Business Methodology

Ciptakan SINERGI dalam Perusahaan dengan VISI dan GOALS yang jelas


Salam Sukses Sejahtera SMARTpreneur Indonesia,…!

Dalam artikel ini saya akan berbagi tentang pentingnya SINERGI dalam sebuah perusahaan untuk pencapaian TARGET dan TUJUAN perusahaan.

Sebelum saya menjelaskan tahapan untuk melakukan SINERGI dalam perusahaan Anda, saya akan bertanya beberapa hal di bawah ini:

  1. Apakah semua Team Bisnis Anda menyadari kemana arah TUJUAN BESAR   perusahaan?
  2. Apa MANFAAT atau VALUE besar yang diberikan kepada semua pelanggan Anda untuk membuat mereka setia dengan Produk dan Jasa Anda?
  3. Apakah GOALS yang ingin dicapai JELAS dan dapat dicapai dalam SISTEM yang TERSTRUKTUR?
  4. Apakah sudah ada KESEPAKATAN yang jelas diantara Manajemen, Team Kerja dan Pemilik Bisnis, terhadap Rules of The Games yang berhubungan dengan Gaji, Tunjangan, Insentif, Bonus, Reward, dan Punishment yang berlaku di perusahaan?
  5. Apakah pembagian Tanggung Jawab dan Wewenang kerja dalam perusahaan sudah jelas?

Jika ke-5 Pertanyaan tersebut di atas tidak dapat Anda jawab dengan lancar dan mudah, maka proses tahapan SINERGI yang akan dilakukan di bawah ini akan akan menjadi PENTING untuk dilakukan.

TAHAPAN 1:
Tetapkan VISION-MISSION-CULTURE Perusahaan Anda.

Pembuatan VISI dalam perusahaan haruslah dapat membuat ispirasi yang besar terhadap semua KARYAWAN yang ada di dalam perusahaan. Visi ini adalah sesuatu yang sifatnya sangat luas dan abstrak, serta kita juga tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk mencapainya. Bisa 100 tahun tercapainya, atau lebih dari waktu tersebut. Semangat yang ada untuk terus konsisten menjalankan usaha menjadi sesuatu yang terarah dan ketika mereka bisa mencapainya rasa BANGGA akan menyertainya.

Penetapan VISI yang akan dicapai juga perlu dilengkapi dengan menentukan MISI yang harus dijalankan. Karena MISI yang jelas dan kuat akan mempermudah dalam pencapaian VISI yang terukur dan menjadi cepat untuk diraih. MISI merupakan pekerjaan besar yang penting untuk pencapaian VISI besar perusahaan. Buatlah MISI besar perusahaan Anda, yang mencakup semua unsur yang dapat memberi manfaat lingkungan sekitar untuk secara bersama mencapai VISI.

Yang juga harus dilengkapi dalam tahap 1 ini adalah membuat CULTURE of COMPANY, yang akan membuat perusahaan Anda mempunyai batasan dari VALUE dan PERILAKU dalam menjalankan MISI perusahaan untuk mencapai VISI. Apa itu Culture? banyak yang secara umum menyebutnya BUDAYA. Sepakati Budaya Perusahaan yang akan selalu digunakan karyawan untuk pencapaian hasil dari setiap pekerjaan.

Contoh Vision-Mission-Culture SBCF:

TAHAPAN 2:
Tentukan BIG GOALS to ACTION Perusahaan Anda.

Pada tahapan kedua ini sudah lebih kepada penentuan TARGET BESAR yang ingin dicapai oleh Perusahaan agar semua unit kerja mengetahui apa yang harus mereka capai dalam periode tertentu. BIG GOALS biasanya bisa ditentukan dalam periode 3 bulan, 6 bulan atau 1 Tahun. Yang akan diturunkan dengan lebih spesifik di SMART GOALS yang berada di periode antara BIG GOALS yang ditetapkan tersebut. SMART GOALS sudah jelas nilai, angka dan waktu yang akan dicapai, sehingga lebih terlihat terukur dalam pencapaiannya.

Untuk melakukan ACTION ada dua bagian yang harus ditetapkan, yaitu STRATEGY dan ACTION STEPS. Strategy adalah sebuah metode atau cara dalam melakukan sebuah proses untuk bisa dicapai. Sedangkan ACTION STEPS adalah tahapan secara terstruktur yang harus dilakukan agar bisa efisien dan efektif.

Jadi dalam tahapan ini, proses yang terstruktur perlu ditetapkan dan dilakukan.

TAHAPAN 3:
Sepakati RULES OF THE GAME Dalam Implementasi Action Plan.

Apa saja yang perlu disepakati agar tahapan 1 dan 2 dapat berjalan dengan baik dan mencapai hasil maksimal yang diinginkan:

  1. Gaya Memimpin (Leadership Style)
  2. Prioritas Pekerjaan (Jobs Priority)
  3. Tanggung Jawab Kerja (Responsibility)
  4. Standard Pekerjaan (SOP Kerja)
  5. Suasana & Situasi Kerja (Environtment Condition)

Inilah 3 Tahapan penting yang bisa Anda lakukan dalam perusahaan agar SINERGI antar leaders dan unit kerja di perusahaan Anda bisa tercapai.

Silakan hubungi SBCF Office di 7502788-75816337 untuk dapat diaturkan dalam FREE Business Diagnosis bagi keberhasilan bisnis Anda.

Atau silakan isi Data di kolom bawah ini untuk dihubungi oleh Team kami.

 

Margetty Herwin is a Certified Master Coach in the field of Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach. He is also a Graphologist who has the ability to know a person's character through their handwriting. And the last one is a Master Trainer Business Model from Strategyzer. My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ "Creating 1 Million Billionaire in Indonesia" My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Mindful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “Ciptakan SINERGI dalam Perusahaan dengan VISI dan GOALS yang jelas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: