perhatikan bagaimana respon mereka terhadap pertanyaan. Apakah level suaranya mantap, body language-nya terlihat mantap dan lingkungan sekitarnya pun mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan dirinya.

RELEVANCE
Apakah yang mereka ingin lakukan, pelajari atau kembangkan berhubungan dengan Goals dan tujuan yang diinginkan?
Apakah hasil dari perkembangan mereka juga berhubungan dengan kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan dalam bidang mereka saat ini?
Semua hal yang berhubungan dengan keinginan untuk berubah harus relevan, sehingga tidak menimbulak konflik di dalam diri mereka yang akan berpengaruh terhadap motivasinya dalam jangka panjang.

CONFIDENCE
Apakah Anda yakin dengan pertumbuhan bisa mencapai perubahan untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik?
Apakah Anda yakin kebutuhan lain yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang tersedia?
Apakah kesempatan yang ada untuk sukses, tumbuh dan berkembang sesuai prediksi dan perkiraan Anda?
Apakah Anda benar-benar sadar akan konsekwensi yang akan dihadapi dan manfaat yang diperoleh bagi diri Anda dengan perkembangan yang dilakukan?
Jika Anda membantu personal untuk percaya diri, maka pastikan mereka sadar benar akan manfaat untuk tumbuh bagi dirinya, jika harapan yang diinginkan tidak tercapai sesuai prediksi.

SATISFACTION
Apakah kepuasan dari hasil yang akan dicapai sesuai dengan yang diinginkan?
Apakah ilmu dan pengetahuan yang akan dipelajari akan sangat dibutuhkan sesuai kepuasaan dari hasil yang diperoleh?
Apakah konsekwensi dalam bentuk penghargaan, uang, jabatan dan tunjangan sesuai dengan keinginan, setelah ilmu dan pengetahuan yang dikembangkan dikuasai?
Faktor konfirmasi kepada personal terhadap tingkat kepuasan yang diperoleh akan menjadi penting, agar Motivasi yang ada, akan tetap konsisten dan dijaga untuk dapat tumbuh dan berkembang.

4 hal di atas lah yang banyak berpengaruh terhadap keinginan personal untuk tumbuh dan berkembang dalam mencapai impian besarnya.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana Coach Margetty membuat para pebisnis lain seperti Anda tumbuh luar biasa, bahkan bisa mencapai ribuan persen terhadap omset, kinerja team, peningkatan Value dan tertata sistem kerja, segera hubungi 7502788 atau 75816337 untuk diaturkan dalam FREE Coaching bagi bisnis Anda.

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “How to Motivate People to Growth & Learn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: