Coaching Management & Control Personal Development Sales

Creating Sales Warrior through Sales Coach


Salam sukses sejahtera SMARTpreneur Indonesia,…!

Dalam sebuah korporasi atau perusahaan yang memiliki target dan pasar yang luas, dapat dipastikan kebutuhan akan tenaga penjual atau yang lebih sering disebut “sales” menjadi sangat penting peranannya.

Sales yang berperan penting ini ternyata tidak banyak yang paham tentang cara menjual dan menjaga hubungan terhadap pelanggannya. Sekolah formil tentang sales pun tidak ada, karena cara dan teknik melakukan penjualan sepenuhnya didasarkan karena kepercayaan dan hubungan yang dibangun secara bertahap. Para sales sebagian besar memang bukan dari awalnya mendalami tentang cara menjual, latar belakang mereka sebagian besar tidak berhubungan dengan apa yang akan mereka jual. Dan yang lebih mengkhawatirkan lagi bahwa tidak ada tenaga penjual ini yang dari awal karirnya adalah memiliki cita-cita menjadi sales. Sebagian dari mereka menjadi sales karena sudah susah mencari pekerjaan yang mereka inginkan.

Dari kondisi di atas, saya akan bertanya beberapa hal penting, untuk Anda dapat melihat  apa yang sebenarnya terjadi dalam perusahaan dan korporasi Anda:

  1. Apakah Anda mempunyai program Sales Development dalam perusahaan Anda?
  2. Seperti apa program tersebut? Apakah fokusnya hanya melakukan Training tentang keilmuan dan keahlian saja? Bagaimana Anda mengetahui cara yang tepat menangani mereka untuk mengembangkan dengan program yang tepat?
  3. Apakah ada program pengembangan yang menyentuh dan fokus pada KNOWLEDGE, EXPERIENCE & METHODOLOGY?
  4. Bagaimana tentang Coaching terhadap Sales People untuk VALUE, PEOPLE & PROCESS yang sedang berjalan dalam perusahaan berdasarkan perencanaan bisnis yang dibuat?
  5. Siapa yang berperan untuk menjadi Coach dan Mentor bagi Sales People dalam perusahaan? Apakah hanya melakukan Coaching di waktu luang atau memang membuat perencanaan untuk waktunya tersedia dalam setiap minggu?

Jawaban terhadap 5 pertanyaan di atas akan menuntun Anda untuk memiliki program People Development dalam korporasi untuk meningkatkan Knowledge, Experience & Methodology. 

Jika sales tersebut kurang dalam hal pengetahuan (KNOWLEDGE), maka cara yang efektif adalah melakukan Training dengan kompetensi dan evaluasi yang jelas tahapan dan pembekalannya.

Jika yang minim adalah dalam pengalaman (EXPERIENCE), maka cara yang tepat adalah sales perlu di Mentoring dengan mentor ahli di bidang yang mau dikembangkan.

Jika metodologi berpikir dan inisiatif kerja yang kurang, maka sales people tersebut haruslah di Coaching oleh seorang Coach yang bersifat Independent, agar hasilnya dapat maksimal.

Apakah sudah perlu di dalam perusahaan Anda dibentuk Executive Coach?
Atau jika ingin bidang yang lebih spesifik maka Sales Coach menjadi sangat diperlukan.

Apa itu Sales Coach?
Sales Coach adalah seorang Coach untuk para sales yang bertujuan mendampingi dalam pengembangan, pembelajaran, dan peningkatan kinerja penjualan dengan fokus kepada peningkatan potensi diri sales untuk dapat meningkatkan nilai pejualan perusahaan.

Apakah Sales Coach dapat dibentuk dari seorang Sales Manager?
Dapat,…! tetapi secara umum dalam sebuah korporasi saat ini, sales manager memiliki keterbatasan waktu untuk meningkatkan penjualan jika harus berfungsi menjadi coach juga. Dan hal ini yang menjadi kendala yang terus terjadi dalam peningkatan kemampuan sales korporasi mereka.

Beberapa tantangan yang umum terjadi jika Sales Manager menjadi Sales Coach:

  1. Sales Manager terlalu sibuk
  2. Sales Manager tidak memiliki kemampuan dan keahlian untuk coaching
  3. Sales Manager kurang bisa Accountable untuk coaching
  4. Sales Manager tidak memiliki value dan karakteristik menjadi coach
  5. Sales Manager kadang juga menjadi “part of problem” dengan sales-nya

Dari 5 kondisi tantangan di atas banyak korporasi yang saat ini membentuk Sales Coach yang juga merupakan trainer internal mereka untuk menangani tentang Sales People Development dengan pembekalan teknik coaching.

SMART Business Coaching Firm melalui Master Coach Margetty Herwin yang telah mendampingi banyak korporasi dalam pembentukan Internal Executive Coach di beberapa perusahaan, melakukan program pendampingan untuk kompetensi para Trainer Perusahaan dalam menjadi Sales Coach.

Program Internal Sales Coach dalam korporasi ini berisi program mentoring dan pendampingan dengan metode coaching yang terdiri dari:

  1. Great Sales Coach Value & Competency
  2. Coaching Skills & Methodology
  3. How to handle Personal Character
  4. NLP Sales & Communication
  5. Sales Method through Coaching
  6. Step Sales Process Concepts
  7. Business Model & Value Proposition for Sales Tools

Teknik dan pengetahuan di atas diberikan dalam bentuk praktek dan diskusi secara aktif dalam bentuk pelatihan yang terstruktur dan tersistematis.

Apa saja yang mereka dapat dari Training Sales Coach ini dapat menyimaknya dari beberapa video di bawah ini:

Jika Anda membutuhkan penjelasan dari Master Coach Margetty Herwin membentuk Internal Coach atau Sales Coach dalam perusahaan Anda, silakan atur pertemuan dengan menghubungi +6221 7502788, 75816337 atau email ke coachmargetty@yahoo.com.

Anda akan mendapatkan gambaran strategi apa yang cocok bagi bisnis Anda untuk tumbuh dan berkembang dengan Metode Coaching dari Seminar, Workshop ataupun Training bagi Trainer Korporasi Anda.

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “Creating Sales Warrior through Sales Coach

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: