Pembelajaran Seni Perang SUN TZU dalam jalankan Bisnis

Salam Sukses Sejahtera SMARTpreneur Indonesia,….

Dalam artikel ini saya akan sharing tentang sebuah strategi perang yang dituliskan oleh Jenderal Sun Tzu dalam sebuah buku yang berjudul “Art of War”, yang ternyata jika digunakan dalam bisnis akan menjadi strategi yang powerful.

Art of War” adalah sebuah buku yang ditulis oleh Sun Tzu pada abad ke-5 SM di Tiongkok. Buku ini terdiri dari 13 bab yang membahas strategi perang, dengan fokus pada kebijaksanaan, kepemimpinan, taktik, dan pengaruh lingkungan pada situasi peperangan.

Inti penjelasan dari Buku tersebut saya jabarkan dalam 5 hal penting di bawah ini:
  1. Mengetahui diri sendiri dan musuh.
    Sun Tzu menekankan pentingnya memahami kekuatan dan kelemahan sendiri, serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan musuh. Dalam konteks bisnis, ini berarti memahami keunggulan dan kelemahan perusahaan Anda, serta menganalisis pesaing Anda.
  2. Mengadopsi strategi yang fleksibel.
    Sun Tzu menekankan bahwa strategi yang baik harus dapat beradaptasi dengan situasi yang berubah. Dalam konteks bisnis, ini berarti memiliki rencana yang fleksibel dan dapat beradaptasi dengan perubahan pasar atau lingkungan bisnis.
  3. Memanfaatkan sumber daya dengan efektif.
    Sun Tzu menekankan pentingnya memanfaatkan sumber daya dengan efektif dan efisien, serta menghindari pemborosan. Dalam konteks bisnis, ini berarti mengoptimalkan penggunaan anggaran dan sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis.
  4. Membangun tim yang kuat.
    Sun Tzu menekankan pentingnya membangun tim yang kuat dan solid untuk mencapai tujuan bersama. Dalam konteks bisnis, ini berarti memilih staf yang terampil dan terlatih, serta membangun budaya kerja yang sehat dan kolaboratif.
  5. Menjaga keselarasan antara tujuan dan tindakan.
    Sun Tzu menekankan pentingnya menjaga keselarasan antara tujuan dan tindakan, serta menghindari konflik internal. Dalam konteks bisnis, ini berarti memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan perusahaan selaras dengan tujuan bisnis yang jelas dan teruku
Bagaimana penerapan Strategi Perang Sun Tzu dalam jalankan bisnis?

Penerapan strategi perang Sun Tzu dalam menjalankan bisnis dapat dilakukan dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam bukunya, seperti:

  1. Mengenali diri sendiri dan musuh:
    Penting untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada dalam bisnis, serta memahami posisi pesaing dan pelanggan.
  2. Mengetahui medan perang:
    Mengetahui kondisi pasar dan lingkungan bisnis yang berubah-ubah sangat penting untuk membuat strategi yang efektif.
  3. Mengambil inisiatif:
    Dalam bisnis, inisiatif bisa berarti mengambil tindakan awal untuk menciptakan keunggulan kompetitif, memenuhi kebutuhan pelanggan, atau menciptakan pasar baru.
  4. Memenangkan perang tanpa bertarung:
    Bisa dilakukan dengan cara membangun citra merek yang kuat, memberikan pelayanan yang unggul, atau mengoptimalkan proses bisnis.
  5. Mengandalkan intelijen:
    Memiliki informasi yang akurat dan up-to-date tentang pasar dan pesaing adalah kunci untuk mengambil keputusan yang tepat dalam bisnis.
  6. Mengadaptasi strategi:
    Kondisi bisnis dapat berubah-ubah dengan cepat, sehingga perlu untuk menyesuaikan strategi bisnis dengan cepat dan tepat.
  7. Menyerang lemahnya:
    Mengambil keuntungan dari kelemahan pesaing atau pasar untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.
  8. Menghindari kekalahan:
    Dalam bisnis, penting untuk meminimalkan risiko dan kerugian dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi bisnis.

Dalam menjalankan bisnis, strategi perang Sun Tzu dapat dijadikan panduan dalam mengembangkan strategi yang efektif dan terus menyesuaikan dengan kondisi bisnis yang berubah-ubah.

Strategi yang dijalankan Sun Tzu dalam peperangan di masa lampau sangat relevan sekali dengan strategi yang harus dijalankan oleh para pebisnis di kondisi saat ini dalam berperang melawan kompetitor.

Jika Anda ingin memenangkan kompetisi bisnis saat ini yang semakin ketat, segera hubungi Coach Margetty Herwin dari SMART Business Coach di No. WA SBCF Admin 08121145540 untuk Anda dapat diaturkan FREE Business Diagnosa.

Leave a Reply

Open chat
1
Coach Admin Support
Salam Sukses Sejahtera,...!
Apa hal yang kami dapat bantu?

Silakan Klik untuk Live Chat Via WA dengan Business Development kami,...!
%d bloggers like this: