Top Articles

New Normal Marketing Mindset

Salam sukses, sehat dan sejahtera para SMARTpreneur Indonesia,….!

Mindset Marketing utk menghadapi Era New Normal perlu kita pahami saat ini untuk dapat mengubah cara pandang menuju pola usaha dan bisnis ke depan.

Kondisi pandemi telah membuat sektor bisnis terpukul dan berantakan dalam menjalankan bisnisnya. Tidak terkecuali bisnis skala UMKM yang langsung terdampak, namun juga bisnis besar yang memerlukan sumber daya lebih besar juga terpuruk. Untuk menghadapi kondisi ini, Anda sebagai pebisnis maupun professional perlu memperhatikan pola yang baru agar bisnis tetap bisa bertahan bahkan kembali tumbuh menuju era new normal ke depan.

Perhatikan 7 Marketing Mindset dari penjelasan saya di bawah ini yang perlu Anda miliki, dan dapat segera di implementasikan dalam jalanan bisnis.

1. Taking Opportunity,

Kemampuan dalam melihat peluang bisnis dan pasar untuk dapat mengembangkan usaha yang dilakukan jauh berkembang dari sebelumnya menuju masa depan. Mindset ini haruslah dapat membuat bisnis Anda terus berkelanjutan tumbuh ke depan (SUSTAINABILITY). 

Strategi yang dibangun haruslah dapat tumbuh, berkembang dan berinovasi untuk keberlangsungan ke depan dengan terus memberi manfaat kepada seluruh pelanggan.

Ada 4 Area yang penting untuk selalu diperhatikan, Opportunity (kesempatan), Leverage (pengungkit), Scalability (skala bisnis), dan Marketability (diterima pasar).

Simak video penjelasannya di bawah ini:

2. Focus On Action, 

Mindset Marketing yang ke-2 adalah bagaimana Anda dapat untuk fokus dalam menjalankan implementasi strategi secara konsisten ke depan yang menghasilkan prospek bisnis dan terkonversi baik menjadi pelanggan. Implementasi dari Strategi dan Action Plan yang dibuat haruslah secara konsisten dijalankan dan diukur keberhasilannya. SOP bukan hanya dibuat untuk kelengkapan tools marketing atau bisnis saja, tetapi merupakan panduan yang lengkap untuk dapat dilakukan oleh semua Tim Bisnis secara konsisten. Simak video penjelasannya di bawah ini:

3. Simple Action, 

Berpikirlah secara simple dan mudah dalam menciptakan strategi-strategi baru yang akan dijalankan, dan jelaskan ke tim bisnis Anda dengan tahapan yang terstruktur agar mereka dapat mengimplementasikannya di pekerjaan mereka secara disiplin.

Konsep Marketing Mix (4P-Product, Price, Place & Promotion) dalam implementasi strategi tidak dapat ditinggalkan, pastikan tim bisnis memahaminya dan bisa sangat kreatif dalam membantu Anda mengimplementasikan strateginya. Simak video penjelasannya di bawah ini:

4. Sistematize & Structure, 

Siapkan strategi marketing yang dapat berjalan secara Autopilot dan dapat dengan cepat selalu diukur kefektifannya dan keberhasilannya. Kondisi pandemi yang sangat membatasi ruang gerak dan interaksi saat ini, turut membuat cara kita menawarkan produk dan jasa menjadi berbeda dari sebelumnya. Siapkan strategi marketing Anda secara tersistem dengan tahapan terukur serta dapat dibagi dalam tahapan strategi marketing funneling yang terstruktur. 

5. Client Needs Focus, 

Mindset berikutnya yang perlu dimiliki dan dibangun adalah bagaimana Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan saat ini dan ke depan yang perlu disediakan. Fokus untuk benar-benar mengetahui kebutuhan pelanggan, sehingga produk dan jasa yang kita berikan benar-benar memenuhi kebutuhan penting mereka.

Simak video penjelasannya di bawah ini:

6. Analize Your Competitors, 

Mindset Analisa juga harus Anda miliki untuk selalu memperhatikan apa yang terjadi di pasar. Apa yang kompetitor Anda lakukan untuk menguasai pasar? Analisa kompetitor terdekat Anda, apa yang membuat Anda berbeda dari mereka? Gali dengan konsep 4W1H, (Who, What, Where, Why & How).

7. Value Oriented, 

Mindset untuk selalu berpikir value atau nilai manfaat yang lebih apa yang dapat Anda berikan kepada pelanggan setiap waktu. Apa USP (Unique Selling Proposition) dari produk atau jasa yang bisa ditawarkan berbeda dari kompetitor?

Silakan simak penjelasannya dari Video saya di bawah ini: 

Demikian penjelasan saya tentang 7 Marketing Mindset yang penting untuk Anda miliki dan bangun ke depan agar bisnis Anda bisa Survive dan tumbuh berkembang di Era New Normal ke depan.

Silakan hubungi saya jika Anda memerlukan Business Coaching Program bagi usaha Anda dengan hubungi SBCF Admin di WA 08121145540.

Salam Sukses, sehat dan sejahtera untuk Anda semua,…!

0 comments on “New Normal Marketing Mindset

Leave a Reply

Open chat
1
Admin Support
Salam Sukses Sejahtera,...!
Apa hal yang kami dapat bantu?

Silakan Klik untuk Live Chat Via WA dengan Business Development kami,...!
%d bloggers like this: