Salam Sukses Sejahtera SMARTpreneur Indonesia,…!

Saya yakin dengan pasti bahwa Pebisnis pernah mendengar tentang apa itu MARKETING MIX,…!

Tetapi pernahkah Metode ini Anda gunakan secara benar dalam bisnis Anda di era millenial saat ini?

Apakah Team Bisnis Anda yang berada di posisi penting dalam hal strategi dan kebijakan perusahaan, menggunakan konsep Marketing Mix dalam Strategi Marketing yang direncanakan dan dijalankannya?

Dalam tulisan saya sebelumnya juga telah dibahas tentang Konsep Marketing Mix 7Ps ini, yang juga dilengkapi dengan bagaimana memahami Target Market dan Proses untuk dapat diimplementasi dengan mudah strategi yang direncanakan di bagian marketing dan sales.

Pada artikel saya kali ini saya akan share tentang Bagaimana Strategi Marketing Mix di Era Milenial ini dapat membantu Pebisnis bersaing dan unggul dalam memberikan manfaat yang diinginkan oleh para pelanggannya.

4P-4C-4E
Source: STRATEGY + IDEA (Damrong Pinkoon)

1P-PRODUCT >> 1C-CUSTOMER >> 1E-EXPECTATION

Principles of Marketing by Prof. Philip Kotler telah sering kita dengar sebagai pencetus Metode 4P (Product, Price, Place, Promotion) dalam Ilmu Teori Marketing.  PRODUCT ditaruh di awal karena sangat berpengaruh langsung kepada hal terpenting dalam bisnis, untuk memenuhi KEBUTUHAN PELANGGAN, dan KEPUASAN PELANGGAN. 

Dan hal di atas akan membuat sebuah bisnis menjadi sangat detil dalam memilih jenis SEGMENTASI pelanggannya di pasar. Dengan membagi segmentasi yang lebih detil, maka para pebisnis akan dapat membuat TARGETING & POSITIONING produknya menjadi lebih terukur dan terstruktur. PRODUCT CONCEPT akan tercipta dan menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

PRODUCT CONCEPT yang dibuat haruslah merupakan CUSTOMER SOLUTION yang akan memenuhi CUSTOMER EXPECTATION. Jika ketiga elemen penting ini dapat dianalisa secara jelas, maka  Pelanggan akan LOYAL dan memakai Produk Anda secara konsisten.

2P-PRICE >> 2C-COST >> 2E-EXCELLENCE

PRICE sangat penting untuk ditetapkan agar dapat dengan tepat dibandingkan antara Kebutuhan dengan Kemampuan Daya Beli Pelanggan. Harga yang ditetapkan haruslah juga merupakan hasil penghitungan yang tepat terhadap Biaya yang dikeluarkan dan keuntungan yang diinginkan. 

COST CONTROL di bidang produksi dan operasional haruslah diketahui oleh Team Marketing dan Sales agar mereka memiliki PRICE CONTROL, yang akan mengkontrol Harga Jual, Harga Diskon, Harga Dealer, Komisi Penjualan, dan Termin Pembayaran yang disepakati. Dan semua itu haruslah diatur dalam sebuah metode PRICE CONCEPT.

Jika Kualitas yang didapat oleh Pelanggan dirasakan sesuai dengan berapa jumlah harga yang harus mereka bayarkan, maka kondisi inilah yang dinamakan COMSUMER EXCELLENCE.

3P-PLACE >> 3C-CONVENIENCE >> 3E-EXPERIENCE

DISTRIBUTION CHANNELS dibutuhkan untuk cepat memenuhi Kebutuhan Pelanggan. Sehingga hal tersebut dapat segera mewujudkan Kepuasan Pelanggan dan Peningkatan Volume Penjualan dengan cepat.

PLACE yang tepat akan menumbuhkan Kenyamanan Pelanggan dalam berbelanja, yang menyangkut tentang strategi Pemilihan Lokasi Usaha atau Toko yang akan sangat mempengaruhi terhadap kondisi biaya TRANSPORTASI dan LOGISTIK yang terjadi dalam proses pemenuhan INVENTORY.

Jika hal tersebut di atas dapat terpenuhi maka CONSUMER EXPERIENCE dapat mempengaruhi para pelanggan utnuk melakukan bisnis jangka panjang dan menghasilkan profit yang signifikan.

4P-PROMOTION >> 4C-COMMUNICATION >> 4E-EMOTION

PROMOTION STRATEGY sangat diperlukan untuk membuat pelanggan melakukan pembelian terhadap produk. Jadi perlu Anda ketahui dengan pasti apa Kebutuhan Pelanggan yang sangat penting untuk membuat mereka membeli produk Anda. Promosi terhadap produk dapat berbeda, tergantung channel distribusi yang digunakan.

Gunakanlah SALES PROMOTION untuk membuat prospek di bisnis Anda membeli Produk yang Anda tawarkan. Biasanya promosi penjualan dilakukan dalam periode atau masa tertentu, seperti pertengahan tahun atau akhir tahun. Strategi Promosi Penjualan ini bisa menggunakan jasa Advertising atau PR Agency yang dapat melakukan Penjualan Langsung melalui media offline atau online.

Pastikan Strategy Promosi yang digunakan dapat menggugah EMOTION dari para calon pembeli untuk dapat segera memutuskan TAKE ACTION dalam melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan.

Demikian sharing saya dalam menggunakan Metode 4P-4C-4E Marketing Mix di era Millenial seperti saat ini dan dapat segera diimplementasikan di bisnis Anda untuk mencapai Target yang diinginkan di tahun ini.

Silahkan untuk menghubungi Telp 7502788 dan 75816337 untuk diaturkan waktu dengan Master Coach Margetty Herwin dalam sesi FREE Business Diagnosa untuk Anda mengetahui manfaat Program Business Coaching bagi kemajuan dan kesuksesan bisnis Anda.

Margetty Herwin is a Certified Master Coach of: 1. Life Coach, 2. Executive Coach, 3. Business and Money Coach, 4. NLP Coach & Time Line Therapy, 5. Green Belt Six Sigma Coach. 6. Master Trainer STRATEGYZER Business Model 7. Graphology My Vision: Wealth, Abundance and High Performance through Coaching My Mission: "Making Many People Happier, Wealthy and Abundance in life and business, with Coaching and Business Re-education “ My Positive Value and Culture: 1. Success 2. Meaningful 3. Accountable 4. Result Oriented 5. Trust

0 comments on “Marketing Mix Method in Millenial Era

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: