Industri Kecil Menengah Kota Sawahlunto Siap Tumbuh & Bersaing di Era New Normal

Salam Sukses Sejahtera untuk SMARTpreneur semua,…

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Sawahlunto melaksanakan pelatihan komunikasi publik bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), selama empat hari sejak Selasa 30 Mei 2022 sampai Kamis 02 Juni 2022 di Hotel Khas Ombilin Sawahlunto.

Pada kesempatan ini saya diundang sebagai pembicara di tanggal 30-31 Mei 2022, sebagai pembicara utama yang membawakan Materi “Membangun Komunikasi Publik dalam Mendukung Pariwisata bagi IKM Kota Sawahlunto di Era Industri 5.0”. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dari para pelaku UKM dalam memasarkan produk mereka, dan dapat untuk berkembang menuju Era Industri 5.0 ke depan.

“Banyak pelaku UMKM yang memiliki produk yang bagus dan berkualitas dan merupakan kreasi produk kearifan lokal, tetapi pemilik usahanya kurang memiliki pemahaman yang cukup untuk melakukan pemasaran dan mengkomunikasikannya ke pasar secara benar,…”
– Coach Margetty Herwin – 

Peserta yang hadir sekitar 60 orang dan relatif masih muda dan merupakan generasi penerus dari usaha yang telah dilakukan oleh keluarga mereka terdahulu. Semangat Generasi Millennial yang saat ini ada di Kota Sawahlunto dan sekitarnya akan sangat membantu Generasi Konvensional yang merintis usaha tersebut dari awal.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan Wakil Walikota Zohirin Sayuti sangat mendukung program pelatihan yang dilakukan ini, dan menyampaikan Pemkot berkomitmen dalam mendukung UKM Kota Sawahlunto, baik di sisi produksi maupun pemasaran.

Apa saja materi pelatihan berharga yang diberikan?

Bagian utama yang harus dipahami oleh para UKM di daerah, adalah bagaimana mereka membangun Identitas Usaha mereka agar mudah dikenal dan ditemukan di media online atau di lingkungan sekitar yang dekat daerah mereka saja dulu sebagai awal dari proses komunikasi dan publikasi.

1. Membangun Profil Usaha yang Kuat, Unik dan Bernilai adalah hal utama yang harus dilakukan untuk usaha tersebut mudah dikenali dan dipahami apa manfaat yang penting bagi siapapun pelanggan yang membutuhkannya. Menyiapkan Visi & Misi usaha yang kuat adalah suatu hal yang penting untuk segera dilakukan. Masukkan unsur tentang kreatifitas Kearifan Lokal dari budaya setempat, yang akan merupakan keunikan yang tidak akan disamai dengan produk yang sama dari daerah lain.

2. Pemahaman Karakter Pelanggan & Komunikasi Publik, hal ini akan sangat membantu para pelaku UKM di daerah untuk dapat memahami karakter pelanggan yang berbeda dan dapat menggunakan strategi yang tepat dalam melakukan strategi pemasaran dan penjualan yang cepat untuk peningkatan omset.

3. Strategi Komunikasi Pemasaran di Era Industri 5.0, strategi di era digital saat ini haruslah benar-benar dipahami dalam segi konteks dan konsep yang tepat untuk cepat menjaring calonpelanggan dan bahkan membuat pelanggan menjadi loyal. Jika cuma produk atau usaha UKM sekedar ada di online adalah mudah dan sudah biasa, tetapi metodologi menggunakan Tools Marketing Canvas Mix 4P akan menjadi hal unik dan baru untuk membuat konten digital online marketing maupun offline menjadi lebih powerful. Ini adalah salah satu tools yang membantu peserta untuk dapat membuat strategi marketing yang menarik. (Klik untuk mengetahui Materi Marketing Mix 4p)

4. Strategi Penjualan Efisien untuk Omset Meningkat 1000%, materi penutup di hari ke dua ini adalah tentang metodologi yang membantu untuk para peserta dapat mengimplementasikan seluruh strategi yang diberikan untuk mencapai peningkatan omset 1000%.
Apa hal yang membantu Omset meningkat?

  1. Perhatikan bagaimana para UKM meningkatkan prospek nya dari waktu ke waktu?
  2. Bagaimana membuat prospek menjadi pelanggan?
  3. Bagaimana pelanggan membeli lebih dari yang mereka butuhkan?
  4. Bagaimana membuat pelanggan rutin membeli?
  5. Bagaimana membuat pelanggan menjadi loyal dan mereferensikan produk kita ke temannya yang lain?
Materi yang diberikan di atas perlu diimplementasi secara bertahap dan konsisten, agar hasil yang dicapai dapat meningkat secara signifikan dan usaha tumbuh dan berkembang dengan cepat.
(klik untuk lihat Artikel UKM sukses yang telah didampingi oleh Coach Margetty Herwin)
Kota Sawahlunto sebagai World Heritage Site yang diberikan UNESCO,…

Saya baru pertama kali ke Kota Sawahlunto ini, walaupun sudah beberapa kali hadir dalam mendampingi para UKM di Wilayah Sumatera Barat ini. Ternyata Kota ini menyimpan banyak cerita sejarah tentang asal muasalnya hingga saat ini menjadi sebuah kota yang memiliki budaya yang erbeda dari daerah sekitarnya di wilayah Sumbar ini.

Kota Sawahlunto resmi masuk daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO dalam pergelaran Sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia, Sabtu (6/7/2019), di Kota Baku, Azerbaijan. (link berita dari detik news)

Penghargaan ini diberikan dikarenakan di Kota Sawahlunto terdapat Tambang Batubara yang merupakan tambang yang secara masif dan besar-besaran pertama di Asia Tenggara dan merupakan peninggalan zaman Belanda sewaktu menjajah Indonesia.

Saya berkesempatan melihat-lihat lokasi tambang dan masuk ke gua tambang yang saat ini baru dibuka satu level saja. Tambang ini terdiri dari 6 level kedalaman dan memiliki panjang lorong sekitar 10 kilometer lebih menurut guide yang mengantar saya berkeliling di lokasi tambang.

Pemandangan Kota Sawahlunto yang luar biasa pun dapat dilihat dari Puncak Cemara, yang menunjukan keindahan kota yang terlihat dari atas puncak dataran tinggi di Kota tersebut.

Beberapa Kota di Indonesia di luar Jawa yang sempat saya datangi setelah PPKM dibuka kembali, Balikpapan, Ternate, Bukit Tinggi, Padang dan Sawahlunto yang saya kunjungi di awal Tahun 2022 ini,…

Setelah PPKM mulai dicabut dan Indonesia kembali membuka pintu pariwisatanya bagi wisatawan maupun pengusaha untuk kembali beraktifitas dan berinteraksi. Saya berkesempatan memberikan pengalaman dan metodologi coaching bisnis serta keilmuan saya kepada para UKM di wilayah Sumatera Barat dan juga sebelumnya sempat ke Ternate, Maluku Utara.

Kota-kota ini sangat indah dan Indonesia memang sangat luar biasa untuk dijadikan tujuan wisata pegunungan, bahari, kuliner dan budaya serta kekayaan alam.

Para UKM di daerah tersebut juga memiliki semangat yang luar biasa untuk membangun kembali sektor usaha mereka, agar tumbuh kembali dan dapat menjadi sumber pendapatan daerah dan pariwisata wilayah setempat.

Apakah UKM di Kota Anda juga memiliki semangat yang luar biasa untuk tumbuh?
Saya membuka diri untuk mendampingi Anda dan silakan untuk menghubungi tim bisnis saya di WA 0812-1145-540 agar diaturkan waktu untuk pembicaraan atau pertemuan tentang program-program coachig bisnis yang diperlukan.

Leave a Reply

Open chat
1
Coach Admin Support
Salam Sukses Sejahtera,...!
Apa hal yang kami dapat bantu?

Silakan Klik untuk Live Chat Via WA dengan Business Development kami,...!