Business Plan Corporate Topic Top Articles

Business Plan Usaha Sukses,…!

Salam Sehat Sejahtera, SMARTpreneur Indonesia,…!

  • Bagaimana Anda membuat Business Plan Usaha Anda untuk menghadapi ketidakpastian kondisi bisnis ke depan?
  • Bagaimana dengan Target Bisnis yang Anda tetapkan di tahun ini?
  • Apakah Anda telah membuat angka targetnya?
  • Apakah Anda yakin, team bisnis Anda dapat mencapainya?
    atau
  • Apakah mereka sudah dapat menurunkannya menjadi satuan aktifitas terkecil di unit mereka?
  • Apa yang menjadi KPI (Key Performance Indicator) yang mereka harus perhatikan dalam Harian/Mingguan/Bulanan?

Di bawah ini akan saya jabarkan konten apa saja dari Business Plan Usaha, yang secara umum harus diperhatikan jika Anda ingin membuatnya untuk bisnis Anda:

1. Executive Summary

Adalah sebuah highlight dari kesimpulan perencanaan bisnis dari semua bagian penting dalam perusahaan. Hal ini akan menjadi kunci utama bisnis Anda ataupun peluang bisnis yang akan dilakukan. Executive Summary tidak lebih dari 1-2 halaman dan penjelasan ini tidak perlu menunggu sampai Business Plan selesai dibuat.

Isi yang umum dimasukkan di bagian ini adalah:

  1. Business Summary, Company Structure, Nama Bisnis, Produk atau Jasa yang ditawarkan, Profil Pelanggan.
  2. Business Big Goals, Tujuan Besar dari Bisnis dalam 5, 3 dan 1 Tahun yang saling berhubungan.
  3. Financial Summary, Target Penjualan dan biaya, dan strategi funneling untuk mencapainya.
  4. Business Background, Pengalaman Bisnis, Kualifikasi Bisnis, dan Keahlian Bisnis

2. Mission Statement

Kesimpulan dari misi perusahaan yang juga menjelaskan nilai-nilai bisnis yang akan dijunjung oleh semua personal yang ada di bisnis Anda. Bagian ini juga menjelaskan tentang aktifitas bisnis dan juga pasar yang dituju untuk produk dan jasa yang akan ditawarkan. Penjelasan ini untuk dapat dipahami tentang apa yang Anda lakukan dalam bisnis untuk memberikan manfaat kepada pelanggan Anda. Penjelasan Misi ini haruslah jelas, informatif, dan berisi sesuatu yang menarik yang dilakukan dalam bisnis Anda.

3. Kualifikasi Bisnis Anda

Bagian ini berisi tentang kualifikasi bisnis yang akan membantu Team Bisnis Anda untuk memahami seberapa besar cakupan dan besar segmen pasar yang dituju yang akan mempengaruhi seberapa besar implementasi strategi bisnis yang akan dilakukan. Jika Anda memiliki tahapan target bisnis yang secara bertahap akan dikembangkan, dapat juga dijelaskan dalam bagian ini.

4. Competition Analysis

Analisa kompetisi terhadap perusahaan sejenis yang bergerak di bidang yang sama dan juga saling berbagi pasar dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Berikan data secara akurat dan tervisualisasi dengan jelas agar semua bagian yang berpengaruh terhadap penjualan dapat merencanakan strategi yag tepat untuk berkompetisi di pasar yang ditentukan.

Isi yang umum dimasukkan di bagian ini adalah:

  1. Table of Competitors, Siapa dan dimana kompetitor berada, apa yang mereka jual, seberapa harga mereka dan seberapa baik produk mereka dibandingkan dengan produk kita.
  2. SWOT Analysis, Jabarkan SWOT Analysis produk yang kita miliki untuk dapat bersaing di pasar dengan kompetitor.
  3. Unique Selling Proposition, Apa keunikan yang paling menonjol dari produk kita dibandingkan kompetitor.

5. Unique Selling Propositions (Products or Services)

Apa keunikan produk dan jasa yang Anda mau tawarkan kepada prospek atau pelanggan Anda dapat dijabarkan dalam bagian ini, agar seluruh tim bisnis Anda paham apa perbedaan produk atau jasa Anda dengan para kompetitor yang ada.

Isi yang umum dimasukkan di bagian ini adalah:

  1. Products & Services, lengkapi dengan gambar dan pengetahuan tentang produk.
  2. Products & Service Range, Cakupan dan lingkup produk dan jasa yang ditawarkan apa saja.
  3. Product Differentiation, Keunikan dan perbedaan produk dan jasa yang ditawarkan dengan kompetitor

6. SMART Goals

Tentukan Goals dari bisnis yang SMART ( Spesific, Measureable, Achievable, Result Oriented dan ada Timeframe). Big Goals dari perusahaan haruslah dapat dijabarkan dalam SMART Goals kepada semua departemen dan unit kerja yang ada, dan bisa dijabarkan sesuai dengan target perusahaan dalam 1 tahun ke depan

7. Business Challenge

Jabarkan tentang tantangan bisnis yang akan dihadapi dan harus diantisipasi dalam 1 tahun ke depan, agar strategi dari target yang ditetapkan dapat dibuat secara terarah dan terkontrol dengan jelas.

8. Marketing Strategic Plan

Perencanaan pemasaran dari produk atau jasa yang mau ditawarkan dan dijual hendaklah juga dapat dijabarkan secara jelas dalam format tahapan waktu maupun strategi yang terstruktur dan tersistem. Berikan gambaran Metodologi Strategi Marketing yang akan menjadi strategi unggulan untuk bisnis kita bersaing di pasar. Seperti strategi Word of mouth, Advertising, Direct Marketing, Social Media, dan Website.

9. Sales Methodology

Metode penjualan yang akan direncanakan dan dijalankan haruslah dapat menangkap setiap peluang yang terjadi dari strategi pemasaran yang akan dilakukan, sehingga setiap prospek yang timbul akan mudah untuk dikonversikan menjadi pelanggan oleh tim bisnis dan penjualan Anda.

10. Financial Information & Operation (P/L, B/S, CF Statements)

Bagian ini dapat Anda manfaatkan untuk memberikan informasi keuangan dan operasional yang ada dan bagaimana prediksi perencanaannya ke depan untuk benar-benar dapat terkontrol oleh seluruh pimpinan dalam perusahaan. Lengkapi pada penjelasan bagian ini tentang Kalkulasi Penjualan, Kalkulasi Biaya dan juga perkiraan Arus Kas dalam usaha yang dijalankan ke depan. Dan yang mutlak harus benar-benar dimiliki dan diperhatikan adalah Laporan Neraca Keuangan, dan Laba/Rugi Usaha.

11. Ratio Analysis

Perencanaan bisnis yang lengkap akan sangat membantu semua personal di bisnis Anda untuk dapat mengantisipasi, mengeksekusi bahkan dalam mengawasi setiap pelaksanaan pencapaian target bisnis yang ditetapkan di setiap awal tahun.

Demikian 11 Steps Business Plan Usaha yang saya jelaskan semoga membantu Anda untuk lebih dapat membuat perenacanaan lebih terstruktur dan tersistem.

Silakan hubungi SBCF Admin di WA 0812 1145 540 untuk mengetahui Coaching Program yang dapat membantu Anda terstruktur dan Tersistem dalam bisnis yang sedang dijalankan ke depan.

Klik www.smartbusinesscoach.co.id untuk cek coaching program yang Anda butuhkan.

Great Success

0 comments on “Business Plan Usaha Sukses,…!

Leave a Reply

Open chat
1
Coach Admin Support
Salam Sukses Sejahtera,...!
Apa hal yang kami dapat bantu?

Silakan Klik untuk Live Chat Via WA dengan Business Development kami,...!
%d bloggers like this: