22 Tahapan Proses Launching Produk Retail Sukses Dipasarkan

Re-blog from Indeed Editorial Team – 23 Februari 2021 | Diterbitkan 8 Desember 2020 – www.indeed.com

 

Jika Anda bersiap untuk meluncurkan produk baru, Anda harus menggunakan daftar periksa peluncuran produk untuk memastikan peluncuran berjalan semulus mungkin.

Checklist launching produk sangat berharga karena memastikan Anda mengingat setiap langkah penting selama proses. Meninjau daftar periksa peluncuran produk dapat membantu Anda membuatnya untuk tujuan Anda sendiri.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu daftar periksa peluncuran produk dan mengapa itu sangat penting, dan akan sharing daftar periksa serta kiat tambahan apa saja untuk membantu launching produk Anda berjalan lancar.

 

Apa itu Launching Checklist produk?

Daftar periksa peluncuran produk adalah daftar item tindakan yang perlu diselesaikan agar berhasil merilis produk baru kepada konsumen. Ini membantu Anda memikirkan langkah-langkah, proses, dan aset yang harus Anda dan tim selesaikan sebelum peluncuran produk apa pun.

 

Mengapa Launching Checklist produk penting?

Ada beberapa alasan mengapa daftar periksa peluncuran produk penting:

  • Memastikan Anda mengingat semuanya: Salah satu manfaat utama daftar periksa peluncuran produk adalah memastikan Anda mengingat setiap langkah penting dan setiap aset saat Anda sedang dalam proses merilis produk baru. Ini memudahkan untuk fokus pada tujuan Anda secara keseluruhan sambil tetap melacak detail utama.
  • Membantu Anda bersiap menghadapi situasi yang tidak terduga: Dengan menggunakan daftar periksa peluncuran produk, Anda sepenuhnya siap dan berada di posisi yang lebih baik untuk menangani situasi tak terduga yang dapat terjadi, termasuk kesalahan.
  • Memungkinkan kerja tim yang lebih baik: Karena seluruh tim memiliki akses ke daftar periksa peluncuran produk yang sama, ini membantu mereka bekerja sama dengan lebih kohesif. Setiap anggota tim tahu apa yang menjadi tanggung jawab mereka dalam daftar itu, serta apa yang menjadi tanggung jawab rekan satu tim mereka. Oleh karena itu, daftar periksa peluncuran produk dapat membantu mengurangi kemungkinan upaya duplikat.
  • Membuat tugas lebih mudah dikelola: Checklist peluncuran produk juga membagi tanggung jawab yang lebih besar menjadi tugas yang lebih mudah dikelola, sehingga lebih mudah untuk mendistribusikan tanggung jawab dalam grup.

Checklist Launching produk

Berikut adalah daftar periksa launching produk yang dapat Anda gunakan dalam bisnis Anda:

 

1. Lakukan Riset Pasar

Langkah pertama yang harus Anda ambil ketika meluncurkan sebuah produk adalah mempelajari apa yang memotivasi pelanggan Anda dan apa masalah yang mereka alami yang akan membuat mereka ingin mencari produk untuk menyelesaikannya. Informasi ini dapat membantu Anda mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Cara mudah untuk melakukan riset pasar adalah dengan menghubungi 10 hingga 15 pelanggan Anda saat ini atau calon pelanggan Anda. Saat Anda berbicara dengan mereka, tanyakan tentang titik nyeri yang mungkin mereka alami atau apakah ada produk yang mereka inginkan tersedia untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Jika mereka menyebutkan poin nyeri atau produk yang mereka inginkan tersedia, minta mereka untuk memberi Anda informasi yang lebih spesifik atau tambahan tentang itu.

Setelah selesai berbicara dengan pelanggan Anda saat ini atau calon pelanggan dan sepenuhnya memahami tantangan mereka, Anda kemudian dapat membuat persona pembeli, profil berbasis penelitian yang menggambarkan pembeli target untuk produk yang akan Anda luncurkan.

 

2. Buat Pernyataan Positioning Anda

Langkah selanjutnya yang perlu Anda ambil adalah membuat pernyataan positioning. Pernyataan Anda harus dapat menjelaskan untuk siapa produk tersebut, apa fungsinya dan mengapa produk tersebut berbeda dari produk lain yang ada di pasaran. Anda bahkan bisa masuk ke detail yang lebih besar dengan pernyataan pemosisian Anda, seperti menggambarkan audiens target Anda, menyebutkan kategori produk yang ada di dalam produk Anda atau bahkan menyertakan bukti bahwa produk Anda berbeda.

Gunakan TOWS Matrix – SWOT Analysis

 

3. Presentasikan ke para Stakeholders

Setelah mengembangkan pernyataan positioning yang kuat untuk produk baru Anda, Anda perlu mempresentasikannya kepada pemangku kepentingan utama dalam perusahaan Anda, seperti eksekutif, manajer, atau bahkan tim pengembangan produk Anda yang bertanggung jawab untuk menciptakan produk yang ingin Anda tawarkan kepada pelanggan. Jika pemangku kepentingan utama dan karyawan di tim Anda menyukai ide produk, itu pertanda baik bahwa suatu produk akan diterima dengan baik oleh konsumen.

 

4. Kembangkan Strategi masuk ke Pasar

Setelah Anda mendapatkan dukungan dari tim dan pemangku kepentingan utama, langkah selanjutnya adalah mengembangkan strategi yang akan Anda gunakan saat meluncurkan dan mempromosikan produk baru. Teliti berbagai strategi masuk ke pasar, seperti strategi corong dan pendekatan roda gila. Saat Anda mengembangkan strategi, pikirkan jenis konten yang ingin Anda gunakan di setiap tahap proses pembelian, karena Anda perlu membuat konten sebelum peluncuran.

  

5. Kembangkan Media Plan

Sangat penting untuk memiliki rencana media sebelum peluncuran. Perencanaan media adalah proses mengidentifikasi bagaimana, di mana, dan kapan Anda akan berbagi media dengan audiens target Anda. Ingatlah bahwa Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk berhasil meluncurkan produk, jadi Anda perlu memanfaatkan semua buzz yang dapat Anda buat di sekitar peluncuran.

 

6. Tetapkan Pembagian Tugas untuk tim

Saat Anda mengembangkan strategi, penting untuk menetapkan tanggung jawab utama untuk setiap orang di tim Anda untuk memastikan semua orang tahu apa yang menjadi tanggung jawab mereka dan kapan mereka harus menyelesaikan tanggung jawab mereka. Menetapkan tanggung jawab khusus kepada anggota tim memastikan bahwa tidak ada upaya yang digandakan.

 

7. Pertimbangkan Sistem Bonus

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menawarkan bonus kepada orang-orang yang merupakan pengguna awal produk Anda. Penawaran khusus dapat membuat perbedaan besar dalam mendorong orang untuk mencoba produk Anda saat pertama kali diluncurkan. Jika Anda memang ingin menawarkan bonus khusus kepada pengguna awal, kenali bonus tersebut sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk membuatnya.

 

8. Pilih Hari untuk Launching

Sangat penting untuk memilih hari dan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk baru Anda. Pertama, pertimbangkan apakah bisnis itu musiman. Setelah itu, Anda harus memilih hari terbaik untuk peluncuran. Penelitian menunjukkan bahwa Selasa sering kali merupakan hari terbaik dalam seminggu untuk meluncurkan produk. Anda juga harus memilih jam yang tepat dalam sehari. Misalnya, Anda mungkin ingin memastikan seluruh tim Anda tersedia untuk menjawab panggilan, mengirimkan produk segera, atau menyelesaikan komplikasi tak terduga yang mungkin muncul.

 

9. Komunikasikan Detail Launching kepada Stakeholders

Penting untuk mengomunikasikan detail tentang peluncuran, seperti metode promosi Anda serta tanggal dan waktu peluncuran, kepada pemangku kepentingan utama. Jika Anda ingin mereka mengambil tindakan tertentu saat ini, seperti berbagi konten di media sosial atau mengirim email kepada pelanggan, Anda juga harus mengomunikasikan informasi ini dengan mereka.

 

10. Check dengan Tim Support Anda

Pastikan tim layanan pelanggan Anda mengetahui waktu dan tanggal peluncuran. Anda juga harus mengonfirmasi bahwa Anda memiliki dukungan untuk menangani peningkatan panggilan yang tiba-tiba dan bahwa tim layanan pelanggan memiliki pengetahuan tentang produk sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan pelanggan.

 

11. Tetapkan tujuan untuk Launching Anda

Sangat penting untuk menetapkan tujuan SMART untuk peluncuran, yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. Tujuan peluncuran produk Anda, misalnya, mungkin untuk membangun kesadaran, menciptakan penjualan, atau bahkan sekadar menetapkan nama baru untuk produk Anda.

Cek Artikel Big Goals Setting

 

12. Buat Konten Promosi

Setelah mengembangkan strategi dan mengidentifikasi tujuan Anda untuk peluncuran, Anda perlu membuat konten yang mendukung tujuan tersebut. Konten promosi Anda dapat mencakup posting blog, tutorial, halaman arahan dan gambar media sosial dan posting tertulis.

Cek Artikel Marketing Mix 4P

 

13. Buat Siaran Pers

Siaran pers adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian media dan menghasilkan buzz seputar peluncuran produk Anda yang akan datang. Namun, penting untuk diingat bahwa jurnalis menerima banyak sekali siaran pers setiap bulan, jadi kebutuhan Anda ditulis dengan cara yang akan menarik perhatian siapa pun yang melihatnya.

14. Jangkau Jurnalis Utama

Jika ada jurnalis kunci yang mungkin sangat tertarik dengan apa yang akan Anda luncurkan, kenali mereka, lalu hubungi dengan informasi tentang apa yang Anda luncurkan dan apa yang membuatnya unik. Pastikan untuk menyertakan informasi penting seperti waktu dan tanggal peluncuran.

 

15. Lakukan pengujian

Penting untuk meluangkan waktu menguji setidaknya beberapa hari sebelum peluncuran Anda. Beri diri Anda cukup waktu untuk pengujian sehingga jika Anda menemukan masalah, Anda dapat menyelesaikannya dengan baik sebelum peluncuran. Selain menguji produk itu sendiri, Anda juga harus menguji proses penambahan produk ke keranjang belanja dan melalui proses pembayaran. Tujuannya adalah untuk memiliki proses pembayaran yang semudah mungkin bagi calon pelanggan.

 

16. Luncurkan secara Internal

Cara yang bagus untuk menguji untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik adalah dengan meluncurkan produk Anda secara internal terlebih dahulu. Semakin banyak karyawan yang Anda miliki melalui proses checkout, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengidentifikasi masalah teknis.

 

17. Berkomunikasi secara Eksternal

Semakin banyak buzz yang dapat Anda buat pada hari peluncuran, semakin sukses. Karena alasan ini, Anda harus mempertimbangkan untuk menjangkau teman dan keluarga serta mendorong karyawan untuk membagikan peluncuran tersebut kepada teman dan keluarga mereka sendiri.

 

18. Libatkan Audiens Anda di Media Sosial

Anda harus mulai membuat buzz dengan audiens media sosial Anda sendiri sebelum peluncuran Anda. Misalnya, Anda bisa mulai membicarakan masalah yang dihadapi pelanggan Anda. Anda juga dapat mulai berbagi pos yang membicarakan tentang rilis mendatang dan membuat orang bersemangat tentang bagaimana hal itu akan meningkatkan kehidupan mereka.

 

19. Bersiaplah untuk Memenuhi Pesanan

Satu pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah apakah Anda siap memenuhi pesanan pelanggan jika permintaan tinggi. Sebelum Anda meluncurkan, pastikan Anda memiliki inventaris dan infrastruktur bisnis yang diperlukan untuk memenuhi permintaan pelanggan Anda. Anda juga harus memiliki rencana jika Anda kehabisan persediaan.

 

20. Kirim Siaran Pers Anda

Sebagai aturan umum, ada baiknya untuk mengeluarkan siaran pers tiga sampai lima hari sebelum Anda ingin liputan media muncul. Dengan menggunakan informasi ini, Anda dapat menentukan kapan tanggal terbaik untuk mendistribusikan siaran pers. Jika Anda menggunakan database pribadi Anda sendiri untuk mendistribusikan siaran pers, pastikan untuk kirim (Bcc) penerima.

 

21. Launching Produk Anda

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, saatnya meluncurkan produk Anda. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengintegrasikan diri Anda ke dalam tim layanan pelanggan pada saat peluncuran, menawarkan dukungan Anda kepada pelanggan awal tersebut secara pribadi. Ini dapat membantu Anda mendapatkan wawasan tentang reaksi pelanggan dan mempelajari pendapat mereka tentang produk dan peluncuran Anda. Ini juga menunjukkan kepada pengadopsi awal ini bahwa perusahaan Anda menghargai mereka dan pendapat mereka.

 

22. Evaluasi Hasilnya

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan saat meluncurkan produk adalah mengevaluasi hasil peluncuran setelahnya. Jika Anda menyadari bahwa Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan, Anda harus bersiap untuk membuat penyesuaian pada rencana Anda untuk meningkatkan hasil. Juga, evaluasi seberapa baik Anda mencapai tujuan yang Anda tetapkan untuk peluncuran. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan kesadaran dan Anda mencapainya, Anda berhasil, bahkan jika penjualan awal Anda rendah. Jika peluncuran Anda tidak memenuhi tujuan Anda, Anda mungkin ingin mengevaluasi strategi dan membuat penyesuaian untuk peluncuran produk di masa mendatang.

 

Kiat untuk Launching Produk yang Sukses

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kemungkinan peluncuran produk yang sukses:

  • Check-in dengan Stakeholders utama secara teratur untuk memberikan pembaruan tentang peluncuran dan memastikan semua pertanyaan dijawab.
  • Berkomunikasi secara teratur dengan tim produk Anda, karena mereka mungkin memiliki wawasan yang dapat memengaruhi strategi pemasaran Anda.
  • Fokuskan pesan pemasaran Anda pada bagaimana produk Anda dapat bermanfaat bagi pelanggan Anda.

Silakan hubungi WA SBCF Admin 08121145540, untuk diaturkan bertemu dengan saya dalam FREE Business Diagnosis untuk bisnis Anda tumbuh dan berkembang dengan pendampingan Business Coaching Program.

Leave a Reply

Open chat
1
Coach Admin Support
Salam Sukses Sejahtera,...!
Apa hal yang kami dapat bantu?

Silakan Klik untuk Live Chat Via WA dengan Business Development kami,...!