Top Articles

Tips UMKM Inkubator Bisnis Sukses

Salam Sehat, Sukses dan Sejahtera buat Anda SMARTpreneur Indonesia,…

Bagaimana kabar bisnis Anda saat ini, di tengah Pandemic Covid-19 yang mulai meningkat kembali saat ini?

Menjawab pertanyaan tersebut, tentu tidaklah mudah bagi beberapa bisnis dengan level-level yang berbeda. Permasalahan dan antisipasi dalam menghadapi kondisi krisis ini juga beda-beda. Bisnis besar yang memiliki banyak karyawan dengan cakupan pasar yang luas pasti akan menghadapi pukulan berat yang tidak pernah diduga dan diperkirakan sebelumnya. Bagi bisnis yang kondisi keuangannya kuat, dengan pasar yang masih memerlukan produk atau jasanya akan bisa untuk bertahan dengan pola bisnis yang baru.

Tetapi bagaimana dengan bisnis skala menengah ke bawah yang tidak memiliki kondisi keuangan kuat dan pasar yang rentan akibat pandemi? 

Jawabannya sudah bisa ditebak,… Bisnis mereka tidak akan kuat bertahan dan akhirnya berhenti.

Para pengusaha UMKM adalah yang paling pertama kena dampak kalau terjadi krisis, tetapi juga yang paling mudah untuk bangkit dan juga sebagai penggerak ekonomi negara untuk kembali tumbuh dari pengaruh krisis.

Selama 13 tahun saya menjadi Professional Business Coach, program INKUBASI adalah yang saat ini sangat efektif untuk membantu mereka menjadi tumbuh dan besar secara terstruktur dan tersistem dengan program pendampingan secara bertahap.

Perusahaan Korporasi, dan pemerintah yang mengadakan program inkubator bisnis untuk para UMKM ini, memiliki pola dan metodologi yang beragam dalam upaya membantu mereka dapat menjadi besar dan dapat unggul untuk masuk di pasar Global. Sebagai contoh, ada Program Wirausaha Baru Bank Indonesia, Wirausaha Muda Bank Mandiri, Program Rumah BUMN BRI, Program BRIlian Preneur dan juga Program lain yang saya sempat terlibat, seperti yang dilakukan oleh Tokopedia terhadap anggota merchantnya.

 

Apa Tips yang harus dilakukan UMKM untuk sukses dalam Program INKUBASI yang dilakukan:

1. Memiliki Impian dan Visi yang besar untuk tumbuh dan berkembang.

Jika Anda sebagai pengusaha yang memiliki Visi yang besar menuju masa depan, maka akan mudah bagi Anda untuk terus semangat dan termotivasi untuk capai target besar tersebut. Semangat dan motivasi bukan berasal dari luar diri Anda, tetapi semangat tersebut akan terus berada dan semakin kuat sesuai dengan Visi & Misi yang menginspirasi yang ditetapkan.

Value atau Nilai yang disepakati bersama antara Anda dan Tim Anda, akan menjadi sebuah frame yang kuat dalam jalankan Misi dan capai Visi yang ditetapkan tersebut.

Jadi Tips awal yang harus benar-benar Anda miliki adalah Visi, Misi dan Value dari usaha yang dijalankan haruslah benar-benar kuat dan menginspirasi.

--- Produk-produk UMKM Rumah BUMN binaan BRI ---

2. Memiliki Keunikan Produk dan Kualitas yang baik

Keunikan Produk yang Anda miliki akan menjadi penentu keberhasilan untuk Anda berkembang dan dapat diterima oleh pasar yang luas. Disinilah para UMKM yang diinkubasi akan mulai untuk memahami bagaimana mengangkat produknya dengan menjaga kualitas terbaik dan konsisten serta terstandarisasi dalam memproduksi dalam jumlah permintaan yang banyak.

Keunikan dan kualitas terbaik tersebut tidak terlepas dari bagaimana Anda sebagai pengusaha UMKM memperhatikan, Nama Brand, Kemasan, Kreatifitas, Variasi, Penampilan, Rasa, Kesehatan, Originalitas dan hal lain yang juga bisa mengangkat produk jadi mudah dikenal.

--- Produk-produk UMKM Merchant Tokopedia ---

3. Mengimplementasi Langsung Metodologi dan Keahlian yang dipelajari.

Para UMKM kebanyakan telah sering mengikuti berbagai Seminar, Training, maupun program Inkubasi yang dilakukan oleh pemerintah maupun korporasi untuk membuat bisnis mereka tumbuh dan berkembang. 

Sebagian dari mereka yang cepat tumbuh, adalah yang mengimplementasi langsung setiap pengalaman dan ilmu yang didapat. Mereka aktif untuk terus belajar dan bertindak untuk mencapai hasil yang terus lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya menyimpan ilmu yang didapat untuk hanya sekedar tahu, maka Anda tidak akan kemana-mana arah bisnisnya.

Perhatikan 3 hal yang dapat membuat Anda terus tumbuh dan berkembang, yaitu mengikuti Training, Coaching dan Mentoring sesuai kebutuhan yang Anda telah rencanakan menuju Visi dan Misi bisnis Anda.

4. Memiliki Business Plan yang jelas untuk perkembangan Usaha ke depan.

Semua hal yang didapat dalam mengikuti program Inkubasi tidak akan berakibat besar bagi bisnis UMKM Anda, jika tidak disertai perencanaan bisnis yang terarah dan terstruktur untuk mencapai Visi dan Misi yang kuat tersebut.

Business Plan Anda akan berguna untuk meyakinkan Tim Anda, Investor, Exportir, ataupun Distributor untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda ke depan. Business Plan yang terstruktur tersebut dapat diturunkan menjadi, 4 x 90 Hari Action Plan, Monthly Target, Weekly Focus dan To Do List dalam proses menjalankannya.

Silakan untuk benar-benar menjalankan Tips tersebut di atas untuk Anda sukses dalam mengikuti Program Inkubasi yang akan membuat Anda terbantu dalam peningkatan potensi, sumber daya dan kemampuan. Hubungi Admin SBCF di WA 0812 1145 540, jika ANda butuh pendampingan yang lebih Intens untuk bisnis Anda tumbuh dan berkembang.

Margetty Herwin is a Certified Master Coach of: Life Coach, Executive Coach, Business and Money Coach, NLP Coach, Time Line Therapy, Green Belt Six Sigma Coach, Master Trainer STRATEGYZER Business Model

0 comments on “Tips UMKM Inkubator Bisnis Sukses

Leave a Reply

Open chat
1
Coach Admin Support
Salam Sukses Sejahtera,...!
Apa hal yang kami dapat bantu?

Silakan Klik untuk Live Chat Via WA dengan Business Development kami,...!
%d bloggers like this: