Coaching Stories People Development Articles Top Articles

Bangun Desa Wisata – Bangun Budaya Daerah

Artikel tentang bagaimana membangun dan mengembangkan Desa Wisata dengan bertahap membangun karakter asli Kearifan Lokal Budaya Daerah

Bulan Juni 2021 lalu, saya diinformasikan bahwa ada beberapa Desa Wisata di Kabupaten Maluku Tenggara Kepulauan Kei, mendapat Nominasi Anugerah Pariwisata Indonesia 2021, dengan periode Vote antara Juli-Oktober 2021.

Silakan untuk melihat Desa Wisata Yeer Teran Retut Ohoi Letman di Video yang saya share di atas ya. Dan silakan juga untuk bantu Vote agar bisa menjadi pemenang dalam API Award 2021 ya,…!

Silakan bantu vote melalui akun instagram @ayojalanjalanindonesia dan youtube channel API Award.

Dan juga dengan SMS premium yang dapat dilakukan dengan cara ketik API (spasi) 8F dan kirim ke SMS 99286 dengan tarif Rp.2.200 untuk semua provider

 

Semangat Membangun Kearifan Lokal Desa Wisata,…

Beberapa tahun yang lalu saya telah menjelaskan dalam blog saya ini tentang bagaimana membangun sebuah karakter dan potensi kearifan lokal dari sebuah daerah, untuk dapat tumbuh dan berkembang secara alami dalam pengembangan potensi daerah, agar dapat dijadikan sebuah destinasi yang sangat original dan unik bagi pendatang, turis lokal maupung asing dalam mendapat sensasi yang beda dari daerah lain di bidang pariwisata.

Keterbatasan waktu dan jarak membuat beberapa tahapan yang harusnya konsisten dilakukan, menjadi tantangan tersendiri agar sebuah program pengembangan daerah bisa cepat terlaksana dengan program coaching yang telah saya siapkan.

Tetapi pertemuan yang tidak terlalu konsisten, dan keterbatasan metodologi penyampaian yang juga tidak terlalu terstruktur, akhirnya tetap dapat menjadi sebuah semangat dalam pengembangan potensi daerah tetap berjalan dalam beberapa keterbatasan yang dimiliki.

Saya sangat berbangga, karena ada beberapa potensi daerah yang berada di Kabupaten Maluku Tenggara yang pernah ikut program coaching dan training saya di Kota Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara yang terletak di Kepulauan Kei, bisa mendapatkan Nominasi Anugerah Pariwisata Nasional 2021, yang diselenggarakan oleh Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

6 Tahapan untuk tingkatkan Karakter Generasi & Budaya Daerah

1. Bangun Awareness (Kesadaran kearifan lokal daerah)

Bangun kesadaran pemimpin desa dan generasi muda daerah untuk dapat membuat usaha di wilayah desa mereka untuk produktif, menguntungkan, berkembang dan dapat menjadi sumber pemasukan daerah dari segala bidang yang memiliki potensi besar.

Target Awareness:
  1. Siapkan Agen Perubahan Generasi Muda dari setiap Daerah/Desa untuk dapat mempelajari Pengetahuan. Pengalaman dan Methodology dalam melakukan pengembangan sumber daya dan pengembangan bisnis kemasyarakatan dan siap menjadi Relawan.
  2. Pemberdayaan Agen Transformasi Bisnis dalam hal pengembangan Personal dalam hal pengembangan SDM & produk unggulan. Infrastruktur Utama Penunjang, Akses Informasi, Komunikasi dan Teknologi.
  3. Peningkatan Pendapatan Desa dari Inovasi Paket Produk Unggulan.
  4. Siapkan Strategi dan Action Plan untuk setiap Pendampingan Desa terpilih dengan Target Goals:
    1. Prioritas Pendapatan Utama untuk kesiapan SDM Unggul dalam hal pelayanan pelanggan secara professional.
    2. Kesiapan Akses Informasi dan Komunikasi secara Online dan Berbasis Digital
    3. Sinergisitas Aktif dengan Instansi Pemerintah secara Aktif
    4. Pelatihan bertahap untuk Kesadaran Personal dan Edukasi.

2. Ciptakan Meaningful (Bermakna dan bermanfaat bagi lingkungan)

Menciptakan makna dan manfaat bukanlah hal yang mudah. Setiap kegiatan dan aktifitas di lingkungan desa dan sekitarnya haruslah memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat desa dan juga sekitarnya. Keterlibatan semua pihak harus dengan kondisi yang memberi makna bagi semua dengan tujuan penciptaan kemakmuran dan kelimpahan dalam jangka panjang. Makna yang terjadi harus dapat dipahami dan dimengerti oleh generasi penerus yang akan membuat perubahan di masa mendatang dengan setiap program yang dibuat.

Target Meaningful:
  1. Buat kegiatan dan program yang bermanfaat dan memberikan kesan yang sangat bermakna bagi masyarakat desa untuk selalu dapat terlibat dalam menciptakan kemakmuran dan kelimpahan bagi mereka dalam jangka panjang.
  2. Gali potensi asli daerah yang membuat desa memiliki keunikan dan menjadi dikenal karena kerifan lokalnya. Bisa dari kerajinan desa, makanan asli desa, adat istiadat atau budaya turun temurun dari nenek moyang yang bisa menjadi pelajaran dan pengalaman berharga bagi pendatang ataupun turis.
  3. Sosialisasikan masyarakat desa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan budaya lokal menjadi suatu kebanggaan daerah untuk bermanfaat bagi lingkungan.

3. Tingkatkan Education (Pendidikan Ilmu dan Pengetahuan)

Pendidikan Ilmu dan Pengetahuan yang diperlukan sesuai dengan potensi wilayah/desa, haruslah selalu ditingkatkan. Program pendidikan dan pelatihan perlu dilakukan dalam upaya menciptakan efisiensi dan penghematan menjalankan kegiatan dan aktifitas kerja di lingkungan desa. Tingkatkan dan kembangkan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dan mendukung peningkatan potensi lokal daerah, agar menjadi sebuah modal yang berharga bagi keberlangsungan usaha desa ke depan.

Target Pendidikan dan Pelatihan:
  1. Buat program pendidikan dan pelatihan yang mendukung program desa dalam peningkatan usaha dan bisnis lokal.
  2. Buat program kerjasama dengan dunia pendidikan dan lembaga pelatihan serta korporasi untuk dapat rutin lakukan program pendidikan dan pelatihan berkelanjutan bagi masyarakat desa.
  3. Selalu berinteraksi dengan pemerintah daerah untuk selalu mengirimkan wakil dari generasi muda desa dalam program pendidikan dan pelatihan yang diadakan, di bidang yang mendukung bisnis dan usaha desa.
  4. Latihlah kemampuan berorganisasi dan berkorporasi di lingkungan desa, untuk dapat memahami pola kerja profesional dan bertanggung jawab dalam pengembangan usaha dan organisasi.

4. Inovasi Technology (Update dalam Hal Teknologi)

Inovasi merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan dalam upaya untuk tumbuh dan berkembang menuju era new normal ke depan. Penggunaan sistem online dan pengembangan terhadap teknologi yang digunakan untuk selalu update dan modern akan membantu usaha desa menjadi lebih mudah diakses oleh lingkungan luar.

Menggunakan Teknologi tepat guna dalam upaya menciptakan kecepatan dalam proses transformasi individu dan energi terbarukan sebagai upaya percepatan pembangunan karakter dan ekonomi kerakyatan di desa.

Target Pengembangan Teknologi:
  1. Gunakan selalu teknologi yang update dan bisa diakses secara online  dalam melakukan kegiatan usaha desa agar mudah diakses dan diketahui oleh masyarakat umum secara luas.
  2. Biasakan untuk semua generasi muda yang terlibat dalam usaha desa, untuk selalu melek teknologi dan update terhadap perkembangan teknologi, agar terbiasa dalam melakukan transformasi.
  3. Gunakan Teknologi yang efisien dan efektif sesuai dengan kebutuhan desa dan yang paling dapat untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat secara langsung.

5. Pahami Methodology (Gunakan Metodologi yang Tepat)

Di samping paham tentang pendidikan dan teknologi, maka pemahaman dalam penggunaan metodologi yang tepat, juga akan membantu proses peningkatan kinerja, kemampuan dan keahlian yang dimiliki menjadi tepat guna. 

Pengetahuan, keahlian dan pengalaman yang dimiliki akan tidak dapat menghasilkan hasil yang diinginkan, jika kita tidak memahami metodologi yang tepat dalam penggunaannya. Metode ini menyangkut tentang struktur kerja, sistem kerja, pola prioritas, dan efisiensi dalam melakukan operasional di usaha desa yang dilakukan.

Target Penguasaan Metodologi:
  1. Berkordinasilah dengan pemerintah daerah dalam pelaksanaan setiap program desa, agar selalu mendapat dukungan, arahan yang tepat, dan pendampingan dalam pelaksanaannya.
  2. Cari pendamping profesional yang handal dan kompeten yang sesuai dengan kebutuhan usaha desa, agar paham dalam pelaksanaan usaha secara profesional. Pendamping bisa Mentor, konsultan atau Coach sesuai bidang yang dibutuhkan.
  3. Buatlah kelompok belajar metode terapan sesuai usaha yang dijalankan, untuk selalu dapat tumbuh secara berkelanjutan.

6. Promosi Destination (Promosikan Potensi Desa untuk Destinasi)

Desa Wisata ataupun Usaha Desa yang dibangun, tidak akan dapat diketahui oleh masyarakat umum yang berpotensi sebagai pendatang ataupun Turis Lokal/Asing, jika tidak dipromosikan secara masif oleh seluruh anggota masyarakat desa untuk menjadi destinasi. 

Jika tidak dilakukan oleh seluruh masyarakat desa secara masif untuk mempromosikan, maka siapa yang akan mengenalkan dan mempromosikannya kepada publik. Hal ini akan membuat semua masyarakat desa jadi punya tanggung jawab dan memiliki rasa memiliki yang tinggi untuk menjaga kelestarian desanya dan terus berupaya untuk menjadi lebih baik ke depan secara berkelanjutan.

Target Promosi Destinasi:
  1. Buat Channel atau Social Media promosi atas usaha desa atau desa wisata yang dimiliki, agar mudah bagi setiap masyarakat desa melakukan share terhadap lingkungan dan jaringan sosial mereka masing-masing.
  2. Buat Sistem Informasi kegiatan desa yang update dan rutin untuk selalu diinformasikan dan disosialisasikan.
  3. Buat komunitas warga desa dengan warga perantau yang akan membantu promosi menjadi lebih luas dan membuat para perantau rindu akan kampung halamannya.

Photo-photo Desa Wisata yang pernah saya kunjungi untuk tumbuh usaha desanya

Demikian tulisan saya di artikel tentang pembangunan daerah Desa Wisata yang telah saya lakukan dari tahun 2018, Semoga dapat membantu Anda juga membangun wilayah Anda,…

Silakan Anda mengirimkan Program dan Ide Anda ke email saya [email protected] atau WA ke 0812 1145 540 untuk bersama dalam program Pembangunan Desa Wisata ini.

Sukses Negeriku dan Sukses Bangsaku.

0 comments on “Bangun Desa Wisata – Bangun Budaya Daerah

Leave a Reply

Open chat
1
Admin Support
Salam Sukses Sejahtera,...!
Apa hal yang kami dapat bantu?

Silakan Klik untuk Live Chat Via WA dengan Business Development kami,...!
%d bloggers like this: