Business Methodology Coaching Methodology Personal Development Seminar & Event

Bersinergi dengan “Government Model Canvas” untuk Instansi Anda


Salam Sukses Sejahtera untuk Para Pejabat Publik dan Pemimpin Daerah yang mendapat amanah untuk melayani Masyarakat Indonesia menuju Makmur dan Sejahtera.

Dalam 10 tahun pengalaman saya mendampingi para pebisnis, eksekutif dan para pemimpin instansi pemerintah dengan metode coaching terus saya kembangkan.
Tools dan metode yang mudah untuk dapat dipelajari dan digunakan sebagai patokan dalam melakukan “Design Thinking” bagi semua team dalam organisasi saya kembangkan untuk dapat bersinergi.

Pada tahun 2016 lalu saya berkesempatan mendapatkan Masterclass Training dari Strategyzer yang menciptakan Business Model Canvas dengan foundernya Alexander Osterwalder, yang mensertifikasi metode coaching saya untuk dapat membantu para Professional, Executive, dan Business Owner dalam mengembangkan model bisnisnya dan strateginya dengan tahapan yang terstruktur sesuai standard Strategyzer Academy.

Di blog saya ini Anda dapat mempelajari beberapa Design Thinking Tools yang telah saya jabarkan seperti Business Model Canvas, Value Proposition Design, Idea Generation Canvas, dan Product Design Canvas.

https://coachmargetty.com/2018/01/29/proses-product-management-dengan-business-model-canvas/

Dan pada tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan suatu turunan Design Thinking Tools yang saya kembangkan dari Model Bisnis Strategyzer menjadi “Government Model Canvas” yang akan sangat berguna bagi Anda yang ada di dunia pemerintahan untuk dapat bersinergi dengan frame yang sama untuk implementasi perencanaan dalam mencapai target yang dinginkan dari pelayanan maupun realisasi kebijakan publik.

Government-model-canvas

Government Model Canvas ini telah digunakan dalam berdiskusi dan bersinergi di lingkungan beberapa Instansi dan Pemerintahan yang saya dampingi untuk mereka memiliki frame dan patokan dalam melaksanakan kebijakan pemerintah dalam sudut pandang 9 elemen penting yang ada di Government Model Canvas ini.
Cara diskusi sangat mudah, hanya dengan menggunakan Post-It dan secara bersama melengkapi masing-masing untuk saling berkoordinasi.

https://coachmargetty.com/2018/01/29/model-pemerintahan-daerah-yang-sinergi-jelang-pilkada/

Saya akan jelaskan di bawah ini 9 elemen penting yang harus mendapatkan perhatian dalam bersinergi untuk implementasi kebijakan dan pelayanan terhadap publik.

  1. Public Segments – Elemen ini adalah tentang siapa saja yang menjadi segmen yang dituju oleh pemerintahan dalam pembuatan kebijakan dan pelayanan, agar mereka dapat merasakan nilai-nilai yang diberikan oleh instansi atau organisasi yang kita pimpin. Contohnya adalah Masyarakat Umum, UKM Wilayah, Pengusaha Lokal, Lembaga penunjang, Pegawai Pemerintahan, dan segment lainnya.
  2. Government Values – Adalah nilai-nilai yang kita sepakati untuk diberikan kepada setiap Public Segmen agar proses pemerintahan sukses dan mencapai target yang ditetapkan dan diinginkan. Contohnya adalah Service Excelence, Good Governance, Pelayanan Satu Atap, Kenyamanan Fasilitas Umum, Kelengkapan Informasi Pubilk, Kecepatan Pengurusan Izin, dan values lainnya yang ingin diberikan.
  3. Government Channels – Adalah channel atau saluran yang diperlukan oleh Instansi Pemerintahan untuk dapat memberikan Values ke Segmen Publik yang dituju. Channel sangat diperlukan untuk mengetahui strategi jitu yang dibutuhkan agar selalu konsisten dalam melayani publik. Contoh dari Channel adalah Website resmi pemerintah, Kantor Pelayanan, Email Instansi, Informasi pengaduan, dan channel lainnya yang digunakan untuk memberikan values ke publik.
  4. Goverment Relationship – Adalah Strategi dan Team pelaksana yang akan ditetapkan atau disepakati agar Government Channel lancar dalam implementasi strateginya. Contohnya adalah Public Relationship dari Instansi, IT Team, Pemimpin Instansi, dan semua bagian yang bertugas menjadi relsi ke publik.
  5. Government Income/Source – Adalah sumber pendanaan atau pemasukan yang disepakati atau ditetapkan oleh Instansi untuk dikelola atau dicapai target pendapatannya. Contohnya adalah, Anggaran Dana Instansi, Pemasukan Pendapatan Daerah, Pengelolaan Asset Instansi dan sumber pendapatan lain yang ditetapkan untuk Instansi memiliki source terhadap keuangan yang dikelola.
  6. Government Key Resource – Adalah sumber daya kunci yang dibutuhkan oleh Instansi untuk dapat menjalankan aktifitas instansi. Contoh Key Resource adalah Sumber Daya Manusia, Kebijakan Pemerintah, Aturan Instansi, Management Support dan semua sumber penting yang harus dimiliki oleh Instansi.
  7. Government Key Activities – Adalah aktifitas kunci yang harus dilakukan dan dipantau oleh Instansi agar berjalan sesuai rencana dan capai target yang ditetapkan. Contohnya adalah Pelayanan Inti Instansi, Sosialisasi Kebijakan, Pengelolaan Anggaran dan semua aktifitas penting Instansi yang wajib dilaksanakan dan dipantau pelaksanaannya.
  8. Government Key Partners – Adalah partner penting Instansi yang diperlukan untuk secara bersama dapat menjalankan fungsi instansi sesuai yang ditetapkan dan harus dijalankan dalam upaya melayani Public Segment. Contohnya adalah Instansi Terkait, Lembaga Keuangan Terkait, Lembaga Sertifikasi Terkait, Institusi Keamanan pendukung dan semua partner yang utama diperlukan dalam jalanakan tugas instansi.
  9. Government Budget Control – adalah bagian utama dari pengeluaran Instansi yang harus selalu mendapat pantauan ketat agar tidak membengkak dari anggaran yang ditetapkan. Contohnya Dana pelayanan Publik, Dana Perbaikan Infrastruktur, Dana Pengembangan Fasilitas Publik dan semua sumber pengeluaran yang diatur oleh instansi untuk dipantau.

Itulah 9 Elemen penting untuk dapat diketahui dari Government Model Canvas ini yang dapat dijadikan sebagai panduan besar dalam berdiskusi oleh para Top Pimpinan di Instansi Pemerintah yang mudah dan praktis untuk dapat diturunkan secara detil oleh bagian dalam instansi masing secara terstruktur dan tersistem dengan baik.

Strategi yang dibuat oleh Instansi akan mudah dikerucutkan sesuai diskusi dan tukar pikiran dari seluruh Pimpinan penting Instansi dan Sinergi dapat selalu dijalin dalam implementasinya.

Demikian sedikit penjelasan saya tentang Government Model Canvas yang dapat mempermudah implementasi secara sinergi. Silakan hubungi saya di email coachmargetty@yahoo.com untuk dapat penjelasan lebih detil tentang traning metode ini secara komprehensif untuk instansi Anda.

Atau silakan hubungi SBCF Office di 7502788 dan 75816337 untuk mengatur pertemuan dengan Coach Margetty Herwin.

Great Success

 

 

 

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “Bersinergi dengan “Government Model Canvas” untuk Instansi Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: