Business Opportunity Coaching Stories Top Articles

listee.id F&B Pre-Order Application

Aplikasi "listee.id" adalah platform yang membantu pemilik bisnis F&B PO untuk mengatur operasional mereka sehingga pekerjaan lebih mudah, sederhana, dan produktif.

Salam sehat dan sukses untuk SMARTpreneur Indonesia,…

Pada artikel saya kali ini akan menjelaskan sebuah aplikasi yang boleh dibilang baru di dunia aplikasi Start-Up, yang akan membantu para pengusaha kuliner untuk dapat menjual dan menawarkan produk mereka secara Online. 

Aplikasi dengan brand LISTEE.ID ini memberikan banyak fitur yang mudah untuk membantu para pemilik bisnis kuliner dan pelanggan yang ingin membeli produk kuliner secara online dan dapat lakukan secara pre-order.
Apa listee.id dan penjelasan lengkapnya dapat disimak dari penjelasan di bawah ini,……

 

Konsep Listee

Listee dibuat khusus untuk membantu operasional bisnis F&B dengan sistem pre-order (PO). Listee adalah platform yang membantu pemilik bisnis F&B PO untuk mengatur operasional mereka sehingga pekerjaan lebih mudah, sederhana, dan produktif. Untuk mengetahui konsep platform dan target customer Listee lebih dalam, mari mengenal perbedaan sistem on-demand dan pre-order terlebih dahulu.

Tipe order on-demand dibuat oleh customer yang ingin pesanan mereka dipenuhi secara langsung setelah mereka menyelesaikan pemesanan. Seperti restoran dimana para customer bisa datang kapan saja, kemudian melakukan pemesanan, dan makanan akan siap disantap dalam waktu 10-30 menit. Sistem pemesanan online seperti Gojek dan Grab yang terintegrasi dengan restoran-restoran juga termasuk sistem order on-demand, dimana customer bisa melakukan pemesanan kapan saja dan makanan mereka akan tiba dalam waktu kira-kira 30 menit hingga 1 jam. 

Namun, untuk sistem pre-order (PO), pesanan dibuat untuk dipenuhi pada lain waktu yang telah ditentukan berdasarkan hari/jam operasional dan ketersediaan stok penjual. Para pemilik bisnis F&B dengan model PO inilah yang menjadi target customer Listee. Sistem PO juga memiliki beberapa perbedaan dengan sistem on-demand, dimana ada waktu terakhir untuk melakukan pesanan, ada time slot PO dimana customer hanya bisa memesan sesuai jadwal yang sudah ditentukan penjual, dan item slot (kuota) yaitu jumlah maksimal makanan/minuman yang tersedia untuk setiap time slot PO. 

Sistem PO berjalan seperti ini: 

  1. Customer memilih time slot untuk pesanan mereka (hari, tanggal, dan jam).
  2. Customer kemudian memilih item yang tersedia pada time slot yang dipilih.
  3. Customer menyelesaikan pemesanan dengan menyediakan nama, kontak, alamat, dan pembayaran.

Keuntungan bisnis F&B dengan sistem PO:

  • Lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pesanan sehingga bisa meningkatkan kualitas makanan/minuman yang dibuat.
  • Meminimalkan biaya inventori dan bahan yang terbuang karena sudah bisa mengetahui beberapa jumlah order untuk setiap slot. 
  • Memaksimalkan produktivitas, karena tidak perlu lagi menebak-nebak jumlah pesanan untuk tiap waktu. Semua kebutuhan sudah diketahui ketika akan memenuhi pesanan dan kebutuhan staf bisa direncanakan sesuai kebutuhan.  

 

Fitur-fitur Menguntungkan dari Listee (Semua fitur Listee ini Gratis!):

Toko online sendiri: 

Dengan platform Listee, para vendor akan memiliki toko online sendiri yang terintegrasi dengan sistem Listee. Para customer dapat melakukan pemesanan melalui toko online ini. Para vendor akan mendapat link url toko online mereka masing-masing dan link tersebut dapat dibuat sesuai keinginan vendor.

Rekapan Pesanan Otomatis: 

Karena toko online vendor terintegrasi dengan sistem Listee, maka semua pesanan customer akan direkap secara otomatis dengan detail pada dashboard vendor di Listee. Para vendor tidak perlu pusing lagi membuat rekapan pesanan satu per satu di Excel atau Google Sheet. Sistem Listee akan secara otomatis merekap tiap pesanan dan menunjukkan item order, jumlah, special request, tanggal pemenuhan, kontak, dan alamat customer pada dashboard vendor. Dengan Listee, pemilik bisnis F&B tidak akan perlu lagi mencatat pesanan secara manual. Dashboard rekapan pesanan di Listee juga menunjukkan dan mengkategorikan pesanan sesuai status nya (pesanan baru, yang sudah diterima, yang ditolak, yang sudah dibayar, yang sudah dipenuhi, dan histori pesanan sebelumnya). 

Atur Time Slot Pre-Order (PO): 

Dengan Listee, para vendor dapat mengatur jadwal time slot PO mereka. Para vendor dapat menentukan hari, jam, dan batas maksimal pemesanan dapat dilakukan (H-1, dsb) untuk toko online mereka. Ketika customer mengunjungi toko online di Listee, mereka akan langsung mengetahui time slot yang tersedia karena ada kalendar time slot yang ditampilkan (hari, tanggal, dan jam yang tersedia). Para vendor dan customer tidak perlu lagi mencari waktu pemesanan yang pas untuk kedua pihak melalui chat WA atau DM IG yang biasa memakan banyak waktu.

Atur kuota item: 

Untuk pemilik bisnis F&B dengan sistem PO, ada jumlah pesanan maksimal yang dapat diterima untuk setiap time slot. Dengan Listee, para vendor bisa menentukan kuota maksimal pesanan untuk semua item di toko mereka pada setiap time slot. Ketika pesanan yang diterima di Listee sudah memenuhi kuota pada time slot tertentu, item akan secara otomatis tidak dapat dimasukan dalam pesanan customer lagi pada time slot tersebut ketika sedang melakukan pemesanan melalui toko online vendor di Listee. Customer langsung mengetahui ini dan bisa langsung mencari time slot berikut nya dimana item masih tersedia. Customer tidak perlu lagi menunggu balasan chat toko untuk memastikan ketersediaan item. 

Integrasi dan Notifikasi WA Otomatis: 

Sistem Listee akan mengirim notifikasi pesanan baru kepada vendor secara otomatis melalui WA. Selain itu, para vendor tidak perlu lagi melakukan chat dengan customer satu per satu untuk melakukan konfirmasi. Setelah pesanan masuk di dashboard, vendor dapat memilih untuk menerima atau menolak pesanan dengan mengklik opsi di dashboard user. Apapun pilihannya, sistem Listee akan secara otomatis mengirim update status pesanan ke customer melalui WA. Jika vendor memilih untuk menerima pesanan, sistem notifikasi WA Listee akan selanjutnya mengirimkan detail cara pembayaran kepada customer secara otomatis. Detail pembayaran ini akan menunjukkan bon pesanan, rekening bank vendor, dan link pembayaran. Setelah customer membuka link bayar, mereka akan diminta untuk mengupload bukti bayar nya. Setelah bukti bayar diupload, para vendor akan mendapat notifikasi WA secara otomatis mengenai nya dan bukti bayar dapat diperiksa pada dashboard di Listee. Para vendor tidak perlu lagi dengan sulit mencocokan setiap bukti bayar dengan pesanan secara manual. Jika sudah benar, vendor dapat mengklik opsi konfirmasi pembayaran dan customer akan mendapat notifikasi WA bahwa pembayaran mereka sudah diterima dan pesanan terkonfirmasi.

Database customer: 

Listee tidak hanya menunjukkan data customer yang sedang memesan tapi juga menyimpan nya dengan aman. Database customer (nama, kontak, alamat, item order) akan selalu tersimpan pada dashboard di Listee. Para vendor bisa dengan mudah juga mencari data customer dengan memasukan nama saja. 

Analisis bisnis: 

Setiap pemilik bisnis pasti ingin mengetahui performa bisnis mereka untuk mengembangkan nya. Dengan Listee, grafik analisis performa bisnis akan selalu diupdate sehingga para vendor bisa mengetahui performa mereka dari waktu ke waktu. Para vendor dapat mengetahui statistik jumlah pemesanan dan penghasilan mereka dalam jangka waktu harian, mingguan, dan bulanan. Para vendor tidak perlu lagi menganalisis bisnis mereka secara manual dengan pembuatan grafik di Excel atau Google Sheet.

Listee Pro:

Pada tanggal 2 Agustus 2021, Listee memperkenalkan paket Pro kami yang memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak tersedia pada versi gratis Listee. Fitur tambahan yang didapat dengan Listee Pro adalah integrasi dengan kurir delivery dan analisis customer yang lebih detail untuk meningkatkan performa bisnis anda. Listee Pro tersedia secara gratis selama 30 hari untuk semua user kami. Setelah masa free trial berhenti, para user dapat memilih untuk mengikuti subscription Listee Pro atau kembali ke versi gratis.

Integrasi Kurir Delivery:

Dengan Listee Pro, para vendor tidak perlu lagi membuka app delivery seperti Gojek, Grab, Mr. Speedy, dll ketika ingin memesan kurir. Di Listee Pro, kurir delivery dapat langsung diorder dari platform kami, dimana para vendor tidak perlu lagi membuang waktu dalam pengisian data setiap kali ingin memesan kurir, karena data customer sudah terinput secara otomatis dari rekapan order di Listee. Selain itu, para vendor dan customer pasti ingin kurir dengan harga yang paling murah. Namun, setiap kurir pasti mengalami fluktuasi harga dari waktu ke waktu. Proses memeriksa harga kurir satu per satu dan membandingkan nya juga memakan banyak waktu. Dengan Listee Pro, harga-harga kurir langsung ditayangkan di satu screen sehingga kalian bisa membandingkan harga dengan cepat dan langsung memesan. Fitur delivery Listee Pro juga bisa memesan kurir delivery untuk saat ini juga atau mengatur penjadwalan kurir untuk lain waktu.  

Analisis Customer:

Keuntungan lain menggunakan Listee Pro adalah memperoleh data analisis customer sehingga para vendor dapat meningkatkan penjualan bisnis mereka. Listee Pro memiliki analisis peta yang menunjukkan jumlah customer di setiap lokasi. Dengan data analisis ini, para vendor dapat mengetahui letak-letak customer mereka secara detail yang akan mempermudah para vendor dalam membuat strategi pengembangan bisnis mereka.

0 comments on “listee.id F&B Pre-Order Application

Leave a Reply

Open chat
1
Coach Admin Support
Salam Sukses Sejahtera,...!
Apa hal yang kami dapat bantu?

Silakan Klik untuk Live Chat Via WA dengan Business Development kami,...!
%d bloggers like this: