business Business Tips Coaching

Siapa Client Ideal Seorang Business Coach?


Semangat Luar Biasa SMARTpreneur Sukses Indonesia,…!

Beberapa Coach yang saya mentoring bertanya kepada saya tentang,…

“Siapa sih sebenarnya client Ideal seorang Business Coach?

Menarik dan akan sangat bermanfaat untuk disimak bagi Anda para Professional Coach dan seorang Pebisnis yang ingin berhasil dalam sebuah Program Business Coaching yang diikutinya,…

Coach Margetty (CM) :
Apa yang dimaksud dengan Client Ideal?

Mentee Coach (MC) :
Client yang cepat mendapatkan hasil, menjalankan setiap hasil dari coaching dan berpikiran positif dalam setiap sesi coaching yang dikutinya.

CM:
Menurut MC, apakah ada client yang seperti itu? atau Apakah MC belum mengetahui bagaimana menciptakan client coaching menjadi Client Ideal?

MC:
Nah hal tersebut yang saya ingin tahu,… Karena saya melihat client-client yang didampingi oleh CM bisa rata-rata di 2-3 tahun, bahkan ada yang sampai 9 tahun sampai saat ini,…???

CM:
Sesuatu hal yang menarik untuk dijawab,…
Coaching yang dilakukan adalah sesuatu pembahasan yang lebih dalam tentang TRUST & VALUE.
Seorang Professional Business Coach adalah seorang yang Independen yang mendampingi Pebisnis atas dasar kepercayaan dan tujuan jangka panjang yang dibuat oleh para pebisnis itu sendiri.
Jadi kondisi ideal yang terjadi adalah bukan dari pandangan Anda sebagai Coach, tetapi bagaimana para client tersebut menemukan kondisi ideal yang mereka inginkan yang membuat mereka merasa mendapat manfaat dari Business Coaching Program yang mereka ikuti,…!

MC:
Penjelasan yang menarik Coach,…!
Kenapa para Coach sulit untuk menemukan kondisi Ideal tersebut?

CM:
Coba perhatikan apa yang ada di pikiran Anda para Coach pada saat melakukan sesi coaching?
Apakah sesi coaching yang dilakukan adalah sesi yang Anda para Coach merasa sebagai Subjek dan client Anda adalah Objek?
Atau Anda para Coach selalu meletakkan Client Anda adalah Subjek dari setiap kondisi dan permasalahan yang mereka hadapi?

MC:
Saya kurang paham Coach, apa bedanya ya???

CM:
Nah ini permasalahannya,… Sesi Coaching bukanlah sesi untuk memberi pelajaran, bukanlah sebuah sesi untuk memperlihatkan Anda sebagai Coach yang tahu segalanya, yang mengakibatkan Anda lupa menggali potensi dari client untuk berlatih, berpikir dan muncul dengan ide-ide asli mereka.
Anda sebagai coach lebih banyak memberikan masukan, memberikan ide, mencoba mengajari dengan pengalaman Anda, sehingga melupakan pengalaman dari client Anda sendiri. Kondisi ini yang saya namakan Coach menjadi Subjek dalam sebuah Program Coaching.

MC:
Mengerti saya Coach,…! Jadi sudut pandang solusi diberikan dari pengalaman para Coach ya,…? Sehingga Coach menjadi terlalu banyak mengajari dan lupa menggali potensi dari client.
Jadi bagaimana tekniknya agar kami para Coach tidak terjebak dalam kondisi seperti itu?

CM:
Jadi ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan:

  1. Pastikan mereka memiliki AWARENESS untuk mengubah Pola Pikir, Pola Diri dan Pola Perilaku (Thinking, Being, Doing) yang mereka miliki saat ini untuk mendapatkan ide dan solusi dari sudut pandang yang berbeda untuk hasil yang lebih baik.
  2. Mereka merasa bahwa perubahan atau TRANSFORMASI tersebut dimulai dari diri mereka, bukan dari Coach yang mendampingi mereka.
  3. Semua hal yang mereka ingin capai adalah sebuah hal yang RELEVANT dan masuk akal bagi diri mereka dan bisnis mereka saat ini.
  4. BENEFIT dan hasil Coaching yang akan dicapai adalah untuk Jangka Panjang, bukan untuk kondisi jangka pendek.
  5. Mereka merasakan secara individu, kelompok dan perusahaan bahwa perubahan menjadi lebih baik adalah suatu hal yang sangat penting saat ini dan akan menimbulkan OWNERSHIP bagi semua anggota dalam perusahaan secara bersama.
  6. Pastikan semangat untuk LEARN & PRACTICE berasal dari client untuk secara maksimal menggunakan Ilmu dan Pengalaman mereka dalam setiap aktifitas kerja yang dilakukan. Para Coach dalam hal ini akan membantu melengkapi client dengan METHODOLOGY yang tepat dalam mengambangkan semua bagian dalam perusahaannya.

MC:
Wah ini hal yang baru saya dapat untuk membuat kondisi ideal dalam sebuah Program Business Coaching, yang juga dapat menciptakan hubungan partnership jangka panjang dengan para client untuk menjadi bagian mereka mencapai kesuksesan jangka panjang.
Terima kasih Coach Margetty, Sesi Mentoring Coach ini sangat membantu kami memahami bagaimana membuat client kami mendapatkan hasil dari Program Coaching yang mereka jalani.

Demikian sedikit sesi Mentoring dengan para Coaches saya di dalam SBCF Network, yang akan membantu Anda para Business Coach Professional dalam menjalankan sesi coaching Anda yang ideal.

Jika Anda para Certified Coach yang ingin didampingi oleh saya dalam Program Mentoring SBCF Professional Coach dalam SBCF Network, silakan email saya ke margetty@yahoo.com untuk mendapatkan penjelasan tentang bagaimana tahapan proses dan seleksinya. Karena kesempatan untuk berada dalam SBCF Network Associate Coach terbatas dan hanya dilakukan dalam waktu tertentu.

Dan jika Anda para Pebisnis yang ingin diCoaching oleh saya, silakan hubugi SBCF Office di 7502788 dan 75816337 untuk diaturkan waktu Free Business Diagnosis dengan Metode Coaching.

Great Success untuk Anda

 

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

1 comment on “Siapa Client Ideal Seorang Business Coach?

  1. Pingback: Siapa Client Ideal Seorang Business Coach? – Smart Business Coaching Firm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: