Top Articles

Change Management dengan Strategi Human Resource – New Normal

Salam Sehat, Sukses dan Sejahtera SMARTpreneur Indonesia,…

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang Metodologi Change Management yang saya dapatkan dari Buku “I LOVE HR” karangan Christian Siboro, seorang pakar di bidang SDM dan Organisasi.

Salah satu Topik yang menarik dalam buku tersebut adalah tentang bagaimana Anda dapat melakukan Change Management dalam bisnis Anda dengan membenahi dan membereskan Struktur HR Management Development dengan Strategi yang tepat.

Dalam menghadapi kondisi New Normal ke depan yang serba berbeda, para Pemilik Bisnis dan Top Level Executive perusahaan korporasi  akan sangat memerlukan pembenahan HR Management yang terstruktur dan tersistem agar dapat bertahan dan berkembang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya.

Christian Siboro

Pakar SDM & Organisasi

Dalam Info Graphic di atas ada beberapa bagian penting yang harus Anda perhatikan dalam melakukan Change Management dengan HR Development Strategy untuk membangun Human Capital Management:

  1. Fondasi High Level Infrastructure yang kuat
  2. Alignment JOB & PEOPLE untuk KINERJA yang diharapkan.
  3. 5 Elemen Pengelolaan SDM yang harus ditentukan dan dikembangkan untuk dapat mencapai STRATEGIC OBJECTIVE Perusahaan dalam jangka panjang dengan HASIL KINERJA SDM yang tepat dan terukur.

Silakan disimak keterangan di bawah ini tentang penjelasan singkat bagaimana Anda melakukan Change Management dengan HR Strategy dari buku I Love HR yang saya terapkan dengan pendekatan Business Coaching Program dengan beberapa Klien Korporasi saya. 

 

1. Fondasi High Level Infrastructure yang Kuat

Untuk menselaraskan Fungsi Jabatan dan People yang ada dalam perusahaan diperlukan sebuah proses Alignment yang melibatkan semua peran dan jabatan penting yang ada dalam perusahaan. 

Sejak tahun 2008, saya menjadi seorang Certified Business Coach Professional yang membantu para pemilik bisnis untuk membangun bisnisnya dengan selalu mengawali proses Value Alignment Camp untuk dapat menyatukan pemahaman bersama tentang Visi, Misi, Company Culture dan proses implementasi Big Strategy perusahaan untuk dapat dijalankan dengan terstruktur dan tersistem.

Pemahaman bersama dan proses menselaraskan apa yang menjadi Tujuan Besar Perusahaan ke depan akan dapat menjadi fondasi yang kuat untuk semua orang yang ada dalam sebuah perusahaan menuju tujuan bersama.

Di beberapa tulisan di blog ini sebelumnya, saya banyak membahas tentang bagaimana pentingnya proses Value Alignment dalam perusahaan sebelum pemilik bisnis dapat membangun bisnisnya jauh lebih besar menuju masa depan.

2. Alignment JOB & PEOPLE untuk KINERJA Perusahaan

Simak Point di bawah ini yang menjadi proses Alignment Strategy oleh perusahaan sehingga tercapai keselarasan kerja dan kemampuan yang tepat terhadap pekerja yang menjalankan fungsi kerjanya:

  1. Buat Standard ukuran untuk Identifikasi Kesenjangan, seperti Peringkat Jabatan (Job Grade) dasarnya adalah Evaluasi Bobot Jabatan sesuai cakupan tanggung jawab yang ada dalam dokumen uraian jabatan sesuai analisa.
  2. Buat Peringkat Karyawan (Person Grade) dasarnya adalah Evaluasi Kompetensi berdasarkan kualifikasi personal sesuai model kompetensi yang ditetapkan.
  3. Semua fungsi kerja dan personal yang menjabatnya haruslah dapat Selaras dan Sinergi sesuai hirarki yang ditetapkan dalam Struktur Organisasi Perusahaan untuk kondisi wewenang dan tanggung jawab dalam pencapaian Visi dan Misi perusahaan yang dilingkupi Company Value yang kuat.

3. 5 Elemen penting untuk Pengelolaan SDM dalam Perusahaan

2 bagian di atas adalah proses yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menyamakan persepsi dan tujuan perusahaan secara bersama ke depan. 

  • Apakah Selaras saja sudah cukup?
  • Apakah dengan bersama melakukan Kesepakatan Tujuan dan Big Strategi Perusahaan secara berkala saja sudah bisa sukses untuk mengimpelementasikannya?
  • Bagaimana jika Anda sebagai Pimpinan atau Pemilik bisnis tetap tidak bisa mencapai Target besar Anda dan selalu menyalahkan faktor eksternal dari luar perusahaan yang menghambatnya?

Ingat,…! ada beberapa hal lagi yang sangat penting yang dapat Anda coba analisa dari Metode Change Management yang akan dilakukan selain menyatukan dan membuat keselarasan di atas:

  1. Apakah saat ini terjadi Kesenjangan Kualifikasi, Kesenjangan Kemampuan, dan Kesenjangan Kinerja dalam perusahaan Anda?
  2. Bagaimana dengan Proses Rekrutmen dan Seleksi dalam perusahaan Anda? Apa selalu dianalisa dan disesuaikan dengan perkembangan value dan kompetensi yang berkembang?
  3. Bagaimana Sistem Learning & Development terhadap seluruh karyawan dalam perusahaan? Apakah terstruktur dan tersistem dengan pola pembelajaran yang tertata dan terdokumentasi dengan baik serta dilengkapi dengan Tutorial Video atau digital Book maupun manual book?
  4. Bagaimana dengan Evaluasi Penilaian Kinerja Pimpinan dan Karyawan dalam perusahaan? Apakah ada laporan dan ukuran yang dapat dilihat setiap saat dan selalu tersedia untuk dianalisa kapan pun dibutuhkan?
  5. Bagaimana Konsep Penggajian, Bonus, Hukuman atau yang sering disebut Remuneration Management System dan Career Development yang dijalankan?

Jika dalam 5 hal di atas Anda belum lengkap memilikinya, atau sudah lama sekali Anda lupa mereviewnya, maka segeralah rapikan dan tetapkan untuk dapat kembali menjadi hal yang sangat penting untuk perusahaan Anda dapat tumbuh dan berkembang ke depan.

Dalam kondisi seperti saat ini, perusahaan yang siap dengan memiliki kelengkapan 5 hal tersebutlah yang bisa survive dan melakukan penyesuaian dengan cepat untuk menyelamatkan bisnisnya.

Carilah Professional Coach atau HR Consultant yang sangat expert dan tepat untuk membantu Anda merapikan kembali HR System & Strategy untuk melakukan Change Management bisnis Anda menuju masa depan.

Silakan hubungi saya di WA 0812 1145 540 untuk Anda bertanya atau diaturkan bertemu dengan saya FREE, agar bisnis Anda dapat didampingi untuk terus berkembang ke depan.

 

0 comments on “Change Management dengan Strategi Human Resource – New Normal

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Salam Sukses Sejahtera,...!
Apa hal yang saya dapat bantu?

Silakan Klik untuk Live Chat Via WA dengan Coach Margetty