Rayspeed Asia Berhasil Restrukturisasi Bisnis Menuju Sukses

Salam Sehat Sukses Sejahtera SMARTpreneur Indonesia,…

Pada artikel ini saya akan bercerita tentang Success Story dari salah satu Client saya yang bisnisnya tumbuh berkembang secara signifikan secara bertahap dalam mencapai Visi & Misi bisnisnya.

Pada awal saya mendampingi dengan Program Business Coaching di bulan Desember tahun 2016, banyak hal dan kondisi dari perusahaan yang harus mendapat perhatian, pembenahan maupun perbaikan secara signifikan dan bertahap.

Rayspeed Asia ini bergerak di bidang usaha Jasa Pengiriman Domestik dan Luar Negeri terhadap dokumen dan barang, serta juga memiliki jasa pergudangan.

Permasalahan yang terjadi pada saat memulai Program Business Coaching adalah tentang kondisi usaha yang makin menurun, pelanggan yang mulai berkurang dan tim kerja yang meiliki motivasi dan sistem kerja yang kurang efektif.

Kondisi yang terjadi pada saat itu, adalah Rayspeed masih belum memiliki pelayanan secara online dan  strategi pemasaran serta penjualannya yang masih sangat konvensional, sehingga kalah bersaing dalam hal harga dan kecepatan pelayanan dengan para pesaingnya.

Tidak mudah untuk melakukan perubahan dalam waktu yang relatif singkat untuk mengubah keadaan, sehingga permasalahan yang terjadi pun semakin kompleks muncul ke permukaan pada saat pendambingan Business Coaching dilakukan.

Point utama yang menjadi Big Goals untuk segera dicapai dan dijalankan adalah:
1. Menguatkan Identitas Bisnis agar memiliki Value dan Motivasi yang kuat dari seluruh Tim
2. Merapikan Struktur Organisasi di posisi Leaders dan Tim Kerja yang handal dan Kompeten
3. Mengefisiensikan proses kerja yang dilakukan agar lebih cepat dan mudah untuk distandarisasi
4. Menciptakan produk-produk Innovatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar
5. Membangun Sistem Penjualan Online dan Strategi Marketing yang terkontrol untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara cepat dan mudah ditemukan di Era Digital saat ini.

Apa yang terjadi saat ini setelah 5 tahun berselang melakukan Restrukturisasi Bisnis

1. Rayspeed Asia memiliki Leaders dan Tim yang kuat, yang berisikan beberapa orang lama yang siap untuk maju dan banyak orang baru yang memiliki Value dan Semangat yang luar biasa untuk tumbuh. Untuk mencapai hal ini tidaklah mudah, karena turnover yang tinggi, serta beberapa orang karyawan yang memiliki value dan tujuan yang tidak sama dengan arah bisnis yang baru akan keluar dan tidak bisa bertahan di perusahaan.

2. Rayspeed Asia memiliki cabang dimana-mana dengan jalankan sistem kolaborasi yang tersistem, dan gunakan kekuatan online dalam menjalankan bisnisnya.

3. Rayspeed Asia tetap Konsisten dan Disiplin menjalankan Misi Bisnisnya secara bertahap untuk maju dan selalu dinamis dalam mengikuti kebutuhan pasar.

4. Rayspeed Asia berhasil menyatukan value dari semua leaders dan tim yang sebagian merupakan  keluarga dan berhasil menjunjung konsep professional dalam jalankan bisnisnya.

5. Rayspeed Asia berhasil membuat management kerja yang terstruktur dan tersistem dengan tujuan menuju Kesejahteraan bersama bagi seluruh anggota karyawannya.

 

Ada hal yang menarik yang terjadi pada saat saya mendampingi dalam Program Business Coaching dalam kurun waktu hanya 1,5 Tahun. Rayspeed belum tumbuh secara signifikan dalam periode sesi coaching tersebut, tetapi telah memiliki pola fondasi dan target yang jelas untuk dapat melakukan pembenahan dan pembangunan Restrukturisasi bisnisnya ke depan. Mereka berhenti program dikarenakan kondisi Cashflow perusahaan yang cenderung minus dan belum membaik.

Walaupun tidak dalam Program Biusiness Coaching tetapi mereka tetap konsisten dan tetap berkomunikasi untuk dapat implementasi strategi yang didapat dari Program Business Coaching untuk tetap dapat diimplementasikan secara bertahap.

Pengaruh Business Coaching Program dapat terjadi dalam jangka panjang, asalkan dilakukan dan dimplementasikan secara konsisten dengan disiplin.

Bagaimana dengan bisnis Anda?
Apakah Anda selalu menunggu kompetitor Anda sukses terlebih dahulu karena didampingi oleh Business Coach?
Atau Anda menunda memperbaiki dan membenahi bisnis Anda, sampai Anda sangat kehabisan Resource yang ada?

Proses dan pengalaman yang menyertai adalah pembelajaran berharga yang akan Anda peroleh. Catat, ukur dan analisa untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya dan mendapatkan Visi bisnis yang Anda inginkan dengan fokus jalankan Misi bisnis yang kuat.

Kunjungi website Rayspeed dari link:
https://rayspeed.com

Silakan hubungi WA SBCF Admin 08121145540, untuk diaturkan bertemu dengan saya dalam FREE Business Diagnosis untuk bisnis Anda tumbuh dan berkembang dengan pendampingan Business Coaching Program.

Leave a Reply

Open chat
1
Coach Admin Support
Salam Sukses Sejahtera,...!
Apa hal yang kami dapat bantu?

Silakan Klik untuk Live Chat Via WA dengan Business Development kami,...!